Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Pentingnya SDM yang Kompeten Dalam Penyusunan Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa

- Apahabar.com Rabu, 4 Maret 2020 - 19:05 WIB

Pentingnya SDM yang Kompeten Dalam Penyusunan Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa

Sekda Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, saat memberikan sambutan pada kegiatan Bimbingan Teknis Ahli Hukum Kontrak Konstruksi di Ruang Rapat Bersujud, Rabu (04/03). Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Ahli Hukum Kontrak Konstruksi di Ruang Rapat Bersujud, Rabu (04/03).

“Bimtek ini sebagai peningkatan kemampuan dan pemahaman mengenai hukum dan kontrak kerja konstruksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” terang Panitia Pelaksana, Muamar Arifin.

Muamar berharap dengan bimbingan itu peserta mampu memahami dan menjelaskan pengertian ilmu hukum, peristiwa hukum dan norma hukum, asas-asas hukum, penggolongan hukum, dasar hukum, akibat hukum dan sengketa hukum.

“Kita harapkan peserta dapat memahami dan mampu menjelaskan perbuatan melawan hukum yang berkaitan dengan kontrak konstruksi,” ujarnya.

Perwakilan dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah 5 Banjarmasin, Muhammad Arvip, menjelaskan kegiatan itu membuktikan adanya kepedulian dari seluruh stakeholder dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pemahaman mengenai hukum dan kontrak kerja konstruksi yang sesuai dengan perundangan yang berlaku.

“Sebagai gambaran kondisi eksisting yang terjadi, yakni sektor konstruksi merupakan generator pembangunan ditunjukkan dengan kontribusinya 10,5% dari PDB Nasional dan memiliki multiplier effect terhadap sektor lain,” ungkapnya.

Ia menyebut Pasar konstruksi Indonesia merupakan nomor 4 terbesar di Asia, setelah China, Jepang dan India.

“Pasar konstruksi Indonesia berada di posisi 4 terbesar di Asia, yang berarti pasar konstruksi Indonesia terbesar di Asia Tenggara,” sebutnya.

Sementara Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Rooswandi Salem, menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya Bimbingan Teknis Ahli Hukum Kontrak Konstruksi.

Sebab, kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan terlaksananya pengadaan barang dan jasa konstruksi, sesuai dengan ketentuan peraturan yang ditetapkan.

“Salah satu aspek penting dalam proses pengadaan barang dan jasa konstruksi pemerintah adalah terjadinya proses negosiasi antara pemerintah dan pihak penyedia yang dituangkan dalam klausul-klausul kontrak,” jelasnya.

Karenanya, peran SDM sangatlah penting, yakni SDM yang memiliki kompetensi dan memahami peraturan-peraturan di bidang pengadaan barang dan jasa sektor konstruksi.

Hal itu dinilai dapat menghindari terjadinya tuntutan hukum di kemudian hari yang dapat menghambat terlaksananya program dan pembangunan infrastruktur.

“Saya berharap dengan kegiatan ini para peserta dapat memahami dan menguasai keterampilan pendampingan hukum, dalam hal penyusunan kontrak pengadaan barang dan jasa konstruksi pemerintah,” tandasnya.

Baca Juga: Ready Kambo: SPIP Penting Diimplementasikan di Tiap SKPD

Baca Juga: Asosiasi Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi Gelar Rakor

Reporter: Syahriadi
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

MTQ XXXII Kotabaru, Tanbu Utus 89 Kafilah
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sempat Diragukan, Gedung Rawat Inap Kelas III RSUD Tanbu Selesai Sesuai Target
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Ikuti Festival Iklim 2020 Secara Virtual
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Perusahaan Diminta Permudah Izin Atlet Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Pamerkan Foto dan Arsip Bersejarah
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Warga Pesisir Waspada Puting Beliung
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Harga Bahan Pokok Naik, Tim Satgas Pangan Sidak Pasar
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Perbaikan Jembatan Batulicin Bersifat Sementara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com