ga('send', 'pageview');
Warga Dayak Meratus Berduka, Damang Ayal Kusal Wafat Satgas Covid-19 Visitasi Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin, Mau Buka Lagi? Alasan Mencengangkan Paman di Kotabaru Tega Cabuli Adik Sendiri 3 Pekan Razia Masker di Banjarmasin: Berludah hingga Pengemudi Mobil Didenda, Simak Penjelasan Dinkes Sinting! Pria Plontos di Kotabaru Cabuli Adik Berkali-kali

Penyemprotan Disinfektan, Jawaban Isu Penutupan Pasar Marabahan

- Apahabar.com Kamis, 26 Maret 2020 - 13:51 WIB

Penyemprotan Disinfektan, Jawaban Isu Penutupan Pasar Marabahan

Anggota Polsek Marabahan menyemprotkan disinfektan ke odong-odong dan mandi bola yang berada di Pasar Baru Marabahan. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Penutupan sementara Pasar Baru Marabahan dan Pasar Wangkang yang santer di media sosial, ternyata cuma kabar burung.

Setidaknya dalam dua hari terakhir di Marabahan, media sosial diramaikan pesan berantai yang berisi penutupan kedua pasar tersebut sejak 1 hingga 5 April 2020.

Pesan itu cukup meresahkan warga, di tengah ancaman penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Bayangan yang muncul kemudian adalah lockdown Marabahan dan sekitarnya.

Namun kabar tersebut langsung dibantah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Barito Kuala. Bantahan itu juga berlaku untuk pasar-pasar tradisional lain di Bumi Selidah.

Baca juga :  Tekan Zona Merah di Batola, Dua Kecamatan Jadi Target Pendisiplinan Protokol Kesehatan

“Penutupan pasar hanya hoaks yang disebarkan orang-orang tak bertanggungjawab. Justru kami diinstruksikan memantau harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar tradisional,” seru Kabid Perdagangan Disperindag Batola, Surono, Kamis (26/3).

Bantahan tersebut juga ditunjukkan lewat aksi nyata berupa penyemprotan disinfektan oleh tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batola serta Koramil Marabahan dan Polsek Marabahan.

Penyemprotan dilakukan di los dan toko Pasar Baru Marabahan, Pasar Marabahan Timur, Pasar Wangkang dan Pasar Ikan Wangkang. Selain di pasar, penyemprotan dilakukan di tempat-tempat umum lain seperti terminal dan tempat ibadah.

Baca juga :  Bioskop di Banjarmasin Segera Dibuka dengan Protokol Kesehatan Ketat

“Penyemprotan yang dilakukan tim gabungan setiap Kamis dan Jumat di pasar. Sementara BPBD juga melakukan kegiatan serupa setiap Senin dan Kamis,” papar Sumarno, Koordinator Lapangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Kalau penyemprotan ini dihubungkan dengan penutupan pasar, tentu tidak berhubungan. Setelah disemprot pun, pedagang dapat langsung beraktivitas, karena cairan yang disemprotkan bukan racun,” tegasnya.

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Catatan Sukses Birin-Rudy, Pengamat: Tidak Melulu Soal Infrastruktur
apahabar.com

Kalsel

Dewan HST Menggali Perda Perpustakaan ke Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Pengendara Roda Dua Terjaring Razia di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Negoisasi Buntu Pembongkaran Rumah di Banjar: “Kalau Tidak Terima Langsung ke Bupati!”
apahabar.com

Kalsel

Ironi PSBB Jilid II, Dirumahkan Duta Mall Saat Istri Mengandung
apahabar.com

Kalsel

Masuk Sekolah di Tengah Pandemi, HMR: Idealnya Ajaran Baru 2021
apahabar.com

Kalsel

Ada Sabu Dalam Pulpen, Pemuda Pulau Laut Tengah Digaruk Petugas
Event Startup Weekend, Bang Dhin Jadi Juri

Kalsel

Event Startup Weekend, Bang Dhin Jadi JuriĀ 
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com