Dikabarkan Tertangkap Pesta Sabu, SRN Anggota DPRD Tanah Laut Buka Suara MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda Pak Jokowi, Kawasan Industri Jorong Tanah Laut Butuh Investor Baru!

Perkuat Kearsipan, Dispersip Kalsel Sosialisasikan Perda 

- Apahabar.com Senin, 9 Maret 2020 - 13:03 WIB

Perkuat Kearsipan, Dispersip Kalsel Sosialisasikan Perda 

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani dan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI, H Andi Kasman. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan menggelar sosialisasi peraturan daerah Nomor 1 tahun 2017 tentang penyelenggaraan kearsipan di Hotel Roditha Banjarbaru, Senin (9/3) pagi.

“Ini untuk memberikan pedoman bagi penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan terpadu di daerah,” ucap Kepala Dispersip Kalsel, H Nurliani.

Sosialisasi ini guna mewujudkan ketersediaan arsip yang autentik sebagai alat bukti yang sah. Optimalisasi penyelenggaraan kearsipan dilakukan di lingkungan BUMD, lembaga pendidikan, organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan. Perda tersebut disosialisasikan agar dapat menjadi pedoman untuk mendukung terwujudnya penyelenggaraan pemerintah yang baik.

“Kami hanya punya 4 arsiparis. Tapi dengan segala keterbatasan alhamdulillah tetap mendapat penghargaan. Hari ini semoga bisa memperbaiki peringkat dan coba untuk membenahi apa yang kurang,” ucap wanita yang akrab disapa Bunda Nunung ini.

Sosialisasi ini mendapat apresiasi dari Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI, H Andi Kasman, karena melibatkan peserta dari berbagai lintas sektor.

“Biasanya sosialisasi seperti ini dilaksanakan di Jakarta, makanya tidak salah saya sebut terbaik,” ucap Andi kepada awak pers.

Keikutsertaan masyarakat yang berpartisipasi dalam kearsipan bernilai guna tinggi dalam penyelamatan serta pendayagunaan informasi sumber arsip.

“Masyarakat berpartisipasi memberikan alat bukti sah di pengadilan. Masyarakat, Ormas, Orpol diajak mengcreate arsipnya sebagai alat bukti,” tutupnya

Baca Juga: Banyak Perpus di Kalsel Tak Penuhi Standar, Intip Siasat Dispersip

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Buka Musrenbang, Paman Birin Paparkan Capaian Kalsel Selama 2020
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Jika Kalsel Terjangkit Corona, Ini yang Bakal Dilakukan Dinkes
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Paman Birin Imbau Warga Tetap Waspada Virus Corona
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Ratusan ASN Pemprov Kalsel Terima Satyalancana Karya Satya
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Ke Kalsel, Tim Banggar DPR RI Soroti Program Dana Desa
apahabar.com

Pemprov Kalsel

HUT Ke-70 Pemprov Kalsel, Siap-Siap Swab Massal Esok
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Gegara Covid-19, Puluhan Proyek di Kalsel Gagal Tender
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Sikapi Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak, Dinas PPPA Akui Minim Laporan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com