BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Polusi dan Virus Ancaman Nyata, Begini Bunda Lindungi Buah Hati

- Apahabar.com Kamis, 5 Maret 2020 - 05:30 WIB

Polusi dan Virus Ancaman Nyata, Begini Bunda Lindungi Buah Hati

Ilustrasi anak sehat. Foto-Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor dan kawasan hijau yang berkurang, kualitas udara yang kotor atau polusi semakin meningkat. Akibat polusi jahat ini, membuat penyebaran penyakit semakin mudah terutama infeksi.

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak lebih rentan terhadap polusi karena maturasi dan fungsi organ yang belum sempurna terutama pada 2-3 tahun pertama. Dikutip dari data WHO, setiap harinya 93 persen anak di dunia (<15 tahun), dimana 630 juta diantaranya berusia <5 tahun menghirup udara yang berpolusi.

Jangan anggap sepele

Perlindungan anak terhadap polusi udara yang jahat tidak boleh Bunda anggap sepele. Sebab, selaras dengan pertumbuhannya, anak-anak cenderung  menghirup lebih banyak udara atau bernafas lebih cepat, mengkonsumsi lebih banyak makanan dan minum lebih banyak air dibandingkan orang dewasa, sebanding dengan berat badan mereka. Belum lagi, lingkungan bermain dan belajar anak yang juga dekat dengan kemungkinan paparan polusi.

Polusi jahat yang diterima anak-anak, juga akan memberikan dampak negatif. Dalam jangka pendek bisa menyebabkan infeksi dan alergi. Sementara dalam jangka panjang bisa menimbulkan penyakit degeneratif atau kronis.

Ancaman Infeksi Saluran Nafas

Infeksi yang paling erat hubungannya dengan polusi diantaranya adalah infeksi saluran pernafasan dan infeksi saluran cerna.  Masih dari data WHO, anak yang terpapar polusi memiliki tingkat resiko hingga 2x lebih tinggi terkena infeksi saluran nafas atas (URTI) atau umumnya dikenal dengan “common cold” umumnya diakibatkan oleh virus (90%).

Walaupun tidak separah infeksi saluran nafas bawah, URTI dapat mempengaruhi kualitas hidup dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit mengingat frekuensi terjadinya pun lebih sering. 70% anak yang absen dari “day-care” dengan alasan sakit umumnya disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan.

1. Jaga kebersihan ruangan

Waktu anak-anak biasanya lebih banyak dihabiskan di dalam rumah. Untuk itu Bunda perlu menjaga kebersihan ruangan agar udara lebih bersih dan aman bagi anak-anak. Barang-barang juga bersihkan agar debu yang menempel tidak tebal.

Untuk menjaga agar udara yang tercemar tidak mudah memasuki rumah bisa gunakan tirai tebal dan pastikan sirkulasi udara yang baik, tidak terlalu terbuka. Selain kebersihan ruangan, Bunda juga perlu rutin membersihkan mobil jika sehari-hari kerap jalan bareng anak dengan mobil.

 2. Gunakan masker

Masker udara bisa sangat membantu melindungi diri dari polusi jahat. Pilih yang terbuat dari kain yang nyaman seperti katun dan sesuatu yang pas untuk wajah. Jika bahan kain, Bunda harus rutin cuci, sementara bahan lain yang sekali pakai, jangan dipindah tangannya.

3. Olahraga  

Untuk menguatkan sistem imun, Bunda bisa rutin mengajak anak untuk berolahraga. Jalan-jalan kaki pagi hari, di taman maupun di mall. Pastikan ditempat yang bebas polusi udara asap kendaraan.

4. Lengkapi nutrisi anak

Paling penting dan tidak boleh dilewatkan Bunda adalah memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak dan memperkuat daya tahan tubuhnya. Misalnya Omega 3, DHA, Omega 6, Zat Besi dan lain sebagainya. Selain didapatkan dari makanan empat sehat lima sempurna, Anda juga melengkapi kebutuhan anak dengan memberikan susu yang tepat seperti Nutrilon Royal 3 ActiDuoBio+ Baru. (lip6)

Baca Juga: Rahasia Awet Muda Orang Jepang, Bertahan Hidup Lebih dari 100 Tahun

Baca Juga: Ingin Sukses? Tiru 4 Kebiasaan Baik Ini

Baca Juga: Instagram Uji Stiker Komenter Stories, Penggunanya Acak

Baca Juga: PT Super Sukses Motor Bakal Gelar Nongkrong Bareng Komunitas Kawasaki di Banjarmasin

Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Bermodal Tirai Shower, Inilah Marion Donovan Sang Penemu Pampers
apahabar.com

Gaya

Ratu Elizabeth II Selalu Bawa Tas, Apa Isinya?
apahabar.com

Gaya

5 Tips Penting yang Harus Dilakukan Hadapi Era New Normal

Gaya

JENIS-JENIS KUCING KAMPUNG
apahabar.com

Gaya

Bergerak Menjadi Cahaya
apahabar.com

Gaya

Serie Terbaru Toyota Hilux dan Corolla Mejeng di Wira Toyota Banjarmasin, Bikin Ngiler
apahabar.com

Gaya

Minuman Ini Bisa Sebagai Pengganti Kopi di Pagi Hari
apahabar.com

Gaya

Tragis, Wanita Ini Dadanya Terus Membesar Sampai Cup L
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com