Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Program Manunggal Tuntung Pandang Berperan Besar Membangun Desa

- Apahabar.com Kamis, 19 Maret 2020 - 21:06 WIB

Program Manunggal Tuntung Pandang Berperan Besar Membangun Desa

Bupati Tanah Laut H Sukamta dalam Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Pembinaan Desa yang Berciri Khas, di Aula Pencerahan Bappeda, Kamis (19/3). Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Program Manunggal Tuntung Pandang (MTP) merupakan salah satu program yang berdampak besar untuk masyarakat.

Namun, sebagian pihak masih menganggap program tersebut tidak bermanfaat dalam pembangunan.

Pandangan itu pun segera disanggah oleh Bupati Tanah Laut, Sukamta dalam Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Pembinaan Desa yang Berciri Khas, di Aula Pencerahan Bappeda, Kamis (19/3).

“Kenapa semua pejabat kita bawa? Karena kita berharap dia bisa berpikir desa ini mau diapakan, ada keunggulannya atau tidak? Jadi bisa dibuatkan konsep desa yang berciri khas karena ini bagian dari pelaksanaan pembinaan desa. Bukan sekadar datang, kumpul, makan terus pulang,” jelas bupati.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kabupaten Tala sudah memiliki lima desa dan lima kecamatan yang masuk dalam kategori desa berciri khas.

Bupati mengharapkan dari lima desa dan kecamatan yang sudah terbentuk, ada SKPD yang menjadi leading sector dibantu SKPD lain yang terkait.

“Leading sector ibaratnya sebagai lokomotifnya. Ini yang perlu terus dikembangkan, sehingga nanti ada desa budaya, wisata, mandiri pangan, sasirangan, krupuk atau bahkan desa lele. Dan jika kita berhasil membuat ini, bisa kita klaim ini sebagai keberhasilan kita dalam membina desa,” ujarnya.

Pada kesempatan ini bupati juga berpesan kepada kepala desa agar bisa membantu kinerja masyarakat, supaya bisa lebih maju, sehingga penggunaan dana desa pun bisa menjadi lebih mudah. Harapannya nanti dana desa bisa untuk pertumbuhan ekonomi rakyat.

“Saya harapkan desa tetap semangat dalam membangun desa, apa yang membuat kita jadi mempunyai harga diri adalah dedikasi kita untuk rakyat, dan ini tidak semua orang bisa melakukannya,” tutup Sukamta.

Kegiatan ini selain dihadiri Kepala DPMD, Kepala Bappeda, juga mengundang kepala dinas, camat dan kepala desa.

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Ruangan RSUD H. Boejasin Pelaihari akan Gunakan Nama Pahlawan
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

52 Kepala Desa Dilantik, Sukamta Ingatkan Hati-hati Kelola Anggaran
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Update Tanah Laut: 2 OTG Positif, 8 Warga Sembuh
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Haris Makkie: Penanganan Covid-19 Tanah Laut Terbaik di Kalsel
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta – Abdi Optimistis Programnya Berdampak Positif untuk Masyarakat
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

2 Pasien Positif Covid-19 di Tala Sembuh
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Masyarakat Tanah Laut Doakan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Lancar
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Ingatkan Masyarakat Tala Fokus Kembangkan Sektor Pangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com