Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

Rupiah Jumat Pagi Melemah 91 Poin

- Apahabar.com Jumat, 6 Maret 2020 - 11:22 WIB

Rupiah Jumat Pagi Melemah 91 Poin

Pekerja menghitung uang Dollar Amerika Serikat dan Rupiah di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (6/3) pagi kembali melemah.

Kurs rupiah melemah sebesar 91 poin atau 0,64 persen menjadi Rp14.261 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp14.170 per dolar AS.

Sebelumnya, kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta kemarin melemah seiring kekhawatiran pasar terhadap dampak Virus Corona baru atau Covid-19 terhadap ekonomi global dan domestik.

Rupiah ditutup melemah 62 poin atau 0,44 persen menjadi Rp14.175 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.113 per dolar AS.

“Isu perlambatan pertumbuhan ekonomi global akibat Virus Corona yang sudah menyebar di berbagai negara berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi tidak akan sesuai dengan yang diinginkan oleh pemerintah, yang tadinya 5-5,4 persen menjadi 4,7-5 persen,” kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, kemarin.

Guna mempertahankan PDB 5 persen, pemerintah pun saat ini tengah merancang berbagai strategi untuk memitigasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya adalah pemberian insentif atau relaksasi untuk memacu industri dalam negeri agar bertumbuh.

Dari eksternal, penyebaran Virus Corona di China memang sudah mereda, namun kini yang dicemaskan adalah penyebaran di negara-negara lain yang kian masif.

Jumlah kasus Virus Corona di seluruh dunia mencapai 95.125 kasus. Korban jiwa juga semakin bertambah menjadi 3.254 orang.

Kasus Virus Corona di Korea Selatan semakin bertambah menjadi 5.621 kasus. Begitu pula di Italia (3.089), Iran (2.922), dan negara-negara lainnya.

Di AS, korban meninggal akibat Virus COVID-19 bertambah menjadi 11 orang. Mereka yang tutup usia tersebut tinggal di daerah-daerah padat penduduk seperti New York dan Los Angeles.

“Ini semakin membuat cemas, karena ada kemungkinan virus bisa menyebar dengan cepat,” ujar Ibrahim.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah di posisi Rp14.121 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.121 per dolar AS hingga Rp14.181 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Kamis menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.168 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.171 per dolar AS. (Ant)

Baca Juga: Ditutup Menguat, Rupiah Pagi Ini Dibuka Melemah

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Tak Ada Rute Penerbangan yang Ditutup di Syamsudin Noor

Ekbis

Tak Ada Rute Penerbangan yang Ditutup di Syamsudin Noor
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Loyo Terus, Ternyata Ini Penyebabnya
apahabar.com

Ekbis

PHRI Sumsel Dorong Hotel Siapkan Paket Khusus
Syamsudin Noor

Ekbis

Kuatir Mahal, Pesanan Tiket Pesawat di Kalsel Meningkat
apahabar.com

Ekbis

Abadikan Momen Pergantian Tahun dengan Smartphone Ini
apahabar.com

Ekbis

Inilah Daftar Smartphone Samsung yang Mendapatkan Android 9 Pie
apahabar.com

Ekbis

Pangkas Impor Minyak Nasional, Intip Strategi Pertamina
apahabar.com

Ekbis

Huawei Catat Peningkatan Pendapatan Saat Pandemi Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com