3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Rupiah Menguat, Efek Stimulus Jumbo AS

- Apahabar.com Jumat, 27 Maret 2020 - 11:35 WIB

Rupiah Menguat, Efek Stimulus Jumbo AS

NILAI TUKAR RUPIAH MENGUAT. Petugas kasir menghitung mata uang rupiah di gerai penukaran mata uang asing Ayu Masagung, Kwitang, Jakarta Pusat, Senin (25/2/2019). Foto-Indrianto Eko Suwarso/wsj

apahabar.com, JAKARTA – Tren penguatan rupiah kembali berlanjut.

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta bergerak menguat 110 poin atau 0,67 persen menjadi Rp16.195 per dolar AS dari sebelumnya Rp16.305 per dolar AS, Jumat (27/3) pagi.

Kurs rupiah yang ditransaksikan pada hari sebelumnya juga menguat 210 poin atau 1,27 persen menjadi Rp16.290 per dolar AS dari sebelumnya Rp16.500 per dolar AS.

Jika kemarin karena mayoritas mata uang regional Asia menguat, hari ini lebih karena efek stimulus jumbo yang digelontorkan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Jumat, mengatakan rupiah hari ini diprediksi terdorong oleh penguatan bursa saham AS pada Kamis (26/3) kemarin.

“Indeks saham AS yang menguat cukup besar kemarin karena optimisme stimulus pemerintah AS sebesar 2 triliun dolar AS untuk meredam dampak negatif wabah Corona terhadap perekonomian AS, bisa memberikan sentimen positif juga ke aset berisiko hari ini, termasuk ke rupiah,” ujar Ariston dilansir Antara.

Senat AS sendiri diketahui sudah menyetujui proposal stimulus tersebut. Tinggal DPR AS yang dikuasai oleh Partai Demokrat yang akan memberikan persetujuan hari ini.

Sementara itu, DPR AS diperkirakan juga akan langsung menyetujui paket stimulus tersebut.

“Rupiah berpotensi bergerak menguat ke arah Rp16.000, dengan potensi resisten di Rp16.305/dolar hari ini,” kata Ariston.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Jelang Rilis Data Persediaan AS, Harga Minyak Dunia Naik Tipis
apahabar.com

Ekbis

Rudiantara Ditunjuk Sebagai Dirut PLN
apahabar.com

Ekbis

Lantik Mardani H Maming, Presiden Jokowi Ingin Investor Dilayani dengan Baik
apahabar.com

Ekbis

Di Ambang Kebangrutan, Pizza Hut Ajukan Perlindungan
apahabar.com

Ekbis

Pertamina Jamin Pasokan BBM Malam Pergantian Tahun Aman
apahabar.com

Ekbis

Menko Perekonomian: Stok Gula Pasir Akan Meningkat Pada Mei-Juni
apahabar.com

Ekbis

Seluruh Daerah Harga Gula Naik 47 Persen
apahabar.com

Ekbis

Perkuat Kerja Sama Pertamina dan Petronas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com