Belum Ada Pasokan, BBM di Tabalong Mulai Langka Terdakwa Bantah Polisi, Sidang Sabu 300 Kg Banjarmasin Memanas Masuk Balikpapan Bakal Wajib Rapid Test Antigen Pascabanjir HST, 2 Desa di Hantakan Masih Terisolir Sapa Pengungsi di Martapura, Menko PMK Minta Perketat Prokes

Rupiah Terus Tertekan Dampak Pandemi Corona

- Apahabar.com Rabu, 18 Maret 2020 - 19:33 WIB

Rupiah Terus Tertekan Dampak Pandemi Corona

Karyawan menghitung uang dolar AS di Kantor Cabang Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (18/03). Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) pada Rabu (18/03) hingga pukul 10.09 WIB, nilai tukar rupiah melemah 140 poin atau 0,93 persen ke posisi Rp 15.223 per dolar AS. Foto-Antara/Aprillio Akbar/ws

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Rabu terus tertekan dampak pandemi virus corona baru atau Covid-19 yang terus meluas, termasuk di dalam negeri di mana kasus positif Covid-19 terus bertambah.

Rupiah ditutup melemah 50 poin atau 0,33 persen menjadi Rp 15.223 per dolar AS dari sebelumnya Rp 15.173 per dolar AS.

“Pasar kembali apatis terhadap kinerja pemerintah dalam menangani kasus virus corona sehingga gelombang arus modal asing kembali keluar dari pasar baik saham maupun obligasi. Wajar kalau mata uang garuda kembali melemah,” kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu (18/03).

Saat ini jumlah orang yang positif Covid-19 bertambah 55 orang menjadi 227 orang dari sebelumnya 172 orang. Namun, angka tersebut kemungkinan masih akan bertambah.

Dari eksternal, lembaga pemeringkat global Standard & Poor’s (S&P) menilai wabah Covid-19 mengganggu aktivitas ekonomi jauh lebih drastis dari perkiraan sebelumnya. Buruknya aktivitas ekonomi akibat wabah tersebut juga akan dirasakan Amerika Serikat dan Eropa.

S&P Global juga mengeluarkan catatan yang mengatakan AS sedang dalam proses memasuki resesi. Pembatasan interaksi antar orang ke orang di Eropa dan Amerika Serikat menyebabkan anjloknya permintaan yang membuat aktivitas ekonomi terjun bebas.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp 15.085 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp15.085 per dolar AS hingga Rp 15.224 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp 15.223 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp 15.083 per dolar AS.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Dorong Peningkatan UMKM, Dinkop UKM Kalsel Gelar Expo Pembiayaan KUR
apahabar.com

Ekbis

Dua Faktor Duta Mall Jadi Pemasukan Terbesar Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Pertamina Kalimantan Tambah Pasokan BBM Jelang Lebaran
apahabar.com

Ekbis

Bisnis Perumahan di Kalsel Belum Lepas dari Sengketa Tanah
apahabar.com

Ekbis

BRI KC Marabahan Umumkan Pemenang Panen Hadiah Simpedes Periode II
apahabar.com

Ekbis

Wow! Harga Emas di Pegadaian Ada yang Naik hingga Rp 10 Juta
apahabar.com

Ekbis

Imbas Covid-19, McLaren PHK 1.200 Pekerja
apahabar.com

Ekbis

BNI Perkuat Pembiayaan Dolar di New York
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com