BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Simak Laporan Achmad Fikry untuk LKPj Tahun Anggaran 2019

- Apahabar.com Kamis, 19 Maret 2020 - 13:03 WIB

Simak Laporan Achmad Fikry untuk LKPj Tahun Anggaran 2019

Bupati HSS, Achmad Fikry. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2019 di hadapan anggota DPRD HSS.

Laporan itu disampaikan dalam Rapat Paripurna yang digelar di Ruang Rapat DPRD HSS, Senin (16/3).

Achmad Fikry mengatakan LKPj itu disampaikan dalam rangka mewujudkan visi misi daerah tahun 2018 sampai 2023.

Dalam visi misi itu, Pemkab HSS berupaya melaksanakan prioritas pembangunan tahunan sebagaimana dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang setiap tahunnya disinkronkan dengan prioritas pembangunan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Fikry mengatakan keberhasilan pembangunan yang telah dicapai akan dilakukan secara berkelanjutan. Keberhasilan itu tidak hanya dilihat pada aspek pertumbuhan ekonomi saja, melainkan juga dari aspek pemerataan hasil dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Sebagian besar penduduk HSS menekuni sektor pertanian sebagai pekerjaan utama. Hal tersebut perlu dilakukan dalam rangka mewujudkan pemerataan disamping sektor ini juga merupakan salah satu pilar pembangunan penyangga bidang lainnya,” papar Fikry.

Dalam laporannya, Fikry mengatakan pencapaian keberhasilan pembangunan selama periode 2019 Target Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2019 pada RPJMD adalah sebesar 69,41.

Lalu, hasil IPM menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada Tahun 2018 adalah sebesar 68,41 dengan kinerja pencapaian sebesar 98,56%.

Target Angka Harapan Hidup (AHH) Tahun 2019 pada RPJMD adalah sebesar 66,05. Hasil AHH menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada Tahun 2018 adalah sebesar 65,59, dengan kinerja pencapaian sebesar 99,30%.

Target Angka Rata-Rata Lama Sekolah Tahun 2019 pada RPJMDsebesar 8,00. Hasil pencapaian Angka Rata-Rata Lama Sekolah pada 2019 adalah 7,72% dengan kinerja pencapaian 96,50%.

“Untuk kondisi jalan kabupaten dengan kondisi baik selama periode 2019 adalah 859,36 kilometer, dengan rincian 545,04 kilometer sudah diaspal, 393,89 kilometer dalam kondisi baik dengan persentase 45,84 %,” ungkapnya.

Keberhasilan itu merupakan wujud dari pelaksanaan beberapa program prioritas pembangunan 2019 sebagai implementasi dari kebijakan unum APBD yang telah disepakati bersama.

Disampaikannya pula, dalam rangka peningkatan kualitas dan pengembangan sumber daya manusia, telah ditetapkan 2 bidang pembangunan yang memiliki peran fundamental, yakni bidang pendidikan dan kesehatan.

“Sektor pendidikan dan kesehatan juga sangat menentukan dalam pengukuran IPM,” ujarnya.

Dia melanjutkan dunia pendidikan merupakan salah satu tolok ukur untuk mengetahui keberhasilan pembangunan. Sebab tingkat pendidikan memiliki pengaruh terhadap kemajuan pembangunan daerah.

“Tercatat, capaian indikator pendidikan di HSS Angka Partisipasi Kasar (APK) murid SD Tahun 2019 telah mencapai 85,12%, Angka Partisipasi Murni (APM) murid SD Tahun 2019 telah mencapai 72,88%,” jelasnya.

Hasil yang dicapai pada bidang kesehatan pada tahun 2019 salah satunya ditunjukkan pada indikator angka kematian bayi yaitu pada tahun 2019. Angka kematian Bayi (AKB) sebesar 22 per 1000 kelahiran hidup dari target yang di tetapkan sebanyak 23 pada tahun 2019.

“Upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terus kita laksanakan sebagai program prioritas di samping untuk menekan angka kematian bayi, yang telah saya uraikan di atas, juga menekan angka kematian ibu dengan memberikan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil dan ibu melahirkan,” ujarnya

Untuk Angka Kematian Ibu (AKI) pada tahun 2019 sebanyak 80 per 100.000 kelahiran hidup dari target yang ditetapkan sebanyak 143 pada tahun 2019.

Rapat Paripurna DPRD dipimpin oleh Ketua DPRD H Akhmad Fahmi, dihadiri oleh Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Kepala Kejaksaan Negeri HSS Sugeng Riadi, Kepala Pengadilan Negeri HSS Dian Erdianto, Wakapolres HSS Kompol Areif Himawan, Sekda HSS H. Muhammad Noor, seluruh anggota DPRD HSS, Kepala SKPD, para pejabat lingkup pemerintah HSS, dan camat se-HSS.

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Puja Mandela

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan untuk Kantin Sekolah
apahabar.com

HSS

Kecamatan Angkinang Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten
apahabar.com

HSS

Gerakan Tadarus Quran Sebelum Kerja Sukses Digelar di HSS
apahabar.com

HSS

Masyarakat HSS Diberikan Pemahaman Mengenai HAM
MUI

HSS

MUI HSS Beri Dukungan Moril pada Penyelenggara Pilkada
apahabar.com

HSS

Selama HSS Expo, Perputaran Uang Ditaksir Mencapai Rp 3 Miliar
apahabar.com

HSS

Bupati Achmad Fikry: SPBU di HSS Diminta Prioritaskan Salurkan BBM ke Masyarakat Kecil
apahabar.com

HSS

Raih Juara Antar Desa se-Kalsel, Bupati HSS Hadiri Syukuran di Kecamatan Kandangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com