Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

Stand Dekrenasda Tapin Bawa 15 Motif Unggulan di BSF 2020

and - Apahabar.com Kamis, 5 Maret 2020 - 11:57 WIB
and - Apahabar.com Kamis, 5 Maret 2020 - 11:57 WIB

Stand Dekrenasda Tapin Bawa 15 Motif Unggulan di BSF 2020

Ketua TP PKK Kabupaten Tapin, Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan sibuk promosikan produk Tapin ke pengunjung stand Dekrenasda di acara pembukaan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2020 di Duta Mall Banjarmasin, Rabu (4/3) kemarin. Foto-apahabar.com/Fauzi Fadilah

apahabar.com, BANJARMASIN – Sasirangan Festival (BSF) 2020 dibuka di Duta Mall Banjarmasin, Rabu (4/3) kemarin. Stand Dekrenasda Kabupaten Tapin membawa 15 motif unggulan.

Kegiatan yang mengusung tema “Glory of Heritage” digelar hingga Minggu 8 Maret 2020. 6 Provinsi berpartisipasi dalam kegiatan ini. Khusus provinsi Kalimantan Selatan, 13 kabupaten/kota ikut terlibat.

Ketua TP PKK Kabupaten Tapin, Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan merasa senang sasirangan dari kabupatennya banyak yang suka. Terlihat kaum hawa bertandang ke standnya memuji olahan produk khas Tapin.

“Oh, Bagus sekali, bagus sekali. Warna-warna bagus makanya kita beli, harganya juga lebih murah dari pada yang lain,” ungkap Ariani bersama 3 kawannya dari Dharma Wanita RSUD Ulin Banjarmasin.

Senada dengan ibu-ibu Dharma Wanita, mahasiswa semester 5 di Teknologi Pendidikan ULM, Putri Elvira Puspa Rani juga memuji sasirangan khas tapin.

“Bagus, elegan saya suka. Ada beberapa saya suka setelah lihat-lihat tadi, untuk motif dan pewarnaannya woles, anggun gitu,” ungkapnya.

Stand Kabupaten Tapin membawa 15 motif khas, di antaranya Daun Salam, Surui, Naga Balahindang, Kalayangan Bakacak Pinggang, dan Tikup.

“Tentunya kita akan terus berinovasi untuk kain sasirangan kita dari Tapin,” ujar Hj. Ratna Ellyani.

“Kita bangga bisa berperan aktif sebagai salah satu Kabupaten pelestari warisan budaya bahari yaitu kain sasirangan,” tambahnya.

Senada dengan Hj.Ratna Elly Arifin Arpan, Kepala Perindustri Tapin, Rosaria Sari juga mengatakan akan terus berupaya mengembangkan kemampuan para pelaku ekonomi kreatif.

“Tentunya akan meningkatkan pendapatan para pengrajin,” ujar Rosaria.

Diakui Rosaria, permintaan untuk produk kain sasirangan Tapin dari tahun ke tahun terus meningkat, terbukti sejak Tahun 2016 hanya ada 2  kelompok Industri Kecil Menengah (IKM), sekarang (2020) sudah ada 10 IKM.

“Untuk pemasaran ada juga online, dan untuk promosi tentunya kain sasirangan tak ketinggalan. Kami bawa di setiap event-event ekonomi kreatif,” ujarnya.

Pemkab Tapin jauh hari sudah menyiapkan sebuah bangunan dengan nama Galeri Tamasa di Jalan H. Hasan Basry, di kawasan Siring Ruang Terbuka Hijau.

Tak hanya sasirangan dengan berbagai motif dalam galeri itu, ratusan jenis kerajinan tangan juga tersedia di Galeri tersebut. Hal itu dimaksudkan mengenalkan produk olahan Tapin kepada wisatawan.

Baca Juga: Banjarmasin Sasirangan Festival 2020 Resmi Dibuka

Baca Juga: Mengenal Yuniati Karlina, Perancang Motif Sasirangan Batola

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Target Zona Hijau Covid-19 Banjarmasin, Satu Kelurahan Masih Merah
apahabar.com

Kalsel

Kapolres, Dandim 1004, dan Bupati Kotabaru Salurkan Ratusan Paket Sembako
apahabar.com

Kalsel

Penularan Btl-38 Tambah Pasien Positif Covid-19 di Batola
apahabar.com

Kalsel

Siap-Siap, Belasan Ribu KK di Kotabaru Kecipratan Bantuan JPS
PLN

Kalsel

PLN Imbau Masyarakat Lakukan Pengamanan Kelistrikan
apahabar.com

Kalsel

Mayoritas APK di Pilwali Banjarmasin Ilegal, Simak Penjelasaan DPMPTSP
apahabar.com

Kalsel

Sembako Belum Tiba, Warga Terdampak PSBB di Banjarmasin Sabar Dulu
apahabar.com

Kalsel

Kawasan Tambang Intan Cempaka Diusulkan Jadi Pertambangan Rakyat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com