Tim Paman Birin Blunder Ancam Polisikan Warga Soal Banjir Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin

Tanggap Corona, Pemkab HST Perketat Pengawasan Fasilitas Kesehatan

- Apahabar.com Rabu, 4 Maret 2020 - 19:17 WIB

Tanggap Corona, Pemkab HST Perketat Pengawasan Fasilitas Kesehatan

Wabup Berry (tengah) diapit Sekda, HA Tamzil (kiri) dan Kadinkes HST memberi arahan kepada pemangku kebijakan untuk tanggap Covid 19 saat Rakor di Auditorium Setda setempat, Rabu (4/3). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) mengambil langkah untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid 19.

Langkah pun diambil dengan meningkatkan rapat koordinasi lintas sektoral, terutama untuk seluruh pemangku kebijakan, mulai dari desa hingga kota serta dinas maupun instansi terkait di HST, Rabu (4/3).

“Seluruh pengambil kebijakan lintas sektoral dari tingkat RT, pambakal, lurah, camat, pegawai puskesmas, selalu melakukan koordinasi dan penanganannya (Covid 19) sesuai tugas masing-masing,” kata Wabup HST, Berry Nahdian Forqan saat memimpin rapat itu.

Berry mengaskan hal itu menyangkut informasi untuk masyarakat. Khususnya mereka yang baru datang atau berhubungan langsung dengan warga negara yang terjangkit.

Apabila mengalami gejala yang diduga berkaitan dengan Covid 19 seperti demam dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) atau gangguan pernapasan lainnya, pengambilan kebijakan bisa langsung memeriksakan ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Hindari penyampaian informasi hoaks yang dapat meresahkan masyarakat,” kata Berry.

Dari hasil rapat, disepakati bersama untuk mendeteksi sedini mungkin penyebaran penyakit dengan memperketat pengawasan. Mulai dari puskesmas sampai rumah sakit.

“Yang terpenting upaya promosi kesehatan, mulai dari penyebab, cara penularan hingga apa tindakan pencegahan yang perlu dilakukan masyarakat terhadap Covid 19 ini,” kata pesan Berry.

Pola hidup bersih dan sehat, kata Berry perlu ditingkatkan dan diintensifkan pada gerakan masyarakat. Seperti membiasakan cuci tangan dan mengkonsumsi makanan bergizi serta seimbang.

Terkait Covid 19, kasus pertama yang telah menginfeksi warga negara Indonesia, seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, Senin (2/3) lalu, Kepala RSUD Damanhuri Barabai, dr. Muhammad Asnal menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinkes, Apabila nantinya menemukan suspek akan langsung menuju RS rujukan Covid-19 di Kalsel,” tegas Asnal.

Dalam laporan Kadinkes HST, Kusdiharto mengatakan Corona Virus (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit, mulai dari gejala ringan sampai berat.

Ada dua jenis CoV, menyebabkan penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV).

Sementara Novel Corona Virus (Covid 19) adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia.

“Virus itu adalah Zoonosis (ditularkan antara hewan dan manusia),” kata Kusudiarto.

Tanda-tanda dan gejala klinis yang dilaporkan, kata Kus, sebagian besar adalah demam. Beberapa kasus bahkan mengalami kesulitan bernapas

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi itu dengan cara mencuci tangan secara teratur, menerapkan etika batuk dan bersin serta memasak daging dan telur sampai matang.

“Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin,” tutup Kusudiarto.

apahabar.com

Pemkab HST menggelar Rakor Antisipasi dan Pencegahan Corona bersama limtas sektor di Auditorium Sekretariat Daerah setempat, Rabu (4/3). Foto-Istimewa

Baca Juga: KPU Ingatkan PPK di HST Jangan Main Mata

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pemkab HST Punya Program Unggulan

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tri Pimpin Kadin, Berry Nahdian Minta Bangun Kebersamaan Majukan Ekonomi di HST
Berry Nahdian Minta Pelayanan BPJS Kesehatan Ditingkatkan

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Berry Nahdian Minta Pelayanan BPJS Kesehatan Ditingkatkan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Cegah Covid 19, Pemkab HST Bentuk Gugus Tugas
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Ikuti Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah di LPEM FEB UI
Ulama dan Umara

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Membangun Hubungan dengan Ulama dan Umara
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Di Batu Benawa, Wabup HST Minta Pemdes Monitor Penyerahan BLT
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Berry Nahdian Minta Gugus Tugas Tangani Covid-19 Secara Konkret
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Detik-Detik HUT RI, Forkopimda HST Beri Penghormatan Kepada Kusuma Bangsa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com