Pemilu Ulang di Banjarmasin Selatan, Cucu Habib Basirih Pinta Jauhi Politik Uang H-2 Ramadan, Distribusi Elpiji di Kalsel Macet Lagi Gara-Gara Jalan Rusak Terungkap! Alasan Oknum Pemuda LAS HST Hina Buser yang Tenggelam di Banjarmasin Sadarkan Diri, Dokter Ungkap Kondisi Terkini Echa Si Putri Tidur Banjarmasin POPULER SEPEKAN: Waspada Air Pasang, Ambruknya Pasar Ujung Murung, hingga Viral Putri Tidur

Tekan Covid-19, Rooswandi Salem Minta Semua Tim Bergerak

- Apahabar.com Minggu, 22 Maret 2020 - 20:14 WIB

Tekan Covid-19, Rooswandi Salem Minta Semua Tim Bergerak

Pemkab Tanah Bumbu saat melaksanakan video conference bersama seluruh kabupaten dan kota se-Kalsel yang digelar oleh Pemprov Kalsel, Minggu (22/3). Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu mengikuti video conference bersama seluruh kabupaten dan kota yang digelar oleh Pemprov Kalsel, Minggu (22/3).

Video conference dilakukan terkait Surat Keputusan Gubernur Kalsel Nomor : 188.44/200/KUM/2020 tanggal 21 Maret 2020 tentang penetapan status tanggap darurat Corona Virus Diseasi (Covid-19) di Provinsi Kalsel.

Pemkab Tanah Bumbu melaksanakan video conference di ruang Digital Live Room, Kantor Bupati Tanah Bumbu, yang dihadiri Sekretaris Daerah, Rooswandi Salem beserta perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh jajaran pemerintah yang termasuk dalam tim gugus tugas penanganan Covid-19.

Dalam video conference tersebut, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mendengarkan semua laporan dari kabupaten dan kota terkait pencegahan penularan Covid-19 serta langkah apa saja yang sudah dilakukan untuk menekan penyebarannya.

“Kalsel sekarang sudah berada dalam kondisi tanggap darurat atas bahaya virus Corona yang sudah menyebar di seluruh bagian negara di dunia,” ujar Paman Birin, saat melakukan conference.

Menyikapi musibah besar yang sudah dialami oleh berbagai negara di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia, Paman Birin, mengatakan Pemerintah Indonesia sendiri sudah menyatakan bahwa Covid-19 sebagai bencana nasional.

“Kita harus bersama-sama menghadapi masalah ini, dalam upaya menekan penyebaran virus tersebut, yang terpenting saya meminta kepada seluruh masyarakat Kalsel agar jangan panik atas permasalahan virus Covid-19 ini,” pinta Paman Birin.

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, dalam video conference menyampaikan untuk menekan perkembangan virus Covid-19 di Tanah Bumbu pihaknya telah merubah status menjadi siaga darurat virus Covid-19 per tanggal 15 Maret lalu.

Untuk bersinergi dengan apa yang sudah diprogramkan pemerintah pusat, Tanah Bumbu sudah melakukan beberapa langkah pencegahan, di antaranya menunda pelaksanaan HUT Tanah Bumbu ke-17 serta semua rangkaian yang seharusnya dimulai pada 1 hingga 19 April mendatang.

Kemudian, sejak 18 Maret pemerintah sudah meliburkan sekolah dari PAUD hingga SMA selama 14 hari ke depan, menutup tempat wisata, melakukan imbauan kepada masyarakat agar menghindari keramaian (tidak melakukan acara perkumpulan), melakukan imbauan kepada masyarakat agar melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta menetapkan tim gugus pencegahan virus Covid-19 dengan melibatkan semua unsur terkait guna menekan penularan Covid-19.

Selain itu, guna memenuhi kebutuhan logistik peralatan medis dan bahan medis, kata Rooswandi, pemerintah sudah memiliki anggaran pergeseran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Kesehatan yang akan digunakan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan seperti masker, alat pelindung diri (APD), rapid test, anti septik serta keperluan lainnya.

Usai melaksanakan video conference bersama Paman Birin, Pemkab Tanah Bumbu langsung menggelar rapat bersama seluruh tim gugus pencegahan Covid-19 Tanah Bumbu.

Dalam rapat itu, Rooswandi berharap agar semua bidang dalam tim bergerak untuk bekerja menekan penyebaran Covid-19 di Bumi Bersujud.

“Dengan adanya tim ini saya berharap kita bisa bekerja bersama, agar mampu menekan penularan virus Corona di Tanah Bumbu, karena tugas kita selaku pemerintah yaitu memberikan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat kita,” ujar Rooswandi.

Rooswandi juga mengimbau kepada semua pihak untuk dapat bekerja sama, bergotong-royong dan saling membantu.

“Bukan saatnya kita saling mengkritisi, tapi kita ikuti kebijakan pemerintah, yang pasti untuk keselamatan warga kita semua. Virus ini bukan main-main, jangan dibandingkan dengan wabah lainnya yang sudah ada obatnya, untuk itu perlu kewaspadaan kita semua,” tukasnya.

Reporter : Syahriadi
Editor: Puja Mandela

CATATAN REDAKSI: Berita ini semata demi meningkatkan kewaspadaan publik mengenai prosedur antisipasi pencegahan virus SARS-Cov-2. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi selanjutnya silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Api Serang 3 Kecamatan, Kapolres Turunkan Pasukan Penuh

Kalsel

Korban Budak Seks Ayah Kandung di Banjarbaru Trauma!
apahabar.com

Kalsel

Dua Pekan, Polisi Banjarmasin Timur Sita Puluhan Motor Pembalap Liar
apahabar.com

Kalsel

Kabag Sumda Polres Banjar Rutin Lakukan Sidak Masker pada Anggota
apahabar.com

Kalsel

Jelang Idul Adha, DLH Banjarmasin Sosialisasi Hemat Kantong Plastik
apahabar.com

Kalsel

Pimpin Apel Hari Kesaktian Pancasila, Ibnu Sina Ingatkan Bahaya Komunis
apahabar.com

Kalsel

Kantor Staf Presiden Diisi Anak Muda, Mahasiswi ULM Terinspirasi ‘Sophismata’

Kalsel

Bertekad Majukan UMKM, Rendy Bimantara Ahmadi Noor Supit Ambil Formulir Caketum BPD HIPMI Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com