Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Tembus Seribu ODP, Kalsel Siapkan Karantina Khusus

- Apahabar.com Sabtu, 28 Maret 2020 - 21:34 WIB

Tembus Seribu ODP, Kalsel Siapkan Karantina Khusus

Rumah Sakit Ulin Banjarmasin menyiagakan 10 ruang isolasi khusus untuk pasien Covid-19. Foto: apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, BANJARMASIN – Perkembangan wabah Covid-19 di Kalimantan Selatan kian menguatirkan. Hingga kini tercatat sebanyak 1.079 orang masuk dalam pemantauan (ODP).

Hal tersebut juga menunjukkan masifnya Tim Satgas Khusus itu memantau pergerakan orang-orang yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, baik yang memiliki gejala ataupun tidak.

“Kami menyiapkan karantina khusus terutama ODP dengan gejala ringan, dan akan ditempatkan di suatu tempat yang sudah kami persiapkan,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, Muslim dalam Video Conference, Sabtu (28/3) sore.

Meski tak spesifik, tim gugus tugas disebutkan terlebih dahulu akan melakukan berbagai prosedur tetap (protap) sebelum melakukan karantina khusus pada para ODP. Ini adalah upaya masif dalam memutus rantai penularan virus Corona.

“Tentu saja ini akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat kita. Dengan memutus rantai penularan lebih cepat, kita berharap rumah sakit rujukan tidak akan terbebani dengan (pasien) gejala-gejala yang ringan,” beber kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini.

Untuk diketahui, 80 persen orang yang terindikasi Covid-19 memiliki gejala-gejala klinis yang ringan, sedangkan sisanya gejala sedang hingga berat.

Tim Gugus Tugas ingin mengoptimalkan rumah sakit rujukan untuk orang dengan gejala-gejala sedang hingga berat, lebih khusus pada pasien orang tua.

Tim gugus tugas juga menyampaikan perkembangan terakhir mengenai Covid-19 di Kalsel. Hingga hari ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin merawat sebanyak 11 orang pasien yang terdiri dari 10 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 1 pasien terkonfirmasi positif Corona.

“Asal rujukan Banjarmasin sebanyak 5 pasien plus 1 konfirm, Banjarbaru 2 PDP, Kabupaten Banjar 1 PDP, HSS 1 PDP dan Tabalong 1 PDP,” sebut Muslim

Dari 10 PDP tersebut, dua di antaranya adalah pasien anak-anak yang baru saja dirujuk pagi tadi. Pasien Ulin-21 adalah anak laki-laki berumur 4 tahun asal rujukan Banjarmasin dan pasien Ulin-22 adalah balita laki-laki berumur satu tahun. Kondisi terakhir dalam perawatan, dengan keluhan yang sama yaitu batuk dan pneumonia ringan. Sementara satu balita di antaranya, dari laporan terakhir Satgas Covid-19 Banjarmasin, sudah dipulangkan sejak tiga hari lalu.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah

CATATAN REDAKSI: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Banjir di Kabupaten Banjar, 25 Sekolah Terpaksa Diliburkan
apahabar.com

Kalsel

Balap Liar di Banjarbaru, Ratusan Pelajar Diamankan
apahabar.com

Kalsel

PSBB Banjarmasin Mulai Berlaku, Waspadai Lonjakan Orang Miskin Baru
apahabar.com

Kalsel

Anggota DPR RI Hasnuryadi Sulaiman Sebar 300 PJU Tenaga Surya di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Mangkir, Terduga Pemimpin Ajaran Sesat di Banjarmasin Ngacir ke Samarinda
apahabar.com

Kalsel

Maling Helm Pemko Banjarmasin Diringkus  
apahabar.com

Kalsel

Driver Online Mogok Massal di Banjarmasin, Pemerintah Diminta Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Ahmad Yusuf, Hobi Berbuah Kepercayaan Kesultanan Banjar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com