Catat! 3 Lokasi Pos Jaga PPKM Level IV di Banjarmasin PPKM Level IV, Banjarmasin Dirundung Sederet Masalah Resmi Direvisi! PPKM Level 4 Banjarmasin Hanya Berlaku Hingga 2 Agustus Dear Warga Banjarmasin! Siapkan Kartu Vaksinasi Sebelum Ditanya Petugas PPKM Level 4 Perjuangan Penyintas di Banjarmasin, Jadi Pendonor untuk Selamatkan Pasien Covid-19

Tingkatkan Ekonomi, BI Kalsel Terapkan Holding Pesantren

- Apahabar.com     Jumat, 6 Maret 2020 - 15:33 WITA

Tingkatkan Ekonomi, BI Kalsel Terapkan Holding Pesantren

Kegiatan pelatihan yang diadakan Bank Indonesia untuk pesantren di ruangan terbuka Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah II, Landasan Ulin Kota Banjarbaru, Jumat (6/3). Foto-apahabar.com/Fida

apahabar.com, BANJARBARU – Bank Indonesia Kalimantan Selatan (BI Kalsel) menggandeng pesantren sebagai langkah meningkatan kapasitas ekonomi dan UMKM.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Bank Indonesia terkait peningkatan kapasitas ekonomi, namun stekholders yang Kita angkat adalah pesantren,” ujar Manager Tim Pengembangan Ekonomi, Aryo wibowo kepada apahabar.com, Jumat (6/3).

Mengapa memilih pesantren?

“Karena kita lihat di Kalimantan Selatan banyak pesantren sangat berpotensi untuk ditingkatkan kemandirian ekonomi nya,” jelasnya.

Sekadar diketahui, program ini telah berjalan kurang lebih 4 tahun terakhir. Dan hasilnya dinilai memuaskan.

“Program ini terus bergulir, tahun lalu Kita ada 4 sampai 5 pondok pesantren yang kita berikan pelatihan, hari ini 8 pondok. Dan ini sudah berjalan 3 sampai 4 tahun,” terangnya.

Selain pelatihan, Bank Indonesia juga memberikan sarana atau fasilitas guna menunjang kegiatan usaha ekonominya.

“Harapannya nanti mereka akan mempunyai kegiatan unit usaha kemudian dia punya kontribusi kepada daerah kalau sudah punya dibekali pengetahuan mengenai pengembangan usahanya,” lanjutnya.

Adapun bidang pengembangan usahanya diarahkan ke perikanan maupun pertanian.

“Mengembangkan perdagangan apa pun sebenarnya bisa, kemudian akan kita coba link kan atau kita gabungkan dengan beberapa pondok pesantren dalam satu holding pesantren, itu harapan di tahun 2020 ini selain membangun ke mandirian pesantren,” terangnya.

Holding pesantren sendiri bertujuan agar saling bertransaksi dan berintegerasi antar pesantren, yang kini sudah mulai diterapkan di beberapa pesantren dan terbukti membawa kebermanfaatan bersama.

“Contohnya pesantren Ishlahul Aulat kita bantu pelatihan mengenai padi maupun peralatan mesin penggiling padi yang setelah menghasilkan itu dijual ke Darul Hijrah dan kepada masyarakat UMKM nah ini nantinya kita terus lakukan,” katanya.

Dan ke depannya penerapan holding pesantren akan dibahas dengan mengadakan pertemuan dengan pimpinan pondok pesantren.

“Itu rencananya Kita adakan pertemuan dulu kepada pimpinan pondok pesantren yakni pengurus inti yang Insha Allah pada 11 Maret 2020 ini kita coba ketemu dengan mereka,” ungkapnya.

Bank Indonesia membantu pengembangan usaha pesantren ini melalui dua sisi yakni dari sisi sarana umum dan sisi bantuan teknis berupa pengetahuan keterampilan.

“Juga termasuk laporan keuangan santrinya, atau perhitungan akuntansinya. Dan dari kegiatan ini akan ada diskusi mengenai apa yang perlu dibenahi agar dibantu,” pungkasnya.

Baca Juga: Ikatan Pesantren Indonesia Dapat Bantuan Puluhan Juta dari Bank Kalsel

Baca Juga: Susur Sungai BI Kalsel, Tukar Uang Lusuh Hingga Kampanye Gerakan Non Tunai

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ekbis

Pelatihan Wartawan Ekonomi, BI Kalsel Hadirkan Ketua Dewan Pers
apahabar.com

Ekbis

Pertumbuhan Energi Terbarukan Indonesia Tertinggi di Dunia
apahabar.com

Ekbis

Setelah Natal, Harga Emas Antam Melambung Rp 6.000
apahabar.com

Ekbis

Kadin: Pasokan Bahan Baku dari Wuhan Berpeluang Segara Pulih
apahabar.com

Ekbis

Efek Surat Muatan Udara Mulai Dirasa Pengusaha Ekspedisi
apahabar.com

Ekbis

Pangkas Impor Minyak Nasional, Intip Strategi Pertamina
apahabar.com

Ekbis

Dampak Covid-19, Jokowi Gratiskan Tagihan Listrik 3 Bulan
apahabar.com

Ekbis

Xiaomi Dikabarkan Kembangkan “Ponsel Pintar”
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com