Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan 13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel

Toraja Utara Siapkan 387 Objek Wisata Baru

- Apahabar.com Sabtu, 7 Maret 2020 - 17:37 WIB

Toraja Utara Siapkan 387 Objek Wisata Baru

Tana Toraja selalu menyuguhkan panorama keindahan alam dan budaya yang tak ada duanya. Foto-instagram.com/karla_matandung

apahabar.com, MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, menyiapkan sebanyak 387 objek wisata baru untuk dieksplorasi para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengatakan sebagai kabupaten tujuan wisata utama di Sulsel, pihaknya terus berbenah untuk menghadirkan objek wisata yang semakin berkualitas dan beragam.

“Sekarang ini baru ada 17 objek wisata unggulan. Sebentar lagi kami akan melemparkan ke 387 objek wisata baru,” katanya di sela-sela mendampingi Gubernur Sulsel meninjau pembangunan infrastruktur jalan di daerah itu, Sabtu (07/03).

Kalatiku menyampaikan, hal ini juga sudah dilaporkan ke Gubernur Sulsel dan responnya sangat positif. Ini juga sangat sejalan dengan langkah-langkah yang dikembangkan bersama di sektor pariwisata.

“Bahkan sekaligus dapat merupakan penjabaran dari ide dan harapan beliau. Bagaimana menghadirkan pariwisata Sulawesi Selatan yang bertaraf internasional,” sebutnya.

Hampir 400 objek wisata tersebut ditemukan melalui kerja sama dengan mahasiswa-mahasiswi yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN).

“Mereka menemukan dan mengusulkan. Begitu memenuhi syarat oke, dari segi budaya, segi nilai dari pariwisatanya langsung kita jadikan sebagai objek,” jelasnya.

Sehingga perlu dukungan infrastruktur jalan. Baik itu jalan provinsi dan kabupaten. Kebijakan yang berfokus pada pengembangan pariwisata akan menyejahterakan rakyat Toraja Utara.

Lanjutnya, hadirnya infrastruktur bandara dan jalan menjadi kunci suksesnya kepariwisataan suatu daerah. Apalagi saat ini, Di Toraja telah didukung dengan akan hadirnya Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja dan juga di Luwu, kabupaten tetangga Torut telah ada Bandara Lagaligo Bua sebagai penunjang.

“Itu direct flight from (penerbangan langsung dari) Jakarta ke Denpasar, jadi tidak lewat Makassar lagi nanti, jadi itu akan memudahkan,” jelasnya.

Selama ini banyak wisatawan yang ingin ke Toraja, menjadi pilihan setelah Bali. Namun, karena fasilitas yang diharapkan belum tersedia membuat mereka kemudian enggan.

“Setelah disampaikan, dibilang 8 sampai 10 jam, mereka kemudian mencari tempat lain, karena orang enggak mau sakit punggung,” paparnya.

Sementara itu Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah mengatakan Toraja yang terdiri dari Toraja Utara dan Tana Toraja merupakan aset dunia. Berbagai program strategis akan diselesaikan untuk menarik wisatawan.

“Saya menaruh harapan bahwa Toraja ini akan menjadi wisata terbaik. Jadi saya yakin Toraja ini akan berjalan dengan baik setelah pembangunan infrastruktur diselesaikan,” jelas Nurdin.(Ant)

Baca Juga: Tingkatkan Kunjungan Wisatawan di Hutan Meranti, DLH Kotabaru Gandeng Pecinta Offroad

Baca Juga: Bagaimana Haul Guru Sekumpul Jadi Wisata Rohani Terbesar se-Asean

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Erick Thohir Tegaskan Butuh Tim Bagus Pimpin 142 BUMN
Emas Antam

Ekbis

Sepanjang Pekan Ini, Harga Emas Antam Loyo
apahabar.com

Ekbis

Harga Minyak Dunia Kembali Bangkit, Rupiah Ditutup Menguat
apahabar.com

Ekbis

Tarif Penerbangan Turun Sejak 11 Januari
apahabar.com

Ekbis

Bijak Bermedsos Hindari Hoax
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Antam Hari Ini Tembus Rp1.022.000 per Gram
apahabar.com

Ekbis

Manjakan Pecinta Otomotif, Suzuki XL7 Mampu Lalui Medan Off-road
apahabar.com

Ekbis

Perlambatan Corona Kerek Rupiah ke Rp13.730
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com