Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

17 Ton Beras dan 1,4 Ton Telur Disalurkan ke 2.766 KK di Banjar

- Apahabar.com Jumat, 24 April 2020 - 11:14 WIB

17 Ton Beras dan 1,4 Ton Telur Disalurkan ke 2.766 KK di Banjar

Bupati Banjar membagikan beras dan telur secara simbolis kepada warga terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, di halaman Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Kamis (23/4). Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar mulai menyalurkan bantuan sosial ke warga kurang mampu akibat pandemi Covid-19.

Bantuan itu berupa beras dan telur. Totalnya 17 ton beras dan 1,4 ton telur.

Itu semua disalurkan kepada 2.766 kepala keluarga non-Program Keluarga Harapan (PKH).

Bupati Banjar H Khalilurrahman membenarkan pihaknya berencana menerapkan pembatasan sosial besar besaran (PSBB).

Menurutnya salah satu yang harus dikuatkan, yaitu cadangan pangan pemerintah daerah.

“Sebagaimana regulasi, pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota wajib memilki cadangan beras pemerintah (CBP) di masing-masing tingkatan,” jelasnya.

Pemkab melalui Dinas Ketahanan Pangan telah melaksanakan kerja sama penitipan beras dengan Perum Bulog pada 2019 sebesar 5.470 Kg beras dan pada 2020 sebesar 12.091 Kg.

“Pada 2020 ini Pemkab Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan menyalurkan bantuan logistik CBP berdampingan dengan Dinas Peternakan dan Perkebunan yang memberikan bantuan berupa telur kepada masyarakat, khususnya Martapura Kota yang warganya benar-benar terdampak secara ekonomi,” ungkap Guru Khalil sapaannya.

Kepada camat, lurah, dan pembakal, ia berpesan untuk segera verifikasi dan validasi sesuai aturan yang berlaku. Serta membantu distribusi bantuan pangan tersebut segera dan tepat sasaran.

“Amankan pola distribusi pangan ini pada sasaran untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan masyarakat banyak. Semoga adanya bantuan logistik ini dapat mengurangi keresahan masyarakat akan kebutuhan pangan,” harap Guru Khalil.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Banjar, Dondit Bekti menjelaskan bantuan telur dilakukan dua tahap pengiriman.

“Tahap pertama yang masuk ke gudang sebanyak 550 kilogram dan tahap kedua 850 kilogram. Setelah itu dilakukan pengemasan menggunakan plastik mika masing-masing berisi 8 butir telur atau lebih kurang 0,5 kg,” jelas Dondit.

Pemerintah selalu mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dengan selalu mencuci tangan, selalu menjaga jarak dalam setiap berinteraksi yang dikenal dengan istilah physical distancing, serta selalu berada di rumah.

“Jika harus bepergian keluar rumah karena sangat penting, maka diharapakan untuk selalu memakai masker, sebagai upaya mencegah penularan Covid-19,” imbuh Dondit.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Banjir Pengaron

Kabupaten Banjar

Update Banjir Pengaron, Banyak Warga Terserang Kutu Air
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Fakta Banjir di Kabupaten Banjar; Korban Tewas Hingga Penemuan Sarang Ular
Bupati Banjar

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Serahkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Komitmen Bupati Banjar Bangun Zona Bebas Korupsi
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Kepung Anak Funk di Martapura, Satpol PP Malah Dapat Bocah Pengamen
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Beri Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian untuk ASN
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar Melandai, Edukasi Terus Dilakukan
PKK

Kabupaten Banjar

Salurkan Bantuan, Ketua TP PKK Banjar Ingatkan 3M
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com