Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

400 Ribu Reagen PCR Tiba dari China, Daerah Jemput Sendiri ke Jakarta

- Apahabar.com Sabtu, 25 April 2020 - 22:03 WIB

400 Ribu Reagen PCR Tiba dari China, Daerah Jemput Sendiri ke Jakarta

Petugas memeriksa kiriman reagen PCR covid-19 asal China yang baru tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Foto-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengapresiasi para pimpinan daerah yang bersemangat melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) bagi warganya dengan menjemput reagen PCR itu ke Jakarta.

Sebanyak 400 ribu reagen PCR baru datang dari China pada hari ini.

“Kami bersyukur hari Sabtu mendapatkan sekitar 400 ribu (reagen) tes PCR dari Tiongkok. Namun yang lebih menggembirakan, pimpinan daerah tidak hanya menunggu, tetapi berlomba untuk ikut menjemput sendiri reagen PCR itu di Bandar Udara Soekarno-Hatta,” ujar Doni melalui siaran pers, Jakarta, Sabtu (25/4).

Doni menyatakan pihaknya sebenarnya sudah mempersiapkan jalur distribusi untuk mengirim reagen PCR yang baru datang ke daerah-daerah. Namun, banyak daerah yang tidak sabar menunggu pengiriman karena sudah kehabisan reagen PCR dan memilih untuk mengambil sendiri di Jakarta.

“Seperti dari Yogyakarta misalnya, mereka memilih untuk ikut menjemput di Bandara Soekarno-Hatta. Ketika saya tanya berapa lama perjalanan ke Yogyakarta? Mereka menjawab sekitar lima jam,” ujar Kepala BNPB itu.

Gugus Tugas sudah membagi stok reagen PCR itu ke 22 provinsi agar bisa digunakan di 51 laboratorium. Di antaranya DKI Jakarta mendapatkan bagian terbanyak yaitu 52 ribu reagen PCR.

Sementara Jawa Tengah mendapatkan 50 ribu reagen, Jawa Timur 41 ribu reagen, DI Yogyakarta 25 ribu reagen, Jawa Barat 21 ribu reagen dan Banten 10 ribu reagen PCR.

Secara keseluruhan selama sepekan ini, Indonesia sudah mendapatkan reagen PCR sebanyak 479.500 unit. Reagen PCR ini didatangkan dari Korea Selatan dan Tiongkok.

Presiden Joko Widodo mengharapkan tes PCR bisa dilakukan kepada 10 ribu warga setiap harinya. Tes PCR ini diharapkan bisa memastikan jumlah warga yang positif terpapar Covid-19 dan juga penyebarannya.

Dengan data yang lebih pasti, maka langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 dapat dilakukan dengan lebih tepat.

Presiden sudah meminta agar tes PCR dilakukan pertama-tama kepada dokter dan perawat yang menangani pasien Covid-19 beserta keluarganya.(Ant/Rep)

Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Komnas Pengendalian Tembakau: Sebaiknya Vape Dilarang Sebelum Ada Korban
Suntik Vaksin

Nasional

Nyeri Bahu Setelah Suntik Vaksin? Simak Cara Pencegahannya
apahabar.com

Nasional

PWI Aceh Gelar Doa Bersama Korban Tsunami
apahabar.com

Nasional

Banjir di Kemayoran, Pelajar Tewas Tersengat Listrik

Nasional

Jelang Libur Panjang, Jokowi Waspadai Peningkatan Kasus Covid-19
apahabar.com

Nasional

Mengenang Sosok Gus Im, Obrolannya dengan Gus Dur Soal Musik
apahabar.com

Nasional

El Nino Akan Terjadi Tahun 2019, Siapkah Indonesia?
Vaksin

Nasional

Vaksin Covid-19 Aman untuk Ibu Hamil, Peneliti AS Ungkap Alasannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com