Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

6 Makanan yang Mampu Redakan Perut Sembelit

- Apahabar.com Rabu, 29 April 2020 - 06:30 WIB

6 Makanan yang Mampu Redakan Perut Sembelit

Ilustrasi. Foto-shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Pernah merasakan perut sambelit? Begitu juga saat puasa. Perut sembelit bisa disebabkan karena dehidrasi, pola makan yang tidak teratur, obat-obatan, penyakit yang mempengaruhi sistem pencernaan.

Gejala sembelit meliputi BAB yang kurang dari tiga kali seminggu, BAB yang keras, terhambat atau tidak mampu mengeluarkan tinja, dan sakit saat mengeluarkan tinja. Jenis dan tingkat keparahan gejala dapat bervariasi pada setiap orang mulai dari ringan hingga kronis.

Sembelit merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang harus diatasi segera. Berikut 6 makanan yang mampu meredakan perut sembelit yang di lansir dari Heath Line.

1. Plum

Plum merupakan buah yang mengandung jumlah serat yang tinggi, dengan 2 gram serat per porsi 1 ons (28 gram), atau sekitar tiga buah prem. 8% dari asupan serat harian yang direkomendasikan oleh American Heart Association.

Serat dalam buah plum difermentasi dalam usus besar untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek, yang juga memperlancar BAB. Studi pada 40 orang dengan konstipasi menemukan bahwa makan 100 gram plum per hari secara signifikan meningkatkan frekuensi dan konsistensi feses, dibandingkan dengan pengobatan dengan psyllium, sejenis serat makanan.

Anda dapat menikmati plum sendiri dengan salad, sereal, oatmeal, makanan yang dipanggang, dan smoothie.

2. Roti Gandum

Roti gandum adalah roti tradisional banyak ditemui di Eropa dan kaya akan serat makanan.Roti gandum murni mengandung empat gram serat makanan, memenuhi 15% dari kebutuhan harian Anda.

Penelitian telah menemukan roti gandum lebih efektif dalam meredakan sembelit daripada obat pereda sembelit. Mengonsumsi roti gandum juga memudahkan dan meningkatan frekuensi BAB. Roti gandum dapat digunakan sebagai pengganti roti gandum putih biasa. Biasanya lebih padat dan warna lebih gelap dari roti biasa serta memiliki rasa yang lebih kuat.

3.Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C, A dan serat yang tinggi yang baik untuk pencernaan.

Secara khusus pepaya memiliki enzim papain yang dapat membantu mencerna makanan terutama protein. Studi mendapati konsumsi buah pepaya setiap hari dapat mengurangi sembelit dan kembung secara signifikan.

4.Apel

Apel juga kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat pektin di dalam apel dapat membentuk asam lemak rantai pendek yang menarik air ke usus besar untuk melunakkan tinja.

Studi menunjukkan pektin dapat mempercepat pergerakan feses, memperbaiki gejala sembelit, dan meningkatkan bakteri baik di usus pada orang yang mengalami konstipasi

5. Kiwi

Ketika mengosumsi buah kiwi, Anda bisa mendapatkan sekitar 2,3 gram serat per buah kiwi (sekitar 76 gram), yang merupakan 9% dari asupan harian yang dibutuhkan.

Dalam sebuah penelitian, 38 orang di atas usia 60 diberi satu buah Kiwi per 66 pon (30 kg) berat badan per hari. Ini mengakibatkan peningkatan frekuensi dan kemudahan buang air besar. Buah Kiwi bisa dimakan langsung. Kupas atau potong menjadi dua dan ambil daging hijau dan bijinya. Buah kiwijuga sehat dipadukan untuk salad buah dan ke smoothie untuk meningkatkan serat.

6.Pir

Pir merupakan buah yang kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Pir juga mengandung fruktosa dan sorbitol yang membantu melancarkan pencernaan.

Fruktosa membantu menarik air osmosis, sehingga merangsang gerakan usus mempercepat pencernaan makanan. Sedangkan sorbitol berfungsi sebagai pencahar alami dengan membawa air ke usus. (okz)

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Psikolog: Anak Korban Penculikan Rentan Depresi
apahabar.com

Gaya

5 Langkah Pertolongan Pertama Ketika Luka
apahabar.com

Gaya

Sabina Altynbekova, Atlet Muslim Berparas Cantik
apahabar.com

Gaya

Warganet Ramai Bincangkan Kebocoran Data Tokopedia
apahabar.com

Gaya

Sering Buang Air Kecil Ketika Malam, Tanda Hipertensi
apahabar.com

Gaya

Terlalu Sering Selfie Ternyata Dapat Munculkan Efek Negatif
apahabar.com

Gaya

Fase Normal Baru Buat Menginap di Hotel Tak Lagi Sama
apahabar.com

Gaya

Efek Makan Gorengan Berlebih Saat Buka Puasa Terhadap Kulit
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com