Update Covid-19 di Tanbu: Positif 18 Orang, Sembuh 12 Teringat Kebaikan Warga Kalsel Saat Haul Sekumpul, Bantuan Terus Mengalir dari Kaltim Belum Ada Pasokan, BBM di Tabalong Mulai Langka Terdakwa Bantah Polisi, Sidang Sabu 300 Kg Banjarmasin Memanas Masuk Balikpapan Bakal Wajib Rapid Test Antigen

Alternatif Rujukan Pasien Covid-19, Ruang Isolasi RSUD Ansari Saleh Segera Ditambah

- Apahabar.com Senin, 6 April 2020 - 19:21 WIB

Alternatif Rujukan Pasien Covid-19, Ruang Isolasi RSUD Ansari Saleh Segera Ditambah

RSUD Ansari Saleh. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasien yang terindikasi penularan virus Covid-19 di Kalimantan Selatan terus bertambah setiap harinya. Terbaru, data tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel mencatat sebanyak 16 kasus yang terkonfirmasi positif, Senin (6/4) sore.

Menyikapi peningkatan tersebut, tim gugus tugas akan mengembangkan rumah sakit rujukan agar dapat menampung pasien-pasien yang akan dilakukan perawatan isolasi.

“Rumah Sakit Ansari Saleh saat ini sedang melakukan pengembangan untuk menambah ruang isolasi,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, Muslim dalam siaran video conference.

Daya tampung saat ini dapat menampung sebanyak 11 pasien yang memerlukan pengawasan dan perawatan secara intensif. Pihaknya berharap, ke depan dapat menambah jumlah ruangan agar dapat menampung pasien-pasien rujukan Covid-19.

“Mudah-mudahan perkembangannya dapat menampung lebih banyak. Dalam kondisi tertentu harus membutuhkan ruang isolasi sebagai salah satu bentuk optimal yang kita lakukan, terutama rujukan sekitar wilayah Banjarmasin,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini.

Selain perihal ruang isolasi, Muslim juga memaparkan terkait stok alat pelindung diri (APD) yang saat ini dimiliki Gugus Tugas Covid-19 Kalsel. Baik dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI, maupun bantuan dari berbagai donatur dirasa masih mencukupi untuk dimanfaatkan papra tim medis yang bertugas melakukan penanganan.

“Semuanya didistribusikan ke rumah sakit rujukan dan rumah sakit milik pemerintah daerah baik di Kabupaten/Kota, TNI dan Polri. Hari ini pun dibantu sekitar 60 koli dan 15 ribu masker yang didistribusikan melalui BPBD,” terangnya.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Peringati Sumpah Pemuda, Indocement Kibarkan Merah Putih Raksasa di Lidah Bukit Jeger
Puting Beliung

Kalsel

Puting Beliung Berlalu, Desa Raya Belanti Tapin Kini Kebanjiran
Dana Korban Kebakaran

Kalsel

Dana Korban Kebakaran Kotabaru Dibagikan, Tiap KK Terima Rp 6,5 Juta
Cegah Covid-19, Polresta Banjarmasin Punya Trik Jitu

Kalsel

Cegah Covid-19, Polresta Banjarmasin Punya Trik Jitu
apahabar.com

Kalsel

Tak Bisa Cek via ATM, Nasabah Kembali Datangi Bank Mandiri Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Aturan Wajib Swab Penumpang DKI Jakarta ke Banjarmasin Ditunda
apahabar.com

Kalsel

Perkelahian di Banjarbaru, Pria Paruh Baya Tewas Tertebas Parang
apahabar.com

Kalsel

Setwan Ajak Press Room DPRD Kalsel Studi Komparasi ke Yogyakarta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com