Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Anggota Komisi X DPR RI Dorong Pemerintah Selamatkan Pariwisata

- Apahabar.com Selasa, 14 April 2020 - 17:42 WIB

Anggota Komisi X DPR RI Dorong Pemerintah Selamatkan Pariwisata

Anggota Komisi X DPR RI H. Muhammad Nur (HMR) saat mengunjungi pasar terapung, melihat langsung kondisi wisata di Kalsel. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota Komisi X DPR RI, Haji Muhammad Nur (HMR) meminta pemerintah pusat maupun daerah agar menyelamatkan perekonomian dari sektor pariwisata.

Ia melihat sektor pariwisata saat ini sedang hancur karena terdampak dengan pandemi global virus corona atau covid-19.

“Sektor pariwisata ini adalah penyumbang devisa nomor dua negara ini dan saat ini mendapat pukulan sangat telak atas penyebaran virus corona,” ujarnya, Selasa (14/4).

Efek dari pandemi Covid-19 katakan HMR, sudah berdampak pada penutupan tempat wisata di sejumlah daerah se Indonesia. Akibatnya banyak agen travel, jasa transportasi, usaha penginapan atau hotel, usaha kuliner dan penjual cinderamata mengalami kesulitan ekonomi bahkan usahanya harus gulung tikar.

“Roda perekonomian masyarakat yang bergantung di sektor pariwisata hancur dengan sekejap, tidak ada lagi harapan disaat sekarang untuk melawan,” bebernya.

HMR pun mengingatkan pemerintah agar di tengah upaya menangani virus corona juga memberikan solusi dan skema yang pas kepada pelaku usaha wisata agar perekonomian di sektor ini tidak memburuk dan menyelamatkan kehidupan masyarakat yang bergantung pada sektor wisata.

“Sudah semestinya rasa keadilan itu hadir dirasakan masyarakat. Semua sektor roda perekonomian masyarakat yang terdampak wabah ini wajib dibantu. Ini menjadi tugas setiap lembaga menghitung seberapa besar dampak pandemi ini bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata anggota DPR RI Dapil II Kalsel ini.

Lebih jauh HMR mengungkapkan, setidaknya ada upaya pemerintah memberikan stimulus kepada penggiat wisata untuk menjaga dan merawat aset wisata selama pandemi ini.

“Pemerintah bisa membuat skema apakah itu memberikan pinjaman modal atau bantuan modal kepada penggiat wisata. Membantu pengrajin misalnya untuk membuat Alat Pelindung Diri (APD) yang nantinya dibeli lagi oleh pemerintah sebagai upaya menyelematkan roda perekonomian,” jelas HMR.

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

BPD HIPMI Kalsel

Ekbis

Kembalikan Berkas Pendaftaran, Tiga Caketum BPD HIPMI Kalsel Siap Bersaing
apahabar.com

Ekbis

Samsung Kembangkan Jaringan 5G untuk Mobil Terhubung
apahabar.com

Ekbis

Hari Ini, Harga Emas Antam Naik Rp 8.000 Per Gram
Menkop dan UKM Gagas Kamar Ekspor, Permudah UMKM di Kalsel Jajakan Produk

Ekbis

Menkop dan UKM Gagas Kamar Ekspor, Permudah UMKM di Kalsel Jajakan Produk
apahabar.com

Ekbis

WhatsApp Hadir dengan Mode Gelap, Bagaimana Mengaktifkannya?
apahabar.com

Ekbis

Pertumbuhan Energi Terbarukan Indonesia Tertinggi di Dunia
apahabar.com

Ekbis

Isu Corona Tak Berimbas Terhadap Bisnis Perhotelan di Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Hari Ini, IHSG Diprediksi Bergerak Datar dan Rawan Terkoreksi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com