Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Anjuran dan Tips Berjemur Secara Aman

- Apahabar.com Jumat, 10 April 2020 - 12:14 WIB

Anjuran dan Tips Berjemur Secara Aman

Ilustrasi berjemur di pagi hari. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Muslim kembali menganjurkan warga untuk berjemur pagi hari di tengah darurat Covid-19.

Berjemur di bawah matahari pagi di percaya meningkatkan imunitas. Upaya tersebut selalu digaungkan oleh Pemerintah Kalsel, supaya warganya tetap sehat.

Selain berjemur, Muslim juga menyarankan warganya mengkonsumsi makanan sehat bergizi, untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

“Pagi hari, terkena sinar matahari untuk meningkatkan imunitas dan mengkondisikan makanan-makanan yang bergizi untuk meningkatkan imunitas,” Kata Jubir Covid 19 Kalsel, Muhammad Muslim dalam keterangan resmi, Kamis (9/4).

Selain melakukan dua hal tadi masyarakat diminta mengurangi aktifitas yang bersentuhan langsung dengan orang banyak dengan berdiam diri rumah atau mengisolasi diri.

Sementara jika memang penting, gunakan masker saat berada di luar rumah.

Meski sinar matahari tidak dapat membunuh virus Corona, aktivitas berjemur memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan.

Selain meningkatkan kekuatan tulang dan otot serta daya tahan tubuh, berjemur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental dan membuat tidur lebih lelap.

Namun, Anda juga perlu ingat bahwa paparan sinar UV yang berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, lakukan beberapa tips dokter dikutip dari alodokter.com berikut ini saat berjemur:

1. Gunakan tabir surya dan kacamata saat berjemur

Oleskan tabir surya (sunblock) dengan SPF 30 atau lebih pada kulit, 20–30 menit sebelum berjemur. Hal ini penting untuk mencegah agar kulit tidak gosong atau mengalami sunburn saat berjemur.

Bila perlu, kenakan kacamata hitam yang dapat menangkal UVA dan UVB untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet, terutama saat sinar matahari sedang terik.

2. Perhatikan jadwal dan durasi waktu berjemur

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, berjemur yang aman dapat dilakukan sebanyak 3 kali seminggu pada pukul sekitar 09.00 pagi selama 5–15 menit. Hindari berjemur terlalu lama karena dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

3. Minum air putih yang cukup saat berjemur

Ketika berjemur, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi. Apabila Anda merasa kepanasan atau lemas dan berkunang-kunang saat berjemur, segeralah pindah ke tempat yang teduh untuk mendinginkan tubuh agar terhindar dari heat stroke.

4. Terapkan physical distancing

Saat berjemur di tengah pandemi COVID-19 ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan physical distancing. Hindari berjemur di tempat yang ramai dan jaga jarak dengan orang lain setidaknya 1 meter. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko Anda terpapar virus Corona.

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Miss Universe 2018, Misi Sonia Mengembalikan Indonesia Top 15
apahabar.com

Gaya

Seorang Pria Tak Bisa Kencing Setelah Digigit Laba-laba Black Widow
apahabar.com

Gaya

Mengenang Satu Abad Hassan Shadily, Perancang Kamus Indonesia-Inggris
apahabar.com

Gaya

Persatuan Dokter Paru: Terpapar Asap Rokok Menurunkan Imunitas Lawan Covid-19
apahabar.com

Gaya

McD Hadirkan Menu Rasa Indonesia
apahabar.com

Gaya

Tips Hemat Biar Akhir Bulan Enggak Kere
apahabar.com

Gaya

Pentingkah Pakai Penyangga Masker? Simak Kata Pakar

Gaya

Tak Mau WhatsApp Dibajak? Jangan Lakukan Hal Ini!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com