Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Atasi Covid-19, Pengadaan Ventilator Diperbanyak

- Apahabar.com Sabtu, 25 April 2020 - 21:55 WIB

Atasi Covid-19, Pengadaan Ventilator Diperbanyak

Siloam Hospitals Group dan Danone Indonesia kerja sama pengadaan ventilator untuk atasi COVID-19. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Upaya pengadaan ventilator di sejumlah rumah sakit diperbanyak sebagai langkah untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Salah satunya dengan melibatkan pihak swasta.

Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady, mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan Danone Indonesia melalui Danone-Specialized Nutrition (SN) dan Danone-AQUA melakukan pengadaan alat kesehatan berupa tiga unit ventilator serta 10.500 boks produk hidrasi bagi Siloam Hospitals Group.

“Kolaborasi berbagai pihak, termasuk antara perusahaan swasta dan rumah sakit, berperan penting di masa yang krusial ini. Kami menghargai inisiatif dan dukungan dari Danone Indonesia dalam pengadaan ventilator yang merupakan alat bantu pernapasan yang sangat dibutuhkan oleh pasien COVID-19,” kata Caroline dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (25/04).

Kerja sama senilai Rp 2 miliar ini, katanya, dilakukan dalam usaha bersama menanggulangi dampak penyebaran COVID-19 di Indonesia, termasuk membantu tenaga kesehatan dan pasien yang dirawat di rumah sakit.

Sementara itu Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, pihaknya berupaya untuk terus berkontribusi positif, mulai dari memastikan keberlangsungan pasokan produk esensial bagi masyarakat, pencegahan penyebaran virus, serta mendukung sistem layanan kesehatan dalam penanganan pasien di rumah sakit.

“Kami ingin terus mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam usaha bersama melawan penyebaran Covid-19 di Indonesia, termasuk melalui kerja sama dengan rumah sakit yang memegang peranan krusial dalam masa ini,” katanya.

Dukungan Danone Indonesia kepada Siloam Hospitals Group diberikan dalam bentuk bantuan dana pengadaan ventilator yang menjadi salah satu kebutuhan utama, khususnya bagi pasien Covid-19 dengan kondisi tertentu, seperti yang mengalami gangguan pernapasan berat.

Alat itu juga, katanya, terutama diperuntukkan bagi pasien dengan usia lanjut atau memiliki penyakit bawaan yang memiliki risiko kematian lebih tinggi.

Siloam Hospitals Group merupakan salah satu grup rumah sakit yang secara aktif membantu pemerintah dalam penyediaan fasilitas untuk membantu penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

Tiga unit ventilator itu nantinya akan diberikan kepada dua rumah sakit khusus rujukan Covid-19, yaitu Siloam Hospitals Kelapa Dua dan Siloam Hospitals Mampang.

Terlebih dari itu, katanya, Danone Indonesia juga mendukung kecukupan hidrasi para tenaga kesehatan dan pasien di rumah sakit dengan mendonasikan 10.500 boks produk air minum dalam kemasan AQUA yang akan tersebar di jaringan Siloam Hospitals di beberapa kota.

Bantuan ini akan mendukung usaha-usaha yang telah dilakukan Siloam Hospitals Group dalam penanggulangan Covid-19 yang saat ini turut terlibat aktif membantu pemerintah dalam usaha menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Rumah sakit tersebut menyediakan pelayanan swab test (dengan pilihan durasi hasil tes 24 jam, 72 jam, dan 7 hari) dan rapid test atau tes antibodi yang juga tersedia di 38 RS Siloam.

Selain pelayanan tes, Siloam Hospitals Group juga telah selesai membangun dan sepenuhnya mengoperasikan dua rumah sakit khusus rujukan Covid-19, yaitu Siloam Hospitals Kelapa Dua (berlokasi di Tangerang dengan kapasitas 214 tempat tidur) dan Siloam Hospitals Mampang (berlokasi di Jakarta Selatan dengan kapasitas 415 tempat tidur).

Sejak awal merebaknya isu kesehatan ini, Danone Indonesia juga telah berkomitmen menyalurkan bantuan senilai total Rp 30 miliar dalam beragam bentuk melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Di antaranya kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan APD dan sarana sterilisasi, kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk memproduksi dan membagikan disinfektan dan cairan pembersih tangan.

Selain itu bantuan alat pelindung diri (APD) untuk pemerintah dan berbagai rumah sakit, hingga penyediaan makanan bergizi bagi tenaga medis dan kelompok rentan, seperti pekerja non-formal, lansia, ibu hamil, dan anak-anak berusia di atas satu tahun.

“Kami berharap bantuan ini dapat memperkuat komitmen dan kapasitas Siloam Hospitals Group serta seluruh tenaga kesehatan yang berjuang setiap harinya,” kata Vera.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Agar Pemilu Adem, Apkasi Gelar Selawatan di Berbagai Daerah
apahabar.com

Nasional

Pembunuh Calon Pengantin di Kandangan Terancam Hukuman Mati!
apahabar.com

Nasional

Heboh Bajakah, Pasien Kanker Rela Tunda Pengobatan Medis
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Kenaikan Gaji PNS Bulan Depan
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Banyuwangi Siap Terapkan Prakondisi Normal Baru Sektor Pariwisata
apahabar.com

Nasional

25 Terduga Teroris yang Diamankan di Palangkaraya dan Gumas Jaringan Uzla
apahabar.com

Nasional

Kabar Gembira! BIN, Kemenkes dan Unair Percepat Uji Coba Obat Covid-19
apahabar.com

Nasional

Respon Prabowo Soal Kasus Asabri, Prajurit TNI Diminta Tenang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com