Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Banjar Public Initiative Bantu Makanan Pembuka untuk Mahasiswa Perantauan di Banjarmasin

- Apahabar.com Kamis, 30 April 2020 - 14:53 WIB

Banjar Public Initiative Bantu Makanan Pembuka untuk Mahasiswa Perantauan di Banjarmasin

Penyaluran paket makanan berbuka untuk mahasiswa perantauan di Banjarmasin. Foto-Banjar Public Initiative (BPI) for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Imbas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Banjarmasin membuat sejumlah mahasiswa perantauan terpaksa menunda mudik mereka. Tergerak dari situ, komunitas Banjar Public Initiative melakukan aksi peduli dengan membagikan 50 paket makanan berbuka puasa selama satu bulan penuh untuk mahasiswa.

“Gerakan ini kami beri nama ‘Rangkul Sahabat’. Karena kami lihat banyak yang berdonasi untuk tenaga medis dan masyarakat terpinggir, tetapi ada yang luput dari pandangan tersebut yaitu mahasiswa perantauan,” ungkap Riza Azwari selaku inisiator kepada apahabar.com, saat ditemui di Sekretariat Banjar Public Initiative (BPI), Kamis (30/4).

Sedikitnya, BPI mendata sebanyak 206 mahasiswa dari lintas perguruan tinggi di Banjarmasin yang hidup sebagai anak kost-kostan. Sistem kuliah daring membuat mereka bertahan merantau untuk menghindari kendala jaringan yang sulit saat berada di kampung halaman.

“Awalnya kami buat google form dan disebar ke grup-grup. Selang beberapa jam, yang masuk 206 data. Lalu kami tutup karena takutnya nanti tidak ter-back up semua,” terang mahasiswa Administrasi Bisnis FISIP ULM ini.

Dalam kondisi normal, mahasiswa kerap memanfaatkan momen berbuka yang disediakan secara cuma oleh masjid-masjid yang ada di Banjarmasin. Sejak pandemi Covid-19 semakin meluas, pemerintah memutuskan untuk meniadakan aktivitas yang mengundang kerumunan termasuk kegiatan ibadah seperti salat tarawih dan berbuka puasa bersama.

“Kami coba datangi masjid-masjid, siapa tau ada dana untuk mengcover dan menyalurkan ke mereka. Tapi ternyata mereka (masjid) menutup untuk zakat maupun donasi lainnya,” ungkap dia.

Angin segar mereka dapatkan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel yang memberikan donasi untuk aksi sosial ini. Donasi tersebut mampu untuk mencukupi pembagian 50 paket makanan siap saji selama 2 minggu dan 25 paket sembako.

“Berselang 2 hari, ada berita baik lagi bahwa ini bisa dilaksanakan full satu bulan. Kami juga mengajak teman-teman Ikatan Mahasiswa Banjarmasin (Ikmaban) selaku tuan rumah yang paham bagaimana geografis di sini,” imbuhnya.

Bersama Ikmaban, mereka mulai mendata dan mengelola siapa saja yang berhak mendapatkan paket makanan siap saji dan sembako. Termasuk estimasi penyaluran yang dilakukan langsung (door to door) untuk menghindari perkumpulan.

“Kalau 50 paket berbuka, insyaallah setiap hari ada. Tetapi paket sembako hanya 25, itu akan kami bagikan kepada mahasiswa yang berasal dari luar Kalimantan dan ada juga yang berasal dari negara tetangga,” papar dia.

Menariknya, bantuan ini tidak hanya dibagikan kepada mahasiswa muslim yang menjalankan ibadah puasa saja. Tetapi juga termasuk mahasiswa non muslim.

“Ini based on humanity. Bantuannya tidak berbatas ras, suku dan agama. Semuanya yang membutuhkan kita bantu. Seperti salah satu teman kita non muslim dari Ambon yang kita berikan sembako juga,” sebut dia.

BIP dan Ikmaban juga terbuka bagi siapa saja yang mau ikut berdonasi dalam gerakan ini. Selain ACT Kalsel, sebagian juga merupakan donasi pribadi dari mahasiswa yang berkecukupan. Gerakan kepedulian ini rupanya turut menginspirasi sekumpulan mahasiswa Banjarbaru untuk melakukan hal serupa.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Turki Puji Sistem Kesehatan Haji Indonesia, Sejumlah Negara Belajar
apahabar.com

Kalsel

Patuhi Good Corporate Governance, PT Selabak Estate Serahkan Bantuan untuk Kampung Tangguh Banua
apahabar.com

Kalsel

Tak Difungsikan, Pos Kesehatan di Dusun Lipon Kotabaru Bak Rumah Hantu!
apahabar.com

Kalsel

Tarif Tiket Pesawat hingga Minimnya Tempat Wisata Picu Kurangnya Wisatawan ke Banjarmasin
Habib Banua

Kalsel

Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Tanaman Dirusak, Warga di Kotabaru Tuntut Ganti Rugi ke Perusahaan Tambang
apahabar.com

Kalsel

Dinkes Balangan Gelar Lomba Balita Indonesia Tingkat  
Banjir

Kalsel

Banjir di Tabalong Meluas, Debit Air Naik dan Berarus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com