Jadwal Liga Champions Malam Ini, Liverpool, City, Real Madrid, Inter, Live SCTV, Barcelona vs Juventus Besok! Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah

Bank Kalsel Berikan Restrukturisasi Kredit untuk Nasabah

- Apahabar.com Selasa, 7 April 2020 - 13:47 WIB

Bank Kalsel Berikan Restrukturisasi Kredit untuk Nasabah

Ilustrasi. Foto-Industry.co.id

apahabar.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel akan memberikan restrukturisasi kredit atau upaya perbaikan yang dilakukan dalam kegiatan perkreditan terhadap debitur yang mengalami kesulitan memenuhi kewajibannya akibat penyebaran Covid-19.

Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Sabaruddin, mengatakan kebijakan itu diambil sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK).

Berdasarkan kebijakan POJK No. 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional, Bank Kalsel akan membuka peluang bagi pelaku usaha yang meminjam kredit usahanya di Bank Kalsel untuk melakukan restrukturisasi kreditnya sepanjang mereka teridentifikasi atau terdampak Covid-19.

Lalu, bagaimana restrukturisasi tersebut diterapkan? Agus mengatakan skema restrukturisasinya dapat bervariasi dan sangat tergantung dari hasil penilaian terhadap profil dan kapasitas membayar debiturnya.

Bagi debitur yang sebelumnya lancar dalam membayar kredit, namun karena wabah Covid-19 usahanya menurun, maka akan dibantu bank dengan menawarkan skema restrukturisasi yang tepat, baik dari sisi jangka waktu, besaran cicilan ataupun relaksasi bunga.

Akan tetapi, agar dapat dipahami oleh masyarakat bahwa pemberian kebijakan restrukturisasi harus dilaksanakan secara bertanggungjawab.

Bank Kalsel tidak ingin terjadi moral hazard atau dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Bank Kalsel juga berupaya menghindari pemberian restrukturisasi yang tidak bertanggungjawab dengan memberikan kebijakan restrukturisasi kepada nasabah yang sebelum merebaknya Covid-19 sudah dianggap bermasalah.

“Tindakan tersebut dinilai oleh POJK No. 11/POJK.03/2020 sebagai tindakan yang tidak terpuji, yang ini harus dihindari oleh bank,” tambahnya.

Melalui kebijakan restrukturisasi kredit, diharapkan Bank Kalsel bisa bersama-sama pemerintah daerah dan pemerintah pusat, saling bahu-membahu melawan wabah Covid-19.

Bank Kalsel juga akan berusaha membantu upaya menstabilkan perekonomian agar tidak terpuruk lebih dalam, karena bisa ditopang oleh sektor perbankan dan sektor riil.

“Melalui restrukturisasi kredit ini sektor jasa keuangan dan dunia usaha diharapkan mampu bertahan sambil menunggu tuntasnya tugas pemerintah menghalau wabah COVID-19 secepatnya,” jelasnya.

Bagi debitur Bank Kalsel yang ingin mengajukan restrukturisasi, wajib mengajukan permohonan restrukturisasi yang disampaikan secara tertulis dan
melengkapi dengan data yang diminta oleh pihak bank.

Selain itu, debitur bersangkutan wajib datang ke kantor cabang atau cabang pembantu dimana dulu kreditnya dibiayai.

“Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kami persilahkan debitur atau nasabah menghubungi atau mendatangi kantor cabang atau capem terdekat, guna mendapat penjelasan lebih lanjut terkait kebijakan restrukturisasi bagi debitur yang terkena dampak Covid-19 ini,” tuturnya.

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Menaker: Subsidi Gaji di Bawah Rp 5 Juta Diluncurkan Besok

Nasional

Tragedi Wiranto, Polda Kalsel Perketat Pengamanan Pejabat Negara
apahabar.com

Nasional

Persiapan UN Kalsel Capai 90 Persen
apahabar.com

Nasional

Viral, Aksi Bule Atur Lalu Lintas yang Bikin Warga Malu
apahabar.com

Nasional

Penyanyi Yopie Latul Meninggal Dunia karena Covid-19
apahabar.com

Nasional

Tertangkap di Kolong Rumah, Pelaku Pencabulan Anak Dihajar Massa
apahabar.com

Nasional

Kerusuhan Pecah di Manokwari, Gedung DPRD Terbakar
apahabar.com

Nasional

Nadiem Sederhanakan Persyarat Bantuan Kuota Internet, Simak Rinciannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com