Penumpang Kapal Feri Kotabaru-Batulicin Menyusut 60 Persen Rayakan HUT ke-60, Bank Bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin Pj Gubernur Kalsel: Larangan Mudik Berlaku Lintas Provinsi dan Kabupaten Momen Ramadan, Hipmi Tanah Bumbu Bagikan Ribuan Paket Bapok untuk Duafa

Begini Cara Warga di Pelosok Kabupaten Banjar Menangkal Corona

- Apahabar.com Minggu, 12 April 2020 - 19:45 WIB

Begini Cara Warga di Pelosok Kabupaten Banjar Menangkal Corona

Aparat dan warga Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk membentuk Desa Tangguh dan Tanggap Covid-19, mencegah terpapar dari virus corona. Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Meski agak terpencil, namun Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar ini begitu tanggap menghadapi mewabahnya virus corona atau Covid-19.

Buktinya, aparatur desa setempat bersama sejumlah relawan membentuk Desa Tangguh dan Tanggap Covid-19.

Berbagai upaya pencegahan corona virus disease (Covid-19) dilakukan, agar tidak masuk ke desa mereka.

Mulai dari menyiapkan air dan sabun cuci tangan bagi warga, melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum, termasuk melakukan pengukuran suhu tubuh warga yang memasuki desa mereka.

“Tujuannya untuk menjaga warga desa agar tidak terpapar virus corona, dan ikut memutus mata rantai penyebaran virus,” jelas Pj Kepala Desa Abumbun Jaya, Misransyah, Minggu (12/04).

Ia menjelaskan, terdapat tiga posko yang dibangun di pintu masuk desa. Setiap posko ada relawan yang berjaga secara bergiliran dua sift, mulai pukul 07.00 sampai 14.00 Wita dan dari pukul 14.00 sampai dengan 21.00 Wita.

“Posko ini sudah beroperasi sejak 9 April lalu dan diresmikan oleh Camat Sungai Tabuk, Ahmad Rabani,” tutur Misransyah.

Posko 1 di jalan masuk menuju Kantor Camat Sungai Tabuk dan Polsek Sungai Tabuk, posko 2 di jalan masuk menuju permukiman Trans AL, dan posko 3 merupakan posko induk di dekat kantor Desa Abumbun Jaya.

“Setiap hari ada 17 orang petugas yang berjaga. Kami juga bersinergi dengan aparat keamanan Babinsa dan Babinkamtibmas setempat, serta para petugas kesehatan dari Puskesmas,” papar Misransyah.

“Kita harapkan dengan adanya upaya ini, maka desa kita bebas dari corona, dan tidak ada warga yang terpapar,” tutupnya.

Sebelumnya Sekda Banjar HM Hilman mengatakan, Pemkab Banjar telah mempersiapkan desa tanggap dan tangguh yang membantu mensosialisasikan imbauan pemerintah dan mendata warga yang datang dari luar daerah.

“Sudah ada 210 desa yang sudah siap dari total 290 desa dan kelurahan yang insya Allah pada minggu ini akan tuntas. Apabila tuntas nantinya bisa mengendalikan mobilitas orang dan mengetahui kondisi di wilayahnya masing-masing,” tuturnya, Sabtu (12/04).

Hilman yang juga jabat Ketua Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid-19 (TGPPC) Banjar menambahkan, jika semua berjalan maka sangat mungkin Kabupaten Banjar lebih cepat bebas dari Covid-19.

“Dalam mewujudkan semua itu, tentu tidaklah mudah, perlu waktu dan pengorbanan serta dukungan semua pihak,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini Kabupaten Banjar termasuk zona merah Covid-19. Secara rinci, terdapat 94 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 4 orang positif Covid-19. Kemudian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil, serta ada 107 yang selesai pemantauan.

apahabar.com

Aparat dan warga Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk membentuk Desa Tangguh dan Tanggap Covid-19, mencegah terpapar dari virus corona. Foto-istimewa

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Aprianoor

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjar

Kabupaten Banjar

Selang 4 Jam, Banjar Kembali Membara, 10 Rumah dan Motor Ludes Terbakar!
banjir

Kabupaten Banjar

Waspada Banjir, 4 Kecamatan di Banjar Alami Kenaikan Debit Air
vaksinasi

Kabupaten Banjar

Support Vaksinasi, Dirpol PP dan Linmas RI Kunjungi Pemkab Banjar
apahabar.com

Kabupaten Banjar

BNPB Bertandang ke Kabupaten Banjar, Gugus Tugas Minta Alat Swab Test Diperbanyak
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pilkades Sudah Dekat, Kapolsek Pastikan Sungai Tabuk Kondusif
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Persiapan Hanya 3 Hari, Kontingen Kabupaten Banjar Raih Juara Umum MTQ Suara Emas ke-IV Tingkat Provinsi di Balangan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Selama Pandemi, Aplikasi LAPOR Banyak Terima Aduan Ini
Ketua DPRD Banjar

Kabupaten Banjar

Ketua DPRD Banjar: 100 Hari Program Bupati Harus Penangan Pascabanjir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com