LSM Laporkan Denny Indrayana ke Bawaslu, Terindikasi Kampanye Jelang PSU Si Jago Merah Ngamuk di Cempaka 7 Banjarmasin, Jemaah Salat Tarawih Berhamburan Tensi Politik Memanas, Bawaslu RI Turun Gunung ke Kalimantan Selatan Buntut Video Guru Wildan, Bawaslu Klarifikasi PWNU Kalsel Resmi! PPKM Mikro di Banjarbaru Kembali Diperpanjang hingga 19 April

Begini Langkah Gugus Tugas Melacak Kasus Covid-19 di Kalsel

- Apahabar.com Selasa, 28 April 2020 - 16:06 WIB

Begini Langkah Gugus Tugas Melacak Kasus Covid-19 di Kalsel

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, HM Muslim. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Memasuki bulan kedua pasca temuan kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan, tim Gugus Tugas gencar melakukan pelacakan (tracing) pada orang yang menunjukkan gejala tertular maupun kontak erat dan riwayat perjalanan terhadap penyebaran virus Corona.

Data terakhir menunjukkan sudah ada 150 kasus positif di Kalsel dengan tingkat kematian sebanyak 8 kasus, sedangkan 16 orang yang dinyatakan sembuh.

Baik orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) juga menunjukkan perubahan jumlah setiap harinya. Terbilang masif, namun ini menunjukkan upaya cepat dari tim Gugus Tugas untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Kalsel.

Langkah pertama yang dilakukan Gugus Tugas dalam melakukan tracing adalah dengan menggunakan alat deteksi cepat (Rapid Test). Secara berkala, Kementerian Kesehatan telah mendistribusikan ribuan Rapid Test yang kemudian akan disalurkan ke Kabupaten/Kota se-Kalsel.

“Pemanfaatan Rapid Test sudah terdistribusi sebanyak 5.200,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, HM Muslim dalam siaran persnya belum lama ini.

Ribuan Rapid Test itu kemudian disalurkan ke masing-masing Kabupaten/Kota melalui Dinas Kesehatan maupun Rumah Sakit yang telah ditunjuk. Laporan menyebutkan, sudah terdata 3.029 dan 373 di antaranya menunjukkan hasil reaktif atau sebesar 12,31 persen.

Satu persatu wilayah juga mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dimulai dari Banjarmasin, lalu menyusul zona-zona merah lainnya seperti Banjarbaru yang sudah mendapat persetujuan oleh Gubernur Kalsel.

Teknis penjagaan di perbatasan ini nantinya akan diterapkan atas koordinasi Gugus Tugas Provinsi maupun Kab/Kota yang bersangkutan. Setiap kedatangan akan dideteksi, ditelusuri hingga dilakukan analisa terhadap orang-orang yang melintas perbatasan tersebut.

Dari 13 Kab/Kota di Kalsel, hanya Hulu Sungai Utara yang belum terjadi kasus positif maupun orang yang menjadi PDP Covid-19. Meski kondusif, Gugus Tugas tetap mendorong agar meningkatkan upaya tracing, khususnya terhadap kluster perjalanan Gowa.

“Kami sampaikan kepada teman-teman di HSU, mereka melaporkan dan memang belum ditemukan adanya kontak dari wilayah terjangkit. Mereka tetap melakukan surveilans aktif,” terangnya.

Pemetaan terus dilakukan Gugus Tugas baik melalui tracing, tracking maupun mitigasi terhadap kontak dan kluster-kluster tertentu. Selain Rapid Test, deteksi juga melalui diagnosa laboratorium dengan metode Polymerase chain reaction (PCR).

“Kelompok-kelompok ini yang kita petakan. Sesuai dengan kriteria tertentu yang harus kita lakukan karantina atau isolasi yang dilakukan perawatan di rumah sakit sesuai dengan kondisi dari pasien yang bersangkutan,” jelas dia.

Evaluasi juga terus dilakukan dengan cara meningkatkan penelusuran terhadap kontak-kontak tersebut. Apabila berjalan lancar, maka Gugus Tugas dapat memperhitungkan puncak dari pandemi Covid-19 ini.

“Kemungkinan juga bagaimana penurunan kasus ini dapat kita prediksi dengan catatan ada beberapa variabel yang harus diperhitungkan, di antaranya ketaatan masyarakat untuk tetap berada di rumah,” ungkapnya

Gubernur Kalsel melalui Gugus Tugas juga berharap, imbauan akan menjaga batasan jarak dan menghindari kerumunan untuk dapat dipatuhi. Seperti halnya memantapkan koordinasi dan penegasan kedispilinan pada kegiatan sosial maupun keagamaan.

Reporter : Musnita Sari
Editor:Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Wow, Puluhan Bidadari Bakal Sambut Slank di Bandara Syamsudin Noor

Kalsel

Akan Berangkat ke Timur Tengah, Tiga TKI Ilegal Diamankan di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Cari Tahu Tentang Pengelolaan Aset, Wakil Rakyat Madiun Sambangi DPRD Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Sampanahan Kotabaru Terendam, Ratusan Keluarga Terdampak
banjir tabalong

Kalsel

Banjir di Haruai Tabalong, Petugas Gabungan Salurkan Makanan dengan Berenang
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Titik Panas Mulai Bermunculan di Kalsel
Ibnu Sina

Kalsel

Pengalaman Ibnu Sina Divaksin Sinovac: Menunggu Reaksi Usai Disuntik
apahabar.com

Kalsel

Warga Balangan Dapat Pelayanan Spesial dari BPJS Kesehatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com