Dilaporkan Tim 2BHD, Erfan Instruksikan Bawaslu Kotabaru Rapatkan Barisan Api Berkobar di Bantuil Batola, 9 Rumah Jadi Arang Bupati Anang Resmikan SAMTA, Sekolah Alam Perdana di Tabalong Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron

Belum Ada Transmisi Lokal, Puluhan ODP di Tapin Rela Diisolasi

- Apahabar.com Sabtu, 18 April 2020 - 17:15 WIB

Belum Ada Transmisi Lokal, Puluhan ODP di Tapin Rela Diisolasi

Seorang petugas perawat tengah memantau kondisi ODP Klaster Gowa. Pengawasan dilakukan 1x24 jam. Foto-apahabar.com/Fauzi Fadillah

apahabar.com, RANTAU – 24 orang dalam pemantauan atau ODP di Tapin dinyatakan reaktif Covid-19. Itu dari hasil tes cepat atau rapid tes.

Terbaru, ODP dari klaster Gowa itu menyatakan diri secara sukarela untuk diisolasi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin.

Isolasi dilakukan demi mengantisipasi terjadi transmisi lokal penularan Covid-19. Juga memudahkan tim memantau kondisi medis mereka.

Sejauh ini baru ada tiga wilayah yang ditetapkan sebagai transmisi lokal. Masing-masing Kota Banjarmasin, dan Banjarbaru, serta Kabupaten Barito Kuala.

Tapin tak termasuk di antaranya sekalipun memiliki dua pasien terkonfirmasi positif.

Sebelumnya Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Tapin, Alfian Yusuf meralat jumlah ODP yang disiarkannya melalui Tapin TV, saluran informasi milik pemerintah daerah.

“26 sebenarnya. Tapi 2 pindah domisili ke Kabupaten Tanah laut, sudah kita konfirmasikan ke sana. Penjemputan (warga reaktif Covid-19) akan dilaksanakan secara berangsur atau bertahap” ujar Kepala Dinas Kesehatan itu.

Tak ada kendala untuk mengisolasi 24 ODP reaktif Covid-19 karena mereka telah merelakan diri.

“Hari ini akan dijemput. Alhamdulillah yah, sudah ada komunikasi yang baik dari petugas puskesmas. Pasien sendiri yang menyatakan siap untuk dijemput, hal ini menunjukkan bahwa ada kesadaran yang tinggi dari pasien,” terang Alfian.

Selain tempat yang layak, Alfian menjamin konsumsi yang bagus untuk warga yang diisolasi di SKB Dinas Pendidikan di Jalan Jenderal Sudirman Bypass Rantau itu.

“Tenaga kesehatan akan sangat membantu di sana , menunya bagus penuh energi, tinggi protein, tinggi vitamin C, tinggi vitamin E untuk daya tahan tubuh. Kebutuhan dasar manusia, di sini (SKB) terjamin lah,” ungkapnya

Disampaikan Alfian, untuk menu yang disajikan nanti adalah rekomendasi oleh ahli gizi. Dari Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Indonesia cabang Tapin.

Untuk pengambilan sampel swab terlebih dahulu Dinas Kesehatan Tapin akan mengambil alat penyimpan sampel swab ke Dinas Kesehatan Kalsel.

“Hari Senin atau Selasa mendatang petugas kesehatan siap untuk mengambil sampel swab dari 24 ODP yang diisolasi di SKB Dinas Pendidikan,” ujar Alfian.

Untuk aktifitas di SKB terpantau normal tidak ada indikasi ODP mengalami tekanan psikis atau stres.

“Semuanya klaster Gowa, mudahan tidak ada transmisi lokal makanya ini adalah salah satu yang kita upayakan karena semua kabupaten menerapkan hal yang sama untuk klaster dari Makassar ini untuk diisolasi,” ujarnya.

Harapan Alfian, masyarakat untuk tetap menjalankan anjuran pemerintah misalnya sosial, dan pyhcical distancing. Serta mengamalkan perilaku hidup sehat sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

“Peran masyarakat sangat penting dalam situasi ini. Kita harapkan pandemi ini cepat berlalu. Amiin,” ujarnya mengakhiri.

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

4 PDP Tambah Daftar Positif Covid-19 di Batola
apahabar.com

Kalsel

Potensi Hujan Disertai Petir di Kalsel Masih Terjadi, Waspada Tiga Daerah Ini
apahabar.com

Kalsel

Polsek Anjir Pasar Polres Batola Kampanye Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan
apahabar.com

Kalsel

BSF 2019 Sukses Digelar,  Rp866,3 Juta Transaksi Mengalir

Kalsel

Rumah Zakat Kalsel Salurkan APD untuk Tim Medis
apahabar.com

Kalsel

4 Jemaah Haul Guru Sekumpul Sakit, Salah Satunya Hampir Step
apahabar.com

Kalsel

Jenguk Syekh Ali Jaber Pasca Penusukan, Menko Polhukam Mahfud Md: Percayakan pada Aparat
apahabar.com

Kalsel

Hepatitis A Serang 53 Siswa SMPN 4 Banjarbaru, Dinkes: Bukan KLB
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com