Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Buka Musrenbang, Paman Birin Paparkan Capaian Kalsel Selama 2020

- Apahabar.com Selasa, 28 April 2020 - 14:18 WIB

Buka Musrenbang, Paman Birin Paparkan Capaian Kalsel Selama 2020

: Capture Video Conference Musrenbang Kalsel 2021. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kalsel 2021 lewat video conference, Selasa (28/4).

Dalam sambutannya, Paman Birin turut memaparkan sejumlah pencapaian yang telah diraih dalam masa kepemimpinannya.

“Dalam 4 tahun terakhir ini kita berhasil mencapai sasaran pembangunan yang cukup menggembirakan di tengah ekonomi dunia yang berat dan melambat, serta pengaruh perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat,” ucapnya.

Selama periode tersebut, pertumbuhan ekonomi Kalsel mampu bertahan sebesar 4,08 persen pada 2019 lalu. Selain itu, tingkat pengangguran dan kemiskinan juga terus berkurang.

“Lebih rendah dari rata-rata kemiskinan secara nasional,” ujarnya.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari tahun ke tahun juga terus meningkat, mencapai angka 70,72 persen. Selain itu, Indeks Kualitas Hidup Kalsel turut membaik dengan angka 62,06 persen.

Mengambil tema “Mendorong investasi untuk transformasi ekonomi Kalsel sebagai gerbang ibu kota negara”, Musrenbang kali ini juga diharapkan dapat memberikan perencanaan maupun program yang mampu mempercepat pemulihan kondisi daerah pasca pandemi Covid-19.

Pada 2021 mendatang, dia berharap pembangunan terus maju dan dikembangkan lagi.

“Susunlah pembangunan dengan cermat, baik di lingkungan Pemprov maupun Kabupaten/Kota Kalsel. Rencanakan program dan kegiatan yang mampu mempercepat pemulihan, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun kesehatan masyarakat,” paparnya

Masifnya penyebaran virus Corona, tak luput membuat sektor bisnis dan usaha ikut tergerus. Di sini, dia mendorong agar para pemilik modal dapat berinvestasi untuk membuat pengusaha kecil dapat bangkit dari keterpurukan.

“Tetapkan skala prioritas. Tidak semua SKPD, kita tau mendapatkan anggaran yang sama besar. Kita harus mengoptimalkan segala kebijakan,” lanjut dia.

Di sisi lain, permasalahan dan isu-isu pembangunan juga diharapkan ada andil keikutsertaan dari seluruh pihak. Baik dengan turun langsung ke desa-desa maupun dari hasil reses anggota DPR RI.

“Hal itu mesti kita kolaborasikan dalam program masing-masing sektor pembangunan,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Paman Birin juga mengucapkan apresiasi dan selamat kepada beberapa daerah yang mendapat predikat perencanaan dan pencapaian pembangunan terbaik di Kalsel.

Dia berharap prestasi tersebut dapat menjadi motivasi untuk daerah lain demi pembangunan yang lebih baik.

“Kepada wali kota Banjarbaru, Bupati Balangan, Bupati Tanah Laut dan Bupati Tanah Bumbu, saya mengucapkan selamat atas pembangunan daerah di 2020 ini. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bersama untuk melanjutkan pembangunan lebih baik,” tutupnya.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Gegara Covid-19, Puluhan Proyek di Kalsel Gagal Tender
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Sambut Ramadan, Pemprov Kalsel Launching Pasar Murah ‘Door To Door’
apahabar.com

Pemprov Kalsel

HUT Ke-70 Pemprov Kalsel, Siap-Siap Swab Massal Esok
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Cegah Kepanikan, Dinkes Kalsel Buka Hotline Virus Corona
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Dukung Belajar #dirumahaja, Dispersip Hadirkan Aplikasi iKalsel
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Paman Birin Lepas Peserta Event Sepeda Terbesar di Kalsel
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Pagi-Pagi Kalsel Pulangkan Puluhan Nakes Sembuh, Paman Birin: Kabar Istimewa
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Target 10 Ribu Tes Usap di Kalsel, Wali Kota Banjarmasin Beri Saran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com