Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Bupati Balangan Bagi-Bagi Sertifikat Tanah Gratis

- Apahabar.com Minggu, 26 April 2020 - 16:45 WIB

Bupati Balangan Bagi-Bagi Sertifikat Tanah Gratis

Bupati Balangan H Ansharuddin menyerahkan 51 sertifikat tanah secara simbolis kepada warga Desa Baruh Panyambaran di Kecamatan Halong. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Bupati Balangan H Ansharuddin menyerahkan 51 sertifikat tanah secara simbolis kepada warga Desa Baruh Panyambaran di Kecamatan Halong

Penyerahan sertifikat tersebut merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang digalakkan oleh pemerintah pusat.

Program PTSL itu tertuang dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

Juga termaktub dalam instruksi presiden nomor 2 tahun 2018 tentang percepatan pendaftaran tanah sistematik lengkap seluruh wilayah indonesia.

Menurut bupati dengan adanya dua aturan itu pemerintah daerah wajib menyelenggarakan pendaftaran tanah di seluruh wilayah lewat program PTSL.

Ansharuddin sangat mengapresiasi program pemerintahan ini karena sangat membantu masyarakat dan sejalan dengan program Presiden RI.

“Atas nama kepala daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada BPN yang telah memfasitilasi untuk pembuatan sertifikat tanah bagi warganya,” katanya.

Mantan Wabup Balangan dua periode itu pun mengungkapkan target pemerintah dalam pembuatan sertifikat ini sangat luar biasa.

Sepengetauannya pada tahun lalu mencapai 5.000 hektare untuk pembuatan sertifikat tanah.

“Sertifikat tanah merupakan legalitas kepemilikan tanah, jangankan gratis seperti sekarang ini bayarpun masyarakat mau membuatnya,” katanya.

Menurut Kepala BPN Balangan Roni L P Sitanggang, pemberian sertifikat oleh pemerintah benar-benar sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Sertifikat adalah pertanda legalnya tanah bapak/ibu yang dimiliki sekarang, bila prosesnya dilakukan benar insyallah sengketa tidak akan ada, dan kita juga tidak mau mewariskan sengketa kepada anak cucu kita,” ujarnya.

Roni menyebutkan secara bertahap akan dibagikan sebanyak 1.300 sertifikat. Untuk Desa Baruh Penyambaran ada sebanyak 301 sertifikat yang akan dibagikan.

“Hari ini oleh Bupati Balangan akan diserahkan secara simbolis sebanyak 51 sertifikat yang dibagikan dari rumah ke rumah,” terangnya.

Itu dilakukan tambahnya guna mendukung program pemerintah physical distancing akibat wabah virus Covid-19.

“Jadi warga cukup berada di rumah saja, biar kami yang datang ke rumah warga,” imbuhnya.

Disebutkannya, target hingga akhir tahun 2020 akan diselesaikan sebanyak 25 ribu sertifikat termasuk dari partisipasi masyarakat. (*)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Balangan

Bupati Balangan Serahkan Bantuan Rumah Program BSPS
apahabar.com

Pemkab Balangan

Salat Iduladha di Masjid Al Akbar, Ansharuddin: Sikapi Musibah dengan Sabar
apahabar.com

Pemkab Balangan

Jelang Pilkada, Ansharuddin Serahkan APD untuk KPU dan Bawaslu Balangan
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Terapkan Tambahan Penghasilan Pegawai Berbasis Kinerja
apahabar.com

Pemkab Balangan

Desa Buntu Karau Seleksi Petugas Perangkat Desa

Pemkab Balangan

Kisah Pilu Bocah 7 Tahun dari Paringin di Hari Ayah Nasional
apahabar.com

Pemkab Balangan

Mahasiswa Balangan dari China Dipastikan Sehat
apahabar.com

Pemkab Balangan

Cegah Penyalahgunaan Anggaran, Inspektorat Balangan Gelar Rakor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com