Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Cegah Covid-19, Anggaran Kunker DPRD Batola Dipangkas

- Apahabar.com Jumat, 10 April 2020 - 16:39 WIB

Cegah Covid-19, Anggaran Kunker DPRD Batola Dipangkas

Anggaran perjalanan dinas semua instansi di Batola direlokasi, termasuk untuk DPRD. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Mengantisipasi penyebaran Covid-19, sejumlah anggaran yang tak mendesak digeser Pemkab Barito Kuala. Termasuk di antaranya anggaran perjalanan dinas DPRD.

Pemangkasan tersebut mau tak mau harus dilakukan. Selain terkait kondisi darurat, pergeseran itu juga merupakan kebijakan pemerintah pusat.

Selanjutnya relokasi digunakan untuk peningkatan kapasitas penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi untuk menjaga keberlangsungan industri, serta jaring pengaman sosial.

Bahkan sanksi pun telah dilampirkan dalam aturan tersebut. Andai pemerintah daerah tak melakukan realokasi anggaran, pemerintah pusat berhak merasionalisasi dana transfer.

Adapun anggaran yang harus direlokasi antara lain perjalanan dinas, rapat, pendidikan dan pelatihan, bimbingan teknis, sosialisasi, workshop, lokakarya, seminar, atau kegiatan sejenis lain yang dapat ditunda.

Terutama perjalanan dinas, Batola menetapkan pengurangan 55 persen dari pagu belanja yang belum direalisasikan.

Melalui pemotongan tersebut, Batola lantas menganggarkan Rp20 miliar untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 tahap pertama, termasuk mengantisipasi dampak ekonomi.

Dari 47 instansi, Sekretariat DPRD Batola memiliki pagu paling besar dengan Rp17,2 miliar dan Rp3,3 miliar di antaranya sudah direalisasikan untuk berbagai keperluan, termasuk kunjungan kerja.

Lantas melalui rapat kerja dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), DPRD Batola sepakat memangkas anggaran sebesar Rp3,3 miliar.

Angka tersebut sedianya digunakan untuk bimbingan teknis dan perjalanan dinas antara April hingga Mei 2020.

“Oleh karena perjalanan dinas DPRD cukup besar, kami meminta pergeseran dilakukan bertahap. Pasca rapat kerja dengan TAPD, semua pihak sudah bersepakat,” tegas Ketua DPRD Batola, Saleh, Kamis (9/4).

Kendati belum memenuhi ketentuan 55 persen, DPRD Batola menjanjikan semua anggaran perjalanan dinas dapat dihabiskan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Seandainya Covid-19 berlanjut, semuanya (anggaran perjalanan dinas) pun diambil tidak masalah. Cuma kami meminta relokasi itu dilakukan bertahap per dua bulan,” tandasnya.

Guna menutupi kekurangan anggaran tahap pertama, Pemkab Batola menggunakan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA).

“DPR meminta relokasi anggaran perjalanan dinas dilakukan bertahap, karena itu merupakan kegiatan yang terbanyak,” sahut Abdul Manaf, Penjabat Sekretaris Daerah Batola.

“Mempertimbangkan deadline pengajuan anggaran yang jatuh 8 April 2020 dan hal lain, kami pun sepakat. Andaipun tak direlokasi, sebenarnya anggaran perjalanan dinas tak dapat digunakan dalam situasi sekarang,” tandasnya.

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Demo Setahun Jokowi di Banjarmasin: 5 Remaja Diamankan, Mahasiswa Respons Santuy
apahabar.com

Kalsel

Keinginan Penjaga Stand Minuman Duta Mall jika Bertemu Jokowi
apahabar.com

Kalsel

Kasus DBD di HST Meningkat, Kepala Dinas Kesehatan Angkat Bicara
apahabar.com

Kalsel

Dinilai Kuatkan Manajemen Media, Brigadir Okky Reza Hermawan Diganjar Piagam Penghargaan
apahabar.com

Kalsel

Baru Turun dari Pesawat, Pengemis Kotabaru Langsung Diamankan
apahabar.com

Kalsel

Bumdes Balida Ciptakan Wisata Pasar Budaya 
apahabar.com

Kalsel

Mardani H Maming Dukung Penuh HIPMI Tanah Bumbu Kembangkan UMKM
apahabar.com

Kalsel

Kawal Unjuk Rasa ARBAL, Personel Polda Kalsel Gelar Aksi Simpati
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com