Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Cuncung Desak Pemerintah Segera Periksa Seluruh Peserta Ijtima Ulama Asal Tanbu

- Apahabar.com Senin, 6 April 2020 - 18:46 WIB

Cuncung Desak Pemerintah Segera Periksa Seluruh Peserta Ijtima Ulama Asal Tanbu

Cuncung H. Maming saat meninjau jalannya pemeriksaan kesehatan kepada warga Batulicin yang kini berstatus ODP. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Anggota DPR RI, Syafruddin H. Maming, mendesak Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk segera melakukan pemeriksaan kepada peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia asal Kabupaten Tanah Bumbu.

“Ini rata-rata orang yang dari Gowa yang kena. Jadi saya meminta agar peserta yang ikut ijtima ulama itu segera dites kesehatannya. Begitupun dengan keluarganya,” kata Syafruddin kepada apahabar.com, Senin (6/4).

Pernyataan itu disampaikan Syafruddin atau Cuncung setelah 3 anggota Jamaah Tablig yang tercatat sebagai warga Kelurahan Batulicin ditetapkan sebagai ODP.

Cuncung sendiri ikut turun memantau jalannya pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tadi siang.

“Tadi saya ikut turun ke sana. Hasilnya reaktif. Tapi masih menunggu tes swap-nya,” ungkapnya.

Menurut pengakuan salah satu warga yang berstatus ODP, setibanya di Tanah Bumbu mereka memang sudah merasakan gejala demam. Namun, mereka mengira itu demam biasa.

“Saya dengar memang sudah ada gejala panas dan demam sepulangnya mereka dari Gowa. Ada batuk juga. Mungkin mereka berprasangka panasnya itu karena kelelahan di perjalanan. Sayangnya saat mereka datang tidak melapor,” jelasnya.

Meskipun orang yang bersangkutan tidak melapor, tetapi pemerintah segera melakukan langkah antisipatif dan sudah mendeteksi keberadaan warga yang menjadi peserta ijtima ulama tersebut.

Sebelumnya, instansi terkait juga menggelar rapat untuk meminimalkan penyebaran Covid-19. Kapolsek, Camat Batulicin serta instansi terkait lainnya juga ikut hadir dalam rapat tersebut.

Di sana, data warga Batulicin yang ikut serta dalam ijtima ulama sudah diketahui. Setelahnya, pemerintah memutuskan untuk melakukan langkah jemput bola.

“Yang terdata 4 orang dari Kelurahan Batulicin, Desa Polewali Marajae 4 orang, lalu Kelurahan Gunung Tinggi 3 orang. Jadi 11 ada orang khusus Kecamatan Batulicin yang jadi peserta ijtima. Akhirnya kami datangi rumahnya. Kami jemput bola,” jelasnya.

Lalu, untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi di tempat lain, Cuncung meminta instansi terkait baik puskesmas, kecamatan, Polsek dan Koramil untuk melakukan penjemputan.

“Langsung datangi orangnya. Yang kami lakukan di Batulicin seperti itu, kami tahu alamatnya, RT berapa, langsung kami datangi,” katanya, seraya berharap pemerintah daerah lebih sigap dalam melakukan penanganan Covid-19.

Koordinator Hubungan Masyarakat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Tanah Bumbu, Ardiansyah, memastikan pihaknya akan segera melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh peserta ijtima ulama asal Tanah Bumbu.

“Setelah ini mereka semua akan diperiksa dan kita pantau. Termasuk keluarganya,” tandasnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta Sambut Kedatangan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Malam Pergantian Tahun, Air Mancur Menari Taman Kamboja Diopersionalkan
Main Game Online, Polsek Utara Bubarkan Remaja dari Warnet

Kalsel

Main Game Online, Polsek Utara Bubarkan Remaja dari Warnet
apahabar.com

Kalsel

Bersih-Bersih di Pasar Sentra Antasari, Petugas Kumpulkan 13 Kontainer Sampah
apahabar.com

Kalsel

Peduli Sesama, IMO Kalseltengbar Gelar Donor Darah dan Bagi Parcel
apahabar.com

Kalsel

Haul Guru Sekumpul, Kapolda: Partisipasi Masyarakat Sangat Membantu
apahabar.com

Kalsel

Dongkrak IPM Kalsel, Gubernur Janji Tingkatkan Sektor Pendidikan
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Picis APD Tiba di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com