Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru Viral Jembatan Alalak II Patah Akibat Macet Parah, Cek Faktanya Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel

Dampak Sosial Covid 19 di HST, Bupati: Bansos Harus Tepat Sasaran

- Apahabar.com Jumat, 17 April 2020 - 18:27 WIB

Dampak Sosial Covid 19 di HST, Bupati: Bansos Harus Tepat Sasaran

Suasana video conference dengan Mensos RI di Auditorium Kantor Bupati HST, Kamis (16/4). Foto Prokom HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) HA Chairansyah mengharapkan bantuan sosial (bansos) disalurkan tepat sasaran untuk warga Bumi Murakata.

Bansos tersebut terkait dengan dampak sosial terhadap wabah virus korona covid 19 yang melanda.

Hal itu menyusul dengan rencana Kementerian Sosial (Kemensos) yang akan menyalurkan bansos bagi 9 juta keluarga se Indonesia. Besarannya Rp600 ribu per bulan.

Bansos dijadwalkan selama 3 bulan, terhitung mulai April, Mei dan Juni 2020. Porsi bansos untuk Kalsel sebanyak 170 ribu Kepala Keluarga (KK).

Porsi bansos itu, Menteri Sosial Juliari P Batubara menyebutkan berpedomaan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang termasuk dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) yang dimiliki Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) dengan Kemenaos RI

“Sumber asalnya tentunya dari masing-masing kabupaten kota se Indonesia yang mengirimkan data penduduk pra sejahteranya,” kata Juliari saat video conference dengan Pemkab HST, Kamis (16/4) sore.

Informasi dari Kepala Dinas Sosial, PPKB PPPA HST H Muhammad Yusuf menyebutkan, rekapitulasi jumlah masyarakat pra sejahtera untuk HST yang tidak menerima bansos sebanyak 17.575 keluarga (rumah tangga).

“Kalau dikalkulasikan ke dalam jumlah jiwa, sebanyak 40.772 jiwa (anggota rumah tangga),” kata Yusuf.

Sementara untuk rekapitulasi jumlah masyarakat pra sejahtera HST yang sudah menerima bansos, baik itu melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Pangan (BSP), Yusu menyebut sebanyak 11.450 keluarga.

“Kalau dikalkulasikan ke dalam jumlah jiwa sebanyak 44.551 jiwa,” jelas Yusuf.

Berdasarkan SK Menteri Sosial RI Nomor 19/HUK/2020 per 29 Januari 2020, rekapitulasi jumlah total masyarakat pra sejahtera se kabupaten HST adalah sebanyak 29.025 keluarga.

“Kalau dikalkulasikan ke dalam jumlah jiwa sebanyak 85.323 jiwa,” kata Yusuf.

Berdasarkan data penerima bansos itu, Chairansyah yang didampingi wakilnya, Berry dan Sekda HST Tamzil, menegaskan agar bantuan sosial harus tepat sasaran.

Jika memang sudah pasti terverifikasi dan valid, lanjut Chairansyah, bansos harus segera disalurkan. Secara teknis penyaluran bantuan harus berkoordinasi dengan semua pihak dan harus melibatkan aparat terkait, terutama gugus tugas dan TNI-Polri.

“Bansos diharapkan diantar sampai ke rumah penerima, sehingga benar-benar tepat sasaran dan kita bisa melihat kondisi real di lapangan terkait kondisi penerima manfaat bantuan sosial tersebut,” pesan Chairansyah kepada jajarannya.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jelang Pilkada 2020, Bupati HST Ingatkan Warga Jaga Kamtibmas dan Prokes
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Menuju KLA, Pemkab Gelar Rakor Gugus Tugas
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Putra-Putri Paskibraka Terpilih, Bupati HST: Tunjukkan Keteladanan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tingkatkan Pengetahuan, Seratus Penyuluh Agama Islam Dibina
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati HST Harapkan Peserta Berhasil Tempuh Tes SKD
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Makesta IPNU dan IPPNU, Wabup Berry: Harus Ada Kemajuan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tradisi Maulid di HST Ditiadakan? Ini Komentar Chairansyah
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Suling Pekan Ke-185, Wabup Berry Ingatkan Sanksi Langgar Prokes
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com