Rekonstruksi Pembunuhan Agus ‘Banteng’ di Pasar Kasbah Banjarmasin, Pelaku Utama Buron Melawan, Pembunuh Sadis di Warung Remang Bungur Didor Tim Serigala Tapin Pembunuhan Sadis di Warung Remang Bungur Tapin, Pelaku ‘Lagi Tinggi’ Buron, Ketua Nasdem Tanah Laut Orbawati Sempat Ngeluh Sakit Dibui Seumur Hidup, Gembong Sabu Banjarmasin Pindah ke Nusakambangan?

Dear ODP Klaster Gowa di Banjarmasin, Please Segera Melapor!

- Apahabar.com Senin, 6 April 2020 - 13:56 WIB

Dear ODP Klaster Gowa di Banjarmasin, Please Segera Melapor!

Para peserta Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan, akhir Maret lalu. Tiba di Gowa mereka yang berasal dari penjuru tanah air itu langsung dikarantina oleh pemerintah setempat seiring pandemi Covid-19. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Pengidap Covid-19 di Kalimantan Selatan angkanya naik dua kali lipat. Hingga kini 16 pasien dinyatakan Covid-19.

Peningkatan jumlah pengidap Covid-19 itu diduga kuat berasal dari satu rangkaian acara, yakni Itjima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan, akhir Maret lalu.

Meski akhirnya batal, ratusan warga dari Kalimantan Selatan kadung datang ke Gowa dan berbaur dengan ribuan jemaah dari penjuru belahan dunia. Mereka akhirnya diisolasi sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

Dari ratusan jemaah itu 79 di antaranya berasal dari Banjarmasin. Mereka diduga telah kembali ke Kota Seribu Sungai.

“Semua orang itu kita pantau secara langsung dan [baru] sebagian sudah melaporkan diri,” Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengonfirmasikan, Senin (6/4).

Dari data itu Ibnu memastikan sebanyak 40 jemaah telah mengikuti tes cepat atau rapid test. “Hasil negatif [Covid-19],” pungkasnya.

Ibnu Sina meminta kepada para peserta itu untuk segera melapor. Sejurus itu mengkarantina diri secara mandiri. Hingga 14 hari ke depan. Selama itu aktivitas atau kontak langsung dengan kerabat atau warga sekitar tidak diperkenankan.

Pasalnya satu pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin memiliki kaitan dengan klaster Gowa. Ia merupakan pasien berusia 57 tahun dengan kode Ulin-33.

Selain Gowa, Ibnu Sina juga melaporkan ada temuan klaster lain terkait penularan Covid-19 di Banjarmasin.

Salah satunya rombongan pasien yang dirawat di ruang isolasi RSUD Ulin Banjarmasin. Mereka semua dikonfirmasikan positif Covid-19.

Rombongan itu diduga tertular karena berinteraksi langsung dengan Ulin-1, pasien positif Covid-19 pertama di sana.

“Bagi klaster yang lain di Banjarmasin segera melapor, jika tidak, kita minta aparat baik babhinsa (TNI) dan bhabinkamtibmas (Polri) untuk memaksa mereka agar mengarantina diri,” tegas Ibnu Sina.

Soal Klaster Gowa sebelumnya juga sudah menjadi perhatian DPR RI. Anggota DPR RI, Syafruddin H Maming mengimbau kepada seluruh jemaah tablig untuk melaporkan dirinya ke petugas.

“Saya harap bagi mereka yang melakukan perjalanan ke Gowa untuk mengikuti ijtima ulama beberapa waktu lalu, agar melaporkan dirinya ke tim gugus Covid-19 di daerah masing-masing,” imbaunya.

Politikus PDI Perjuangan itu berharap semua peserta ijtima memiliki kesadaran untuk melaporkan dirinya. Sehingga bisa diperiksa dan terpantau oleh petugas.

Adapun lima Kecamatan di Banjarmasin sendiri sudah zona merah. Sebelumnya, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 asal Banjarmasin ada 10 orang. Nah, setengah di antaranya berasal dari Kecamatan Banjarmasin Utara. Itu sudah termasuk pasien Ulin-1

Karenanya, Ibnu meminta warganya untuk menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah. Untuk itu Pemkot Banjarmasin sudah menyiapkan aksi pembagian masker kepada warga sekitar.

“Mulai hari ini, bagi warga yang beraktifitas di luar rumah diharuskan memakai masker,” tuturnya.

apahabar.com

Infografis-apahabar.com/zulfikar

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Warga Desa Perbatasan Kotabaru Ramaikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional
apahabar.com

Kalsel

Demi Pilwali Banjarmasin, Kadis PUPR Siap Pensiun Dini!
apahabar.com

Kalsel

Bawaslu dan Gakkumdu Evaluasi Penanganan Pemilu 2019
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Banjar Tandatangani Integrasi Perencanaan dan Penganggaran
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Bakal Jadi Tuan Rumah TWKM Nasional ke- 31
apahabar.com

Kalsel

BPBD Banjar Imbau Masyarakat untuk Waspada Puting Beliung
apahabar.com

Kalsel

Sulit Diajak Bicara, Penjagal Bocah SD di Limpasu HST Dikirim ke RSJ
apahabar.com

Kalsel

Monumen Perang Banjar yang Kini Hilang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com