Ditangkap di Tabalong, Janda asal Ampah Kalteng Sudah Teler dari Amuntai Guru Danau Imbau Ulama Kalsel Tidak Berpolitik Praktis Puncak Pandemi, Berapa Limbah Infeksius Covid-19 di Kalsel? Amankan Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Siapkan 258 Personel Akhir 2024, Agropolitan Anjir Pasar Batola Ditarget Berdaya Saing

Dinsos Kalsel Distribusikan Puluhan Ribu Paket Sembako di Tengah Wabah Covid-19

- Apahabar.com Kamis, 9 April 2020 - 09:04 WIB

Dinsos Kalsel Distribusikan Puluhan Ribu Paket Sembako di Tengah Wabah Covid-19

Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani saat ditemui apahabar.com di ruang kerjanya. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Penyebaran virus Covid-19 mengakibatkan sederet event harus tertunda. Menyikapi penundaan tersebut, Dinas Sosial Kalimantan Selatan tetap menggelar program rutin pendistribusian pemenuhan kebutuhan pangan untuk masyarakat tidak mampu.

“Kami ada program pembagian sembako reguler yang setiap tahun dibagikan ke kabupaten/kota. Tahun ini ada empat event,” ucap Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani kepada apahabar.com, Rabu (8/4).

Even tersebut yaitu HKG PKK atau Hari Kesatuan Gerak PKK, Even Bulan Ramadan, Hari Jadi Provinsi, dan HKSN (Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. Walau beberapa dilaksanakan pada penghujung tahun, namun penyaluran bantuan mulai dilakukan dari sekarang.

“Kemarin telah diserahkan bantuan sembako, keliling ke Banua Anam, Banjar Tala, kemudian Kotabaru minggu depan,” paparnya

Sebanyak 3.571 paket sembako telah dibagikan. Namun secara keseluruhan dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan penanganan fakir miskin, total 15.570 paket sembako akan diberikan tahun ini.

“Dalam satu paket Sembako lengkap ada beras, gula, minyak goreng, susu, sirup, sarden dan lainnya yang bernilai Rp200 ribu,” sebut dia.

Untuk menghindari keramaian, pembagian dilakukan dengan sistem door to door. Tim pendamping akan memberikan bantuan langsung kepada keluarga penerima manfaat yang telah terdata.

“Biasanya dikumpulkan di suatu tempat dan ada seremonial, tetapi tahun ini kita langsung datang ke salah satu desa dan diserahkan secara simbolis kepada dua orang penerima,” jelasnya.

Tak hanya menjalankan program tahunan, Dinsos Kalsel juga tergabung dalam tim Gugus Tugas Covid-19 dalam melakukan penanganan terhadap warga terdampak. Dalam perencanaan, Gubernur Kalsel akan memberikan bantuan terhadap 50 ribu warga yang terdampak.

“Kita belum tahu bentuknya seperti apa. Dinas sosial masuk dalam salah satu bidang dalam mendata masyarakat yang terdampak seperti tukang becak, ojek tradisional, pedagang, supir kelotok. Sasarannya seluruh Kabupaten/Kota,” pungkasnya

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Cegah Karhutla di Masa Pandemi, Polda Kalsel Siapkan Sejumlah Rencana
apahabar.com

Kalsel

Siapkan Perut di Festival Durian, Paman Birin Sediakan 15 Ribu Biji untuk Makan Bersama
apahabar.com

Kalsel

Bawaslu Tempel Ketat Valentine Day
apahabar.com

Kalsel

Efektifkan Sosialisasi Perbup, Polsek Anjir Pasar Sasar Kerumunan Warga
apahabar.com

Kalsel

Pelajar Sekolah Dasar di Tanbu Meninggal, Diduga karena DBD
apahabar.com

Kalsel

Berbagai Kegiatan Sosial dan Keagamaan Warnai HUT ke-105 Desa Kersik Putih
apahabar.com

Kalsel

Kai Api, Salah Satu Ikon Wisata Kalsel Berpulang
apahabar.com

Kalsel

Sat Binmas Gelar Giat Penyuluhan Online untuk Siswa Sekolah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com