Dewan Minta Pemkot Banjarbaru Lebih Peka Permasalahan Warganya, Simak Penjelasan Wali Kota Motif Pembunuhan Dipocong di Tabat HST Terungkap, Polisi Tetapkan 4 Tersangka Masih Didera Covid-19, Denny Indrayana Tetap Perjuangkan PSU yang Jujur dan Adil Seluruh Tempat Wisata di Jaro Tabalong Ditutup Saat Idulfitri Ingin Pukul Ibunya, Seorang Adik di Telaga Langsat HSS Tikam Kakak hingga Tewas

Dinsos Kalsel Distribusikan Puluhan Ribu Paket Sembako di Tengah Wabah Covid-19

- Apahabar.com Kamis, 9 April 2020 - 09:04 WIB

Dinsos Kalsel Distribusikan Puluhan Ribu Paket Sembako di Tengah Wabah Covid-19

Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani saat ditemui apahabar.com di ruang kerjanya. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Penyebaran virus Covid-19 mengakibatkan sederet event harus tertunda. Menyikapi penundaan tersebut, Dinas Sosial Kalimantan Selatan tetap menggelar program rutin pendistribusian pemenuhan kebutuhan pangan untuk masyarakat tidak mampu.

“Kami ada program pembagian sembako reguler yang setiap tahun dibagikan ke kabupaten/kota. Tahun ini ada empat event,” ucap Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani kepada apahabar.com, Rabu (8/4).

Even tersebut yaitu HKG PKK atau Hari Kesatuan Gerak PKK, Even Bulan Ramadan, Hari Jadi Provinsi, dan HKSN (Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. Walau beberapa dilaksanakan pada penghujung tahun, namun penyaluran bantuan mulai dilakukan dari sekarang.

“Kemarin telah diserahkan bantuan sembako, keliling ke Banua Anam, Banjar Tala, kemudian Kotabaru minggu depan,” paparnya

Sebanyak 3.571 paket sembako telah dibagikan. Namun secara keseluruhan dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan penanganan fakir miskin, total 15.570 paket sembako akan diberikan tahun ini.

“Dalam satu paket Sembako lengkap ada beras, gula, minyak goreng, susu, sirup, sarden dan lainnya yang bernilai Rp200 ribu,” sebut dia.

Untuk menghindari keramaian, pembagian dilakukan dengan sistem door to door. Tim pendamping akan memberikan bantuan langsung kepada keluarga penerima manfaat yang telah terdata.

“Biasanya dikumpulkan di suatu tempat dan ada seremonial, tetapi tahun ini kita langsung datang ke salah satu desa dan diserahkan secara simbolis kepada dua orang penerima,” jelasnya.

Tak hanya menjalankan program tahunan, Dinsos Kalsel juga tergabung dalam tim Gugus Tugas Covid-19 dalam melakukan penanganan terhadap warga terdampak. Dalam perencanaan, Gubernur Kalsel akan memberikan bantuan terhadap 50 ribu warga yang terdampak.

“Kita belum tahu bentuknya seperti apa. Dinas sosial masuk dalam salah satu bidang dalam mendata masyarakat yang terdampak seperti tukang becak, ojek tradisional, pedagang, supir kelotok. Sasarannya seluruh Kabupaten/Kota,” pungkasnya

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Pemkab Banjar Santuni Korban Kebakaran, Setiap Kepala Keluarga Terima Rp3 Juta
Covid-19

Kalsel

Jelang Libur Lebaran, 2 Warga Kotabaru Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Efek Jutaan Ikan Mati di Marabahan, Pedagang Makanan Kena Protes
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Kawal Penyusunan Naskah dan Kearsipan Administrasi
apahabar.com

Kalsel

Pantau Pencoblosan, Mobil Komisioner Bawaslu Kotabaru Tabrakan dengan Pikap
banjir

Kalsel

Blusukan di Kalsel, Emak-Emak Teriak Minta Sepeda ke Jokowi
apahabar.com

Kalsel

Hujan Lokal Bakal Guyur Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

FOTO: Pelanggar Razia Masker di Banjarmasin Nyapu Jalan hingga Push Up
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com