Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Direktur RSUD Doris Positif Covid-19, Simak Bantahan Kadinkes Kalteng

- Apahabar.com Rabu, 1 April 2020 - 21:26 WIB

Direktur RSUD Doris Positif Covid-19, Simak Bantahan Kadinkes Kalteng

Info Covid-19 Kalteng. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKARAYA – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah dr Suyuti Syamsul membantah, bahwa Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya terpapar positif Covid 19.

“Jangan mudah percaya isu. Direktur Doris hanya ODP. Kalau dokter ada 5 yang PDP termasuk yang positif,” kata Suyuti, Rabu (1/4).

Tenaga medis memang rentan tertular virus corona. Pasalnya, diharuskan untuk bersinggungan langsung dengan individu yang terkena virus corona.

Karena risikonya yang sangat tinggi, para tenaga medis perlu menerapkan prosedur dan protokol tertentu untuk mencegah penularan virus.

Prosedur dan protokol untuk mencegah infeksi termasuk kontrol lingkungan, kontrol administratif, praktik kerja yang lebih aman dan alat pelindung diri.

Suyuti mengatakan, saat ini pasien positif Covid 19 sedang menjalani perawatan di RSUD Doris Palangkaraya, Kalimantan Tengah dan dalam kondisi stabil.

apahabar.com

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah dr Suyuti Syamsul. Foto-dok/apahabar.com

“Kecuali pak almarhum Winardi karena memang membutuhkan perawatan khusus karena sakit jantung,” ujarnya.

Namun sebelum meninggal dunia, sebenarnya Winardi akan dibawa ke ruang perawatan jantung, karena pada hari bersamaan dinyatakan sembuh dari virus corona.

Selain almarhum Winardi, Pendeta Ergon Pranata Pieter juga dinyatakan sembuh Covid 19 dan sudah diperbolehkan pulang.

Menurut Suyuti semua positif corona merupakan warga asal Palangka Raya, termasuk Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu dan kadis di salah satu instansi di Pemkot Palangkaraya.

“Saya tidak tahu persis tanggal rawatnya, hanya disebutkan sekda pernah kontak dengan pasien, satu pejabat kota yang duluan positif,” ujarnya.

Sedangkan salah satu pasien merupakan warga negara asing (WNA) yang ternyata merupakan warga negara Australia. Tetapi sudah lama berdomisili di Kota Palangka Raya.

Hal itu diketahui dari Facebook (FB) akun Suyuti Syamsul yang menulis salah satu staf Kedutaan Besar Australia, menghubungi Dinas Provinsi Kalimantan Tengah, menanyakan perkembangan warga negaranya yang dirawat dengan Covid 19.

Dari data terbaru yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalimantan Tengah, jumlah ODP 608 dan PDP 34. Terbanyak ODP dari Palangka Raya 209. Sedangkan 10 positif dan dua sembuh.

Reporter: Ahc23
Editor: Syarif

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Jamaah Haji Kapuas 2020 Diprioritaskan Barangkat 2021
apahabar.com

Kalteng

Mahasiswa Wuhan asal Kalteng Tetap Ingin Melanjutkan Pendidikan
apahabar.com

Kalteng

Water Bombing Karhutla di Kapuas Kalteng Habiskan 5 Juta Liter Air
apahabar.com

Kalteng

Wali Kota Palangkaraya Usul Bandara Tjilik Riwut Ditutup  
apahabar.com

Kalteng

8.000 Sertifikat PTSL Dibagikan ke Kabupaten/Kota di Kalteng
Residivis

Kalteng

Kembali Berulah, 2 Residivis di Barut Ditangkap Polisi di Banjarbaru
apahabar.com

Kalteng

25 Napi di Lapas Muara Teweh Terima Remisi Natal
apahabar.com

Kalteng

Kadin Kalteng Kepengurusan Cristian Sancho Mulai Menunjukkan Eksistensi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com