Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah Ketua DPRD Banjar: 100 Hari Program Bupati Harus Penangan Pascabanjir DPP Demokrat Pecat Marzuki Alie dan 6 Kader, Simak Alasannya Duh, Positif Covid-19 Kapuas Bertambah Lagi 50 Kasus Tiga Gus Pimpin Jatim, Bak Angin Segar Bagi Kinerja ASN

Disuguhi Eksekutif Laporan Copy Paste, DPRD Tala Meradang

- Apahabar.com Kamis, 30 April 2020 - 15:38 WIB

Disuguhi Eksekutif Laporan Copy Paste, DPRD Tala Meradang

Ketua Komisi II DPRD Tala Edy Porwanto saat membacakan catatan LKPJ Bupati Tanah Laut 2019. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Disuguhi laporan copy paste, Komisi II DPRD Tanah Laut meradang. Ketua Komisi 2 DPRD Tala, Edy Porwanto mewanti-wanti agar kejadian itu tidak lagi berulang.

Bagaimana tidak meradang, dalam sidang paripurna DPRD dengan agenda penyampaian saran dan rekomendasi DPRD terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Tala tahun 2019, Kamis, (30/4), laporan yang disuguhkan, isinya sama persis dengan tahun 2018. Mulai tanda baca, titik koma hingga angka-angkanya.

Edy Porwanto usai sidang mengungkapkan, “Kami menemukan 12 item laporan pertanggung jawaban tahun 2018 dan 2019 yang sama persis.”

Data copy paste itu yakni anggaran pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, di mana pada alokasi dan realisasi anggaran belanja Langsung Rp1.1621.710.700 terealisasi Rp1.476.519.312 atau 91,05 persen. Kemudian di Disdikbud pada tingkat pencapaian 86.68 persen pada DPA Disdikbud. Sektor pariwisata, produksi perikanan, dan pertanian.

“Cukup kaget karena data yang disampaikan sama dengan tahun sebelumnya. Ada selentingan kabar jika anggota dewan ini diberikan buku besar tentang LKPJ dan tebal, mungkin dianggap tidak mungkin terbaca oleh dewan. Nah komisi dua bersama mencermatinya dan hasilnya ditemukan data yang sama. Itu baru temuan yang berhubungan komisi dua, belum tahu kalau komisi satu dan tiga, apakah juga ada temuan,” kata Edy.

Edy berharap, Bupati dan jajaran untuk lebih teliti kembali.

“Dengan laporan dan data yang sama bagaimana mengambil kesimpulan dan bagaimana merencanakan ke depan dengan data-data seperti itu,” tutup Edy.

Bupati Tala Sukamta usai mengikuti jalannya sidang paripurna kepada sejumlah awak media mengatakan, semua yang jadi temuan komisi dua harus diperbaiki, di samping ada rekomendasi-rekomendasi yang sifatnya teknis dan administratif terutama menyangkut keakuratan data-data SKPD.

“Berharap SKPD punya data yang akurat dan aktual, karena itulah menggambarkan kinerja SKPD, sehingga potret kinerja bisa dipertanggung jawabkan,” kata Sukamta.

Sukamta mengakui ada SKPD yang datanya sama persis dengan tahun sebelumnya.

“Memang pada sektor ekonomi yang setiap tahun selalu terkoreksi, karena ada sumber-sumber yang belum masuk maka pasti tidak sama datanya,” jelasnya.

Reporter: Ahc14
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Data Resmi Kecelakaan Maut di Batola, Pelakunya Diduga Oknum PNS
BMKG Pantau Hujan Berpetir 7 Wilayah, Simak Ulasannya

Kalsel

BMKG Pantau Hujan Berpetir 7 Wilayah, Simak Ulasannya
apahabar.com

Kalsel

Banjir, Siswa di MA Al-Kautsar Satiung Terpaksa Diliburkan
apahabar.com

Kalsel

Gerak Semu Matahari Picu Suhu Panas di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Polsek Satui Coba Bongkar Misteri Penemuan Mayat Bayi di Bantaran Sungai
apahabar.com

Kalsel

Narkoba Masuk Pelosok Batola, Pengedar Sabu di Tabunganen Ditangkap
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Bencana Sosial, Komunitas Adat di Kaki Meratus Ikuti Bimtek Kemensos
apahabar.com

Kalsel

Sambut Musim Hujan, PT Baramega Citra Mandiri Persada Sosialisasikan Rehabilitasi DAS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com