Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Donald Trump: China Seharusnya Bisa Hentikan Penyebaran Covid-19

- Apahabar.com Selasa, 28 April 2020 - 14:46 WIB

Donald Trump: China Seharusnya Bisa Hentikan Penyebaran Covid-19

Presiden AS Donald Trump menjawab pertanyaan selama pengarahan gugus tugas wabah Covid-19 setiap hari di Gedung Putih di Washington, AS, 23 April 2020. Hingga 23 April 2020 waktu setempat, Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah kasus positif Covid-19 terbanyak di dunia yang mencapai 886.709 kasus dengan angka kematian tertinggi di dunia yakni 50.243 orang. Foto-Reuters/Jonathan Ernst via Antara

apahabar.com, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa China seharusnya dapat menghentikan virus corona baru atau Covid-19 sebelum melanda seluruh negara di dunia.

Ia mengungkapkan bahwa Amerika Serikat sedang melakukan “penyelidikan serius” atas apa yang terjadi.

“Kami melakukan penyelidikan yang sangat serius … Kami tidak senang dengan China,” kata Trump pada konferensi pers Gedung Putih.

“Kami percaya itu bisa dihentikan pada sumbernya. Itu bisa dihentikan dengan cepat dan tidak akan menyebar ke seluruh dunia,” kata Trump.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan seluruh bukti yang ada menunjukkan bahwa virus corona baru berasal dari hewan di China akhir tahun lalu, dan tidak dimanipulasi atau diproduksi di laboratorium.

“Semua bukti yang ada menunjukkan bahwa virus tersebut berasal dari hewan dan tidak dimanipulasi atau dibangun di laboratorium atau di tempat lain,” kata juru bicara WHO, Fadela Chaib.

“Kemungkinan besar, kemungkinan virus itu berasal dari hewan.”

Tidak jelas, tambah Chaib, bagaimana virus itu melompati penghalang spesies ke manusia, tetapi “tentu saja” ada inang hewan perantara.

“Kemungkinan besar virus itu memiliki wadah ekologis pada kelelawar, tetapi bagaimana virus beralih dari kelelawar ke manusia masih harus dilihat dan ditemukan,” jelasnya

Dia tidak menanggapi permintaan untuk menjelaskan apakah ada kemungkinan virus tersebut lolos dari laboratorium secara tidak sengaja. Institut Virologi Wuhan telah menepis desas-desus bahwa pihaknya menyintesis virus atau membiarkannya lolos.

Chaib, ditanya tentang dampak keputusan Trump pekan lalu untuk menunda pendanaan ke badan PBB atas penanganan pandemi virus corona, mengatakan bahwa WHO masih menilai situasi.

“Kami masih menilai situasi tentang pengumuman oleh Presiden Trump … dan kami akan menilai situasinya dan kami akan bekerja dengan mitra kami untuk mengisi celah apa pun,” kata Chaib

“Sangat penting untuk melanjutkan apa yang kita lakukan tidak hanya untuk Covid tetapi untuk banyak, banyak, banyak, banyak program kesehatan lainnya,” tambahnya, merujuk pada tindakan melawan polio, HIV, dan malaria di antara penyakit lainnya.

Dia mengatakan bahwa WHO memiliki 81 persen pendanaan untuk dua tahun ke depan pada akhir Maret, mengacu pada anggaran dua tahunan senilai 4,8 miliar dolar AS.

AS adalah donor terbesar badan yang bermarkas di Jenewa itu. Kontributor besar lainnya adalah Gates Foundation dan Inggris.(Ant/Rts)

Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kalsel Memilih: Mesin Parpol Tak Panas, TKD Cenderung Elitis
apahabar.com

Nasional

Dugaan Kekerasan ke Jurnalis saat Demo, Kadiv Humas Polri: Kami Melindungi Wartawan
apahabar.com

Nasional

Kasus Suap Korupsi Terbesar Di Indonesia
apahabar.com

Nasional

Tersandung Narkoba, Bintang Sinetron Dari Jendela SMP Ditangkap Polisi
apahabar.com

Nasional

Diminta Jadi Panelis Debat Capres, KPK Belum Ambil Sikap
Solo

Nasional

Hasil Sementara Quick Qount Pilwali Kota Solo: Gibran-Teguh Unggul 87,05 Persen
Dokter

Nasional

Lagi, Seorang Dokter Meninggal karena Covid-19
apahabar.com

Nasional

Video Detik-detik Pos Polisi Lalu Lintas Dibakar Saat Unjuk Rasa UU Omnibus Law, Ini Wajah Pelakunya?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com