Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Duh, Penanganan Pasien Covid-19 Masih Jadi Satu di Puskesmas Tapin

- Apahabar.com Rabu, 22 April 2020 - 11:42 WIB

Duh, Penanganan Pasien Covid-19 Masih Jadi Satu di Puskesmas Tapin

Usai sidak, sejumlah anggota dewan langsung mengadakan rapat koordinasi sekaligus evaluasi realisasi kegiatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di gedung DPRD, Rabu (22/4). apahabar.com/Fauzi Fadillah

apahabar.com, RANTAU – Panitia khusus (Pansus) DPRD Tapin mengkritik keras koordinasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Pasalnya setelah dilakukan sidak ke 11 Puskesmas, Selasa (21/4), Tim Pansus masih mendapati sejumlah keluhan dari tenaga medis dan masyarakat.

“Dari hasil kunjungan kami tadi, intinya banyak permasalahan di sana yang kami temui yang dikemukakan oleh beberapa puskesmas. Namun hari ini, keluhan itu sudah disikapi oleh pemerintah daerah,” ujar Ketua DPRD Tapin, H. Yamani.

Usai sidak, sejumlah anggota dewan langsung mengadakan rapat koordinasi sekaligus evaluasi realisasi kegiatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di gedung DPRD.  Rapat berlangsung dari sore hingga magrib.

Diwawancarai terpisah, Wakil Ketua DPRD, Midpay Syahbani ikut angkat suara. Di tengah pandemi, penanganan Covid-19 tak boleh mengesampingkan fasilitas atau layanan untuk masyarakat umum yang ingin berobat di puskesmas.

Tenaga medis dan ruangan penanganan Covid-19 di puskesmas dirasa Pansus perlu secara khusus atau terpisah dari pelayanan umum. Misalnya di puskesmas Kecamatan Lokpaikat. Masyarakat di sana masih banyak yang datang berobat.

“Perlu ruangan khusus untuk penanganan Covid-19 di setiap puskesmas,” ujar Midpay.

Hal itu diperparah dengan minimnya alat perlindungan diri (APD) atau baju hazmat hingga masker. Di luar itu Pansus juga menyoroti pemberian vitamin maupun suplemen untuk personel Gugus Tugas Covid-19 Tapin yang bekerja di lapangan

“Hal itu perlu diperhatikan dengan lebih serius, jangan sampai mereka terinfeksi Covid-19 saat bertugas, ataupun kelelahan sampai sakit,” ujar Midpay.

Midpay memandang perlu perekrutan baru tenaga spesialis atau perawat khusus untuk penanganan Covid-19.

“Sebagai contoh sudah dilakukan perekrutan khusus tenaga medis khusus Covid-19 di Tanjung, Kabupaten Tabalong. Untuk penanganan jangan sampai bercampur, tenaga di puskesmas atau rumah sakit harus tepat di sana dan untuk Covid-19 khusus,” ujar Midpay.

Jubir DPRD Tapin, Ihwanudin Husin memastikan Pansus akan terus bekerja mengawasi kinerja Tim Gugus Tugas Covid-19 Tapin.

“Insyaallah, Pansus A, B, dan C, besok (hari ini) akan kita koordinasi dengan pimpinan untuk follow up hasil monitoring pertama, termasuk hasil rapat hari ini,” ujarnya.

Menanggapi kritikan itu Jubir Gugus Tugas Covid-19 Tapin Alfian Yusuf tak menampik kekurangan yang disoroti Pansus. Alfian siap mengevaluasi hasil sidak itu dan segera melakukan perbaikan.

“Bagus kan, itu memang fungsi pengawasan dari dewan, nanti akan kita tindaklanjuti, kalaunya faktanya begitu nanti kita perbaiki,” ujar Alfian.

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Lama ‘Puasa’, Dewan Kalsel Kunker Berjemaah Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Uniska Wisuda 2.072 Sarjana, Ingat Pesan Rektor!!!
apahabar.com

Kalsel

Penutupan Jembatan Alalak, Polisi Kerja Ekstra
apahabar.com

Kalsel

Rekam e-KTP Juga Digelar di Rutan Kandangan
apahabar.com

Kalsel

Jumadi, Pria yang Mengaku Nabi Isa di Balangan Diduga Gangguan Mental
Viral TikTok Asusila di Banjarmasin, Satu Pelaku Dijadikan ABH

Kalsel

Viral TikTok Asusila di Banjarmasin, Satu Pelaku Dijadikan ABH
apahabar.com

Kalsel

Haul Abah Guru Sekumpul Pantas Disebut Fenomenal
apahabar.com

Kalsel

Santai, Kapolda Kalsel Pimpin Anev Mingguan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com