Hingga Hari ke-10 Memori CVR Sriwijaya Air Belum Ditemukan Menteri Siti Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel, Bukan Tambang dan Sawit UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir

Gandeng Kejari HST, BPJS Kesehatan Barabai Tertibkan Pemberi Kerja Tak Patuh

- Apahabar.com Kamis, 16 April 2020 - 08:47 WIB

Gandeng Kejari HST, BPJS Kesehatan Barabai Tertibkan Pemberi Kerja Tak Patuh

Kajari HST, Trimo (kiri) dan Kepala BPJS Barabai, Chohari menerima MoU Penanganan Masalah Hukum dan Tata Usaha Negara, Rabu (15/4)./Foto Reza for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – BPJS Kesehatan Cabang Barabai memperpanjang MoU atau nota kesepahaman dengan Kejaksaaan Negeri Hulu Sungai Tengah (Kejari HST).

Dalam nota kesepahaman itu, kejaksaan menyatakan siap menggandeng BPJS Kesehatan untuk menertibkan pemberi kerja yang tak patuh aturan pemerintah.

Kerjasama tentang penanganan masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha negara pun telah ditanda tangani ke dua belah pihak.

Kajari HST, Trimo mengatakan, kerjasama itu terwujud semata-mata merupakan tugas Kejaksaan dan BPJS Kesehatan terkait fungsi serta visi dan misi dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan, khususnya Pasal 30.

“Prinsipnya kejaksaan tidak hanya menyidik, menuntut, mengeksekusi, menyita dan menahan saja, peran kejaksaan ada lebih besar lagi dalam bidang perdata,” kata Trimo usai penandatangan MoU bersama BPJS Kesehatan di kantornya, Rabu (15/4).

Kejaksaan, kata Trimo memiliki tugas di dalam maupun di luar untuk mewakili BUMN, pemerintah maupun instansi negara lainnya.

Artinya, jika nantinya BPJS Kesehatan dalam perjalananya tersangkut masalah perdata apalagi menyangkut keuangan milik negara, jangan sampai BPJS Kesehatan kinerjanya terhambat karena ada pihak-pihak yang mungkin tidak taat aturan maupun taat azas.

“Kami siap mendampingi BPJS Kesehatan melalui Surat Kuasa Khusus (SKK) sebagai Jaksa Pengacara Negara,” tegas Trimo.

Kalau ada peserta dalam hal ini pemberi kerja yang sudah tidak bisa diajak koordinasi, kata Trimo, dengan adanya MoU itu, dapat diserahkan kepada pihaknya dan kejaksaan akan siap bekerja.

Trimo menerangkan bahwa hal itu memang tugasnya dalam melakukan pelayanan. Terlebih pihaknya telah memperoleh predikat WBK.

“WBK visi dan misinya adalah bagaimana membuat pelayanan lebih bagus dan baik, harapan kedepannya dapat teraplikasi dengan baik sebagai bukti pihak Kejaksaan sesuai UU membackup BPJS Kesehatan dalam tugasnya,” tutup Trimo.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai, Chohari mengatakan MoU itu merupakan perpanjangan pada priode dua tahun sebelumnya.

“Kebetulan periodenya telah habis dan kedua pihak wajib memperbaruinya. Sehingga bulan ini dapat segera ditindaklanjuti,” kata Chohari.

Chohari berharap ke depannya, kerjasama di era Kajari yang saat ini dapat berjalan lebih baik lagi. Sempat diskusi terkait langkah ke depan, ia menilai semangat yang ditunjukkan rekan-rekan Kejari HST sangat luar biasa.

“Mudahan bisa mengimbangi semangatnya dan mudah-mudahan dapat lebih baik, lebih giat, terhadap fokus dalam penegakan kepatuhan pemberi kerja, dan tak menutup kemungkinan akan membutuhkan bantuan advokasi terkait pelayanan kesehatan,” tutup Chohari.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Ubah Jenis Kepesertaan JKN-KIS, Mujiyo Sekeluarga Cukup Pakai PANDAWA
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Cukup Lakukan Ini, Masyarakat Banua Anam Tak Perlu Repot ke Kantor BPJS Kesehatan
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Husna Lega Kantongi KIS dari Bantuan Pemerintah
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Rasakan Manfaat JKN-KIS, Yulianti: Mudah dan Simpel
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Cerita Sutinah Tentang Aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Barabai

Hari Kesehatan Nasional, Duta BPJS Kesehatan Apresiasi Nakes dan Kampanyekan Prokes di HST
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Kabar Baik, Iuran Peserta BPJS Kesehatan 2021 Tetap Dibantu Pemerintah
BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Barabai

Kenalkan Aplikasi Vaksinasi Covid-19, BPJS Kesehatan Barabai Diskusi dengan Dinkes se-Banua Anam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com