Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Gugur karena Corona, Dokter Senior Kalsel Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

- Apahabar.com Rabu, 15 April 2020 - 17:22 WIB

Gugur karena Corona, Dokter Senior Kalsel Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia berduka atas kepergian dr Hasan Zain di tengah pandemi Covid-19. Dokter asal Puruk Cahu itu meninggal di usia 75 tahun di RSUD Ulin Banjarmasin, Rabu (15/4) pagi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Gugurnya Dokter Hasan Zain menimbulkan duka bagi dunia medis Kalimantan Selatan.

Kepergian sang dokter spesialis paru-paru itu bertepatan saat virus Corona (Covid-19) ikut merambah Bumi Lambung Mangkurat.

Sampai hari ini, virus Corona sudah menumbalkan enam orang warga Kalsel, termasuk dokter Zain. Sementara 27 pengidap lainnya masih berjuang di ruang perawatan medis.

Belum ada konfirmasi langsung dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel apakah dr Zain meninggal secara langsung akibat terpapar penyakit itu.

Hanya saja dari keterangan RSUD Ulin Banjarmasin, dokter spesialis penyakit dalam itu wafat akibat Covid-19. Sudah sepekan ia dirawat di rumah sakit yang pernah dipimpinnya itu.

“Hasil pemeriksaannya keluar sore kemarin,” tutur Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Suciati dihubungi apahabar.com, pagi tadi.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) turut melaporkan bahwa meninggalnya mantan Direktur RS Islam dan RSUD Ulin Banjarmasin itu terinfeksi Corona.

“Beliau meninggal karena Covid-19,” kata dr Abdul Halik Malik melalui pesan singkat, dilansir dari Detik.com, Rabu (15/4).

Hasil tes swab atau uji sampel lendir sang dokter menunjukkan ia positif Covid-19.

Semasa hidupnya, dr Zain dikenal sebagai sosok cendekiawan dan tokoh masyarakat yang dikenal luas di Kalimantan Selatan.

Sebagai salah satu pejuang di garda terdepan penanganan Covid-19, sejumlah pihak menganggap dokter Zain pantas menyandang gelar pahlawan.

Sekretaris DPW PKS Kalsel Awan Subarkah siap membawa usulan itu pada rapat musyawarah internal partai agar nama dr Hasan Zain dijadikan pahlawan karena jasa dan andilnya menangani wabah virus Corona di Kalsel.

“Tentu kita tahu beliau adalah dokter spesialis senior di bidang penyakit dalam dan sudah sangat berjasa pada dunia medis Kalsel,” terang Awan Subarkah kepada media ini, Rabu (15/4).

Tak cuma tenaga medis, dokter Zain juga tercatat sebagai kader PKS. Ia menjadi panutan bagi kader muda PKS karena loyalitas dan semangatnya membangun partai.

“Sudah tentu banyak jasa dr Zain baik di dunia medis maupun untuk masyarakat Kalsel. Usulan ini bagus dan akan kami bicarakan di partai,” kata Awan.

Keluarga besar PKS, kata Awan, sangat kehilangan sosok dr Zain yang semasa hidupnya memiliki kepribadian santun.

“Orangnya baik dan bertutur kata lemah lembut. Terlebih beliau sangat menghargai kepada yang muda,” ujarnya.

Selama pandemi Covid-19, sudah ada dua dokter di Kalimantan Selatan yang gugur. Teranyar, adalah dr Hasan Zain.

Usai disalatkan di halaman RSUD Ulin, jasad dibawa oleh petugas medis yang menggunakan baju hazmat.

Siang tadi jasad sang dokter telah dikebumikan di Pemakaman Al-Faizun, Banjarmasin.

Meninggalnya tokoh 75 tahun itu menambah daftar dokter yang meninggal di tengah pandemi Covid-19. Sebelumnya drg Gunawan Oentaryo yang juga ketua Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kalsel tutup usia usai dirawat di RSUD Ulin, belum lama tadi.

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hasil SBMPTN ULM Diumumkan, Simak Langkah Selanjutnya
apahabar.com

Kalsel

Pipa PDAM Simpang Tiga A Yani Bocor, Ini Akibatnya
apahabar.com

Kalsel

Tempat Ibadah Jangan Minta Sumbangan di Jalan, Pemkot Banjarmasin: Kita Punya Dana Hibah Milyaran
apahabar.com

Kalsel

Peran Pengawasan Dewan Kota Mampu Turunkan SILPA APBD 2019
Masjid

Kalsel

Pandemi dan Lesunya Kehidupan Masyarakat di Sekitar Masjid Pusaka Banua Lawas Tabalong

Kalsel

Disurati Puluhan Jurnalis Soal Surat Klarifikasi, Bawaslu Kalsel Akhirnya Minta Maaf
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Berada di Posisi ke 6 Penyalahgunaan Narkoba se-Indonesia

Kalsel

Harga Si ‘Melon’ di Banjarmasin Capai Rp 30-35 ribu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com