ga('send', 'pageview');
Push Up Bak Lelucon, Banjarbaru Terapkan Denda Tak Pakai Masker Terungkap, Dugaan Kebakaran di PAUD Aisyiyah Banjarmasin Karier Mengilap Kasat Reskrim Kotabaru: Tempur Melawan OPM Kerugian Banjir Pelaihari Sentuh Miliaran Rupiah! Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law di Kalsel Berbalas Konsolidasi Digital




Home Ekbis

Selasa, 21 April 2020 - 14:53 WIB

Harga Minyak Dunia Anjlok, Pertamina Optimalkan Efisiensi Hulu Migas

Redaksi - Apahabar.com

Ilustrasi - Pekerja beraktivitas di sumur ekplorasi minyak bumi. Foto-Antara

Ilustrasi - Pekerja beraktivitas di sumur ekplorasi minyak bumi. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Di tengah wabah Virus Corona baru atau Covid-19 serta anjloknya harga minyak mentah dunia, PT Pertamina (Persero) meningkatkan optimalisasi di berbagai aspek untuk menjaga produksi serta efisiensi hulu migas pada 2020 ini tetap berada di level normal.

Upaya efektifitas biaya juga menjadi salah satu prioritas yang dilakukan, terutama terkait dengan aktivitas yang tidak terkait langsung dengan produksi dan penambahan cadangan migas.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu, menjelaskan pihaknya terus memantau perkembangan situasi global sambil terus menjalankan rencana untuk tetap berupaya mengejar target produksi hulu migas.

Ia tidak memungkiri kondisi saat ini telah mengakibatkan berbagai konsekuensi secara operasional maupun finansial, seperti terganggunya mobilitas dan jadwal pergantian pekerja lapangan, terhambatnya logistik dan interaksi dengan para stakeholder serta kemungkinan menurunnya pendapatan dari sektor hulu.

“Apresiasi yang luar biasa kepada seluruh pekerja hulu Pertamina yang telah berkomitmen penuh mencari solusi dan menjalankannya dengan baik sehingga operasional terus berjalan,” ujar Dharmawan di Jakarta, Selasa (21/04).

Baca juga :  Cenderung Terkoreksi, IHSG Diprediksi Bergerak Mendatar

Ia menuturkan prioritas sektor hulu Pertamina saat ini adalah optimalisasi dan efektivitas biaya sambil merencanakan ulang anggaran dan kegiatan di hulu migas, antara lain dengan mendorong anak perusahaan hulu meningkatkan cost awareness dan cost consciousness pada semua lini operasional.

“Kepada seluruh anak perusahaan hulu diharapkan dapat melakukan optimalisasi aset atau fasilitas yang ada, baik di internal maupun antara anak perusahaan melalui sharing facility, sehingga diharapkan dapat meminimalkan pengadaan baru,”imbuhnya.

Memperkuat strategi pengadaan yang lebih terintegrasi dan inovasi substitusi material juga dijalankan dengan tetap memperhatikan prinsip HSSE.

Peninjauan kembali seluruh rencana kerja pun harus dilakukan untuk dapat menjaga keekonomian proyek hulu migas saat ini. Secara operasional, aktivitas pada sumur eksplorasi dan sumur eksploitasi akan diturunkan masing-masing sebesar 35 persen dan 25 persen.

Baca juga :  Harga Karet Anjlok, Sebagian Warga Nupang Nuding Bercocok Tanam

Sedangkan aktivitas pada sumur yang memberikan kontribusi langsung pada produksi, termasuk kegiatan workover yang menjadi tulang punggung untuk mempertahankan level produksi sumur akan dipertahankan sepanjang memberikan pertimbangan cost & benefit yang baik.

Diharapkan dengan langkah tersebut, biaya operasional sektor hulu Pertamina dapat diefektifkan dari 5,52 miliar dolar AS menjadi 4,44 miliar dolar AS, sedangkan biaya investasi dioptimalkan sebesar 24 persen dari 3,7 miliar dolar AS menjadi 2,8 miliar dolar AS.

“Kami harus beradaptasi dengan kondisi apapun, baik saat harga minyak mentah melonjak tinggi maupun menurun tajam. Dan untuk kondisi sekarang, kami pun optimis dapat melewati masa sulit ini dengan baik dan terus berupaya menjaga produksi hulu migas tahun ini tetap dapat tercapai di atas 894 MBOEPD,” kata Dharmawan.(Ant)

Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Kontraktor Tambang Batu Bara PT. KPP Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19
apahabar.com

Ekbis

Ikuti Bursa Asia, IHSG Awal Pekan Berpeluang Menguat
apahabar.com

Ekbis

Di Depan Ratusan Pimpinan Ponpes Kalsel, Deputi Gubernur BI Bicara Ekonomi dan Keuangan Syariah
apahabar.com

Ekbis

Rupiah Babak Belur, Dolar AS Melesat ke Rp 14.500
apahabar.com

Ekbis

Mudik Natal dan Tahun Baru, Pertamina Siagakan Pasokan 24 Jam
apahabar.com

Ekbis

Pusat Perbelanjaan di Banjarmasin Mulai Diserbu Warga
apahabar.com

Ekbis

Nataru, Telkomsel Prediksi Trafik Internet di Kalimantan Naik 45%
apahabar.com

Ekbis

Harga Batu Bara Makin Anjlok Turut Terdampak Merebaknya Virus Corona
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com