Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

Hilang Indra Penciuman dan Pengecapan Jadi Gejala Awal Covid-19, Berikut Kata Peneliti

- Apahabar.com Rabu, 15 April 2020 - 19:27 WIB

Hilang Indra Penciuman dan Pengecapan Jadi Gejala Awal Covid-19, Berikut Kata Peneliti

Ilustrasi indra penciuman. Foto-iStcok

apahabar.com, JAKARTA – Para ilmuwan kini telah mengonfirmasikan bahwa hilangnya kemampuan indra penciuman dan pengecap sebagai tanda awal Covid-19.

Dilansir Republika.co.id, para peneliti telah mengidentifikasi hubungan antara kehilangan sensorik dan infeksi virus ini sebagai gejala awal infeksi virus corona tipe baru, yakni SARS-CoV-2.

Pasien yang mengalami Covid-19 biasanya merasakan gejala cukup ringan. Dikutip laman Times Now News, tim dari University of California-San Diego menemukan prevalensi tinggi dan presentasi dari gangguan sensorik tertentu pada pasien positif Covid-19.

“Berdasarkan penelitian kami, jika Anda tak bisa mencium bau dan mengecap rasa, Anda 10 kali lebih mungkin memiliki infeksi Covid-19 daripada penyebab infeksi lainnya,” ungkap peneliti studi Carol Yan dari UC San Diego.

Tanda pertama yang paling umum dari infeksi adalah demam, tetapi kelelahan dan hilangnya penciuman dan pengecap adalah gejala awal yang sangat umum lainnya. Covid-19 adalah virus yang sangat menular, karenanya penelitian ini mendukung perlunya mewaspadai merosotnya kemampuan indra penciuman dan pengecap sebagai tanda awal infeksi.

Dalam temuan yang dipublikasikan dalam jurnal International Forum of Allergy and Rhinology ini, tim peneliti melakukan survei terhadap 1.480 pasien dengan gejala mirip flu dengan kekhawatiran mengenai potensi infeksi Covid-19. Survei berlangsung dari 3 Maret hingga 29 Maret 2020.(Rep)

Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Ramai Bersepeda, Goweser Sejati Kudu Tau Ini !
apahabar.com

Gaya

Setelah Gaet Blackpink dan Cristiano Ronaldo, Shopee Hadirkan GFriend Dipromo Puncak 9.9
apahabar.com

Gaya

Perempuan Bekerja dan Berpendidikan Tak Lepas dari KDRT, Sebabnya
apahabar.com

Gaya

Kesal Diremehkan Pelayan Toko, Pria Ini Beli dan Gunting Tas Seharga Rp 100 Juta
apahabar.com

Gaya

Simpel, Muat 4 Orang Berkapasitas 266cc Seharga Motor!
apahabar.com

Gaya

Ngidam Makanan Manis, Asin, atau Pedas? Berikut Ini Penjelasan di Baliknya
apahabar.com

Gaya

Menkominfo Berkomitmen Jaga Ruang Digital Saat Pilkada 2020
apahabar.com

Gaya

WhatsApp Tambah Jumlah Peserta Panggilan Video Grup, Bisa Delapan!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com