Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Jadi Pusat Penyebaran di Provinsi Lain, Awal Pekan Depan Gowa Terapkan PSBB

- Apahabar.com Sabtu, 25 April 2020 - 16:58 WIB

Jadi Pusat Penyebaran di Provinsi Lain, Awal Pekan Depan Gowa Terapkan PSBB

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Foto-medcom.id

apahabar.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mulai menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada Rabu (29/04).

“Saat ini semua persiapan seperti sosialisasi, membangun posko-posko dan cek poin, pengerahan personel, dan payung hukum sedang dilakukan setelah pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan menyetujui usulan PSBB,” kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam konferensi video, Sabtu (25/04).
.
Ia mengatakan, penetapan PSBB secara resmi ini setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan sebagai upaya mempercepat penanganan wabah virus corona atau Covid-19.

“Kita tetapkan PSBB ini pada Rabu karena bertepatan dengan satu minggu setelah keluarnya keputusan Menkes RI,” katanya.

Bupati Adnan menegaskan, sebelum penerapan PSBB, dirinya juga telah meminta agar terlebih dulu dilakukan ujicoba sekaligus menyosialisasikan kepada masyarakat hal-hal yang dapat dilakukan dan tidak dapat dilakukan selama berjalannya penerapan PSBB.

Sebelumnya, usulan PSBB yang dimasukkan Pemkab Gowa telah mendapat persetujuan dari Kemenkes RI Nomor HH.01.07/Menkes/273/2020, tertanggal 22 April 2020 yang ditandatangani langsung Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto.

Dalam surat keputusan tersebut menyebutkan persetujuan usulan tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

“Menkes memang baru menyetujui pelaksanaan PSBB untuk Kabupaten Gowa,” kata Dirjen P2P Kemenkes, Achmad Yurianto.

Menurutnya, persetujuan ini berdasarkan beberapa pertimbangan yang dianggap mendesak, baik dari dari kebutuhan medis maupun non medis. Melihat kondisi di Kabupaten Gowa dengan tingkat penyebaran Covid-19 yang begitu cepat dianggap memang sudah harus menerapkan PSBB, layaknya Kota Makassar.

“Apalagi sudah menjadi pusat penyebaran di provinsi lain, sehingga Kabupaten Gowa dinilai memenuhi kriteria yang telah ditentukan dalam Peraturan Menteri Kesehatan untuk menerapkan PSBB,” terangnya.

Achmad menyatakan, persetujuan ini pula dengan melihat hasil kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah mulai pada aspek sosial ekonomi serta aspek lainnya dianggap perlu dilaksanakan PSBB di wilayah Kabupatern Gowa, guna menekan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas.

“Data yang dilaporkan memang menunjukkan peningkatan dan penyebaran kasus Covid-19 yang signifikan dan cepat,” ujarnya.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pipa PDAM Simpang Tiga A Yani Bocor, Ini Akibatnya
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Polda Kalsel Blender Ratusan Gram Sabu dan Ekstasi
apahabar.com

Kalsel

PT. BRE Bantu Warga Terdampak Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Kunjungi Calon Isteri, Pemuda Kandangan Tewas Ditusuk
apahabar.com

Kalsel

Ikut Melepas 450 Personel TNI, Ini Harapan Wakil Ketua DPRD Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Ingat Pesan DPKD Tabalong, Ada Syarat Arsip Boleh Dimusnahkan
Hujan Lebat, Posko Wartawan di Kotabaru Kebanjiran

Kalsel

Hujan Lebat, Posko Wartawan di Kotabaru Kebanjiran
apahabar.com

Kalsel

Kontroversi Pernyataan Sukrowardi, GP Al Washliyah: Anggota Dewan Harusnya Santun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com