Cium Bau Gosong, Honda Jazz Terbakar di Banjarmasin Baru Bebas, Napi di Banjarmasin Tusuk Kekasih Eks Istri Ada Ancaman Baru, Banjarmasin Coret 2 Kluster Penyebar Covid-19 Pasien Covid-19 Kabur, RSDI Banjarbaru Gembok Pintu Lagi, Kluster Gowa Tambah Pasien Covid-19 Kotabaru




Home Hikmah

Kamis, 23 April 2020 - 06:00 WIB

Jangan Tidur Setelah Sahur, Simak Alasannya

rifad - Apahabar.com

Ilustrasi. Foto-pexels.com/@vanyaoboleninov

Ilustrasi. Foto-pexels.com/@vanyaoboleninov

apahabar.com, JAKARTA – Setelah sahur, dianjurkan untuk beribadah salat Subuh terlebih dahulu. Pastinya ada alasan jangan tidur setelah sahur yang perlu juga dipahami. Ini berhubungan dengan kesehatan.

Salah satu alasan jangan tidur setelah sahur yaitu agar tidak mengalami gangguan dari segi kesehatan. Bahkan di hari-hari biasa di luar bulan Ramadan, apabila terbiasa makan lalu tidur tentu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan dapat terkena serangan stroke.

Memang tidak dapat dipungkiri, biasanya mata sangat mengantuk ketika kita bangun untuk sahur. Namun, bukankah itu merupakan tatanan beribadah kita selama bulan puasa? Jadi jangan sampai amal ibadah Anda berkurang karena terbangun untuk sahur hanya berniat makan tanpa dilanjutkan dengan ibadah salat Subuh.

Baca juga :  Ini Keutamaan Jalan Kaki ke Masjid untuk Salat Berjamaah

Lalu, apa sebenarnya alasan jangan tidur setelah sahur? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum mengenai beberapa alasan jangan tidur setelah sahur yang sebaiknya Anda pahami dan tidak ada salahnya untuk dipraktikkan. Mari kita simak bersama alasan jangan tidur setelah sahur dibawah ini, Selasa (21/4/2020).

Kebiasaan langsung terlelap tidur setelah santap sahur yang sering dilakukan oleh orang dengan riwayat keluarga yang berbadan gemuk, dapat menyebabkan risiko dua kali lipat orang tersebut juga terkena obesitas. Tentu hal ini karena makanan yang masuk kedalam pencernaan tidak langsung dapat dicerna oleh lambung apabila Anda tertidur.

Baca juga :  Muslim Finlandia Berdakwah Lewat Komunitas

Hal tersebut akan diperparah apabila jenis makanan sahur Anda merupakan makanan dengan jenis karbohidrat dan lemak yang tinggi, dan cara mengolahnya dengan cara digoreng.

Pada saat tidur tubuh hanya membutuhkan sedikit energi. Karena kebutuhan energi tersebut sedikit, maka makanan yang disantap sebelum tidur tersebut tidak akan digunakan dan hanya akan ditimbun dalam tubuh dan menjadi lemak. Itulah mengapa risiko obesitas meningkat.

Di saat tidur level hormon grehlin akan meningkat, dan dapat membuat seseorang merasa lapar ketika bangun. Itulah alasan, mengapa berpuasa tidak akan menurunkan berat badan apabila Anda tidak mengatur menu makanan dan melakukan kebiasaan sehat. (Lip6)

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

Manfaat Bersyukur dalam Islam, Ini Ayat Alquran dan Haditsnya

Hikmah

Manfaat Bersyukur dalam Islam, Ini Ayat Alquran dan Haditsnya
apahabar.com

Hikmah

Ketika Tuan Guru Bangil Menolak Sekoper Uang
apahabar.com

Hikmah

Imam Ibnu Hajar Diprotes Non Muslim Karena Kekayaannya
apahabar.com

Hikmah

Hand Sanitizer Beralkohol, Sucikah Dipakai Salat?
apahabar.com

Hikmah

Batalkah Puasa Orang yang Menyelam?
apahabar.com

Hikmah

Jangan Terlalu Benci dan Teramat Cinta, Ini Pesan Rasulullah
apahabar.com

Hikmah

Ini Keutamaan Jalan Kaki ke Masjid untuk Salat Berjamaah
apahabar.com

Hikmah

Optimalkan Ibadah di Malam Lailatul Qadar