Cium Bau Gosong, Honda Jazz Terbakar di Banjarmasin Baru Bebas, Napi di Banjarmasin Tusuk Kekasih Eks Istri Ada Ancaman Baru, Banjarmasin Coret 2 Kluster Penyebar Covid-19 Pasien Covid-19 Kabur, RSDI Banjarbaru Gembok Pintu Lagi, Kluster Gowa Tambah Pasien Covid-19 Kotabaru




Home Sirah

Minggu, 5 April 2020 - 07:00 WIB

Jejak Haji Nabi Muhammad SAW

rifad - Apahabar.com

Jejak Haji Nabi Muhammad. Masjid Tanim atau yang juga dikenal dengan Masjid Aisyah. Foto-syakirawisata.com

Jejak Haji Nabi Muhammad. Masjid Tanim atau yang juga dikenal dengan Masjid Aisyah. Foto-syakirawisata.com

apahabar.com, JAKARTA – Jejak Nabi Muhammad melakukan haji hingga kini bisa diresapi melalui dua masjid berikut ini. Kedua masjid ini menjadi tempat miqat untuk berhaji.

Masjid Ji’ranah

Nama masjid ini diambil dari gelar seorang wanita Quraisy yang bernama Raithah. Sebelum dibangun masjid, tempat ini terkenal sebagai salah satu tempat berihram Nabi Muhammad SAW ketika melakukan umrah ketiga.

Rasul pernah melakukan umrah sebanyak empat kali. Pertama umrah Hudaibiyah, kedua umrah Qadha, ketiga umrah Ji’ranah, dan keempat umrah yang dilakukannya sekaligus bersama haji wada’ (haji perpisahan).

Umrah Ji’ranah ini dilakukan menjelang malam. Rasul sampai di Makkah pada malam hari dan langsung menyelesaikan umrahnya.

Baca juga :  Bertamu ke Sekumpul, Gusdur Keluhkan Ini pada Abah Guru Sekumpul

Kemudian pada malam yang sama, Rasul kembali ke Ji’ranah dan menginap di sana. Esoknya, setelah tergelincir matahari, Rasul meninggalkan Ji’ranah menuju Madinah melalui Bathan Saraf, suatu tempat yang terletak antara Tan’im dan Wadi Fathimah. Menurut sebagian ulama, inilah penyebab umrah Nabi SAW dari Ji’ranah ini kurang terkenal di kalangan sebagian umat Islam.

Untuk mengabadikan tempat bersejarah itu, seorang saudagar Quraisy membeli tanah itu dan membangun masjid yang diberi nama dengan Masjid Ji’ranah. Hingga kini masjid ini tidak pernah sepi dari peziarah dari berbagai pelosok dunia.

Baca juga :  Masjid Noor (2), Dindingnya Sempat Jebol Disebabkan Qari Tampan Ini

Masjid Tan’im

Masjid ini adalah tempat miqat makani (tempat berihram) penduduk Makkah yang akan melakukan umrah. Tidak sedikit jamaah haji yang melakukan ihram dari masjid ini bila mereka melakukan umrah.

Masjid Tan’im juga dikenal dengan nama Masjid ‘Aisyah, karena Nabi Muhammad saw pernah menyuruh Abdurrahman, saudara laki-laki ‘Aisyah, menemani ‘Aisyah melakukan umrah dari Tan’im. Beliau mengatakan sebagai umrah yang maqbulah (diterima).

Dalam sebuah hadits Abdurrahman meriwayatkan: “Aku disuruh Rasulullah SAW menemani ‘Aisyah untuk melakukan umrah dari Tan’im. Jamaah yang datang ke Makkah dari Madinah atau sebaliknya akan lewat di depan Masjid Tan’im ini.(Rep)

Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sirah

Sunan Prapen, Penyebar Islam di Tanah Lombok
apahabar.com

Sirah

Melacak Jejak Penanggalan Islam Hijriyah di Tanah Nusantara
apahabar.com

Sirah

Masjid Jami Sungai Jingah (1); Terancam Runtuh, Bangunan pun Dipindahkan
apahabar.com

Sirah

Begini Nasehat Abah Guru Sekumpul pada Soeharto
apahabar.com

Sirah

Nabi Muhammad Mendengar Suara Langkah Bilal di Surga
apahabar.com

Sirah

Berikut 7 Golongan yang Akan Mendapat Payung di Padang Mahsyar
apahabar.com

Sirah

Akibat Kejadian Ini, Tuan Guru Zainal Ilmi Batal Disemayamkan di Makam Pahlawan
apahabar.com

Sirah

Masjid Keramat Palajau, Bukti Kejayaan Kerajaan DemakĀ