PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru La Nina, Wilayah Pesisir Kalsel Jadi Atensi Khusus Jelang Piala AFF 2021, Evan Dimas Tetap Kapten Timnas Indonesia

Jepang Kirim Obat Covid-19 ke Indonesia Bulan ini

- Apahabar.com     Senin, 13 April 2020 - 18:36 WITA

Jepang Kirim Obat Covid-19 ke Indonesia Bulan ini

Pengobatan pasien Covid-19 sebagai foto ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Kementerian Luar Negeri Indonesia berharap pengiriman fase pertama obat virus corona atau Covid-19 dari Jepang akan berlangsung April ini.

Kemenlu menyebutkan pengiriman obat tersebut merupakan bagian dari kesepakatan Indonesia-Jepang. Terutama dalam rangka peningkatan kerja sama pengadaan obat-obatan yang dibutuhkan untuk penyembuhan pasien Covid-19.

Obat-obatan tersebut merupakan hibah bantuan Jepang bagi Indonesia.

“Sebagaimana telah disampaikan oleh Menlu Jepang, Motegi Toshimitsu, pada 7 April lalu, Pemerintah Jepang berkomitmen untuk menghibahkan obat Avigan kepada sejumlah negara prioritas, termasuk Indonesia,” bunyi pernyataan Kemenlu seperti dikutip apahabar.com, Senin (13/4).

Selain itu, KBRI Tokyo juga telah memfasilitasi pembentukan kerja sama antara produsen obat Avigan Fujifilm dengan Kimia Farma, yang telah ditunjuk Kemen BUMN untuk kerja sama pengadaan obat Avigan dari Jepang.

“Pengiriman fase 1 obat Avigan dari Jepang dalam kerangka G to G dan B to B tersebut diharapkan dapat terlaksana dalam bulan April ini,” lanjut pernyataan Kemenlu.

Selain Jepang, Indonesia juga sepakat memperkuat kerja sama pengadaan obat-obatan corona dengan India. Menlu RI Retno Marsudi dikabarkan telah membahas penjajakan kerja sama ini bersama dengan Menlu India DR Subrahmanyam Jaishankar secara khusus.

Kerja sama antara Kementerian Luar Negeri, Perwakilan RI di India, Badan POM dan Kementerian BUMN telah menjembatani pengadaan sejumlah obat dalam kerangka B to B dan memastikan pengiriman dapat dilaksanakan ditengah pembatasan pergerakan manusia dan barang, yaitu antara:

Dexa Medica (Indonesia) dengan IPCA Laboratories (India) untuk Chloroquine Phospate, IMEDCO (Indonesia) dengan Srini Pharmaceuticals dan Cadilla Healthcare (India) untuk Hydrochloroquine Sulphate (HCS), Indo Farma (Indonesia) dengan Mylan Laboratories dan Hetero Labs Limited (India) untuk Oseltamivir, dan Kimia Farma (Indonesia) dengan IPCA Laboratories (India) untuk Oseltamivir.

“Saat ini kerja sama B to B pengadaan obat-obatan tersebut dalam tahap proses pengiriman,” tulis Kemenlu RI.

Menlu RI mengapresiasi kerja sama ini dan harapkan agar kemitraan bersemangatkan rasa solidaritas dan kemanusiaan ini dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan oleh banyak negara sebagai upaya bersama mengatasi wabah Covid-19.

‚ÄčEditor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Gereja Katedral Makassar

Nasional

Detik-detik Bom Meledak di Depan Gereja Katedral Makassar
apahabar.com

Nasional

Viral! Air Laut di Bawah Jembatan Suramadu ‘Terbelah’
apahabar.com

Nasional

Corona Masih Mewabah, Raja Salman Perpanjang Jam Malam
apahabar.com

Nasional

Terdampak Pandemi, Kemendikbud Bantu Sekolah Swasta dengan Dana BOS
apahabar.com

Nasional

Kemenkue Kaji Kenaikan Cukai Rokok 2021
Densus 88

Nasional

Densus 88 Tangkap Tukang Bengkel Anggota JI di Lampung
IDI

Nasional

Dokter Anggota IDI Siap Jadi Target Pertama Vaksinasi Covid-19
sriwijaya jatuh

Nasional

Pecah! Isak Tangis Iringi Pemakaman Bos Soto Banjar Korban Sriwijaya Jatuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com