Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Jika Orang Lain Tertimpa Musibah, Bacakan Doa Ini

- Apahabar.com Kamis, 23 April 2020 - 05:45 WIB

Jika Orang Lain Tertimpa Musibah, Bacakan Doa Ini

Ilustrasi berdoa. Foto-iStock

apahabar.com, JAKARTA – Satu bukti manusia tak kuasa secara mutlak dalam hidup ini adalah hadirnya musibah dalam perjalanan hidup setiap manusia.
Namun demikian, sebagian besar orang masih menjadikan tolok ukur akal dalam menimbang dan menentukan segala sesuatu termasuk musibah, sehingga alih-alih ingat dan kembali kepada Allah, sebagian malah semakin jauh dari ketentuan Islam.

Dalam kehidupannya manusia akan selalu diuji, baik dengan perkara yang menyakitkan maupun lewat perkara yang menyenangkan. Hal ini telah dijelaskan Allah dalam Alquran yang artinya:

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS: Al-Anbiya ayat 35).

Ketika melihat seseorang yang tertimpa cobaan, maka sebaiknya umat Islam membaca doa. Dilansir khazanah.republika.co.id, berikut doa yang bisa diamalkan oleh umat Islam agar tidak mendapatkan cobaan seperti orang yang tertimpa cobaan tersebut.

“Alhamdulillahilladzi ‘afani mimmabtalaka bihi, wa faddhalani ‘ala katsirin mimman khalaqa tafdhila”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.” (HR. Tirmidzi, no. 3431; Ibnu Majah, no. 3892).

Rasulullah SAW berkata bahwa barang siapa yang melihat orang yang tertimpa musibah kemudian mengucapkan doa ini, maka dengan izin Allah ia diselamatkan dari ujian tersebut, apapun hal tersebut selama ia masih hidup. Namun, hendaknya ia mengucapkan doa ini di dalam hati dan tidak memperdengarkan kepada orang yang tertimpa musibah atau cobaan.(Rep)

Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Saat Nabi Muhammad SAW Menunda Ibadah
apahabar.com

Hikmah

Rahasia Keberkahan Rezeki Menurut Rasulullah SAW
apahabar.com

Hikmah

3 Ciri-Ciri Orang yang Menyesal Menurut Imam Ghazali
apahabar.com

Hikmah

Tiga Peristiwa Bersejarah pada Bulan Ramadan
apahabar.com

Hikmah

Kisah Manusia Pertama Pelantun Ayat Suci Alquran
apahabar.com

Hikmah

Menyambut Kehadiran Anak, Begini Adabnya Menurut Islam
Masa Iddah Perempuan dalam Islam, Berikut Perhitungannya

Hikmah

Masa Iddah Perempuan dalam Islam, Berikut Perhitungannya
apahabar.com

Hikmah

Menguji Anak Gembala, Sayidina Umar Dibuat Meneteskan Air mata
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com