Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

JKN-KIS Bantu Hermansyah Lawan Penyakit Kronis

- Apahabar.com Kamis, 2 April 2020 - 09:27 WIB

JKN-KIS Bantu Hermansyah Lawan Penyakit Kronis

Kartu JKN-KIS. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Hermansyah salah satu warga Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST) telah lama mengidap penyakit Diabetes Melitus. Penyakitnya itu telah dideritanya sejak 12 tahun silam.

Saat ini ada Program Jaminan Kesehatan Nasional dengan kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari BPJS Kesehatan. Program ini mengcover biaya pengobatan penyakit kronis.

Program itu telah dirasakan Hermansyah. Pria yang mempunyai kesibukan sebagai ASN di lingkungan Pemkab HST itu telah menjadi Peserta JKN-KIS sejak masa Askes.

Saat ditemui beberapa waktu lalu oleh Humas Kantor BPJS Kesehatan Cabang Barabai, Hermansyah menceritakan pengalamannya menggunakan KIS. Dia sering menggunakan KIS saat terkendala masalah kesehatan.

Belum lama tadi, cerita Hermansyah, di dirawat di RSUD H Damanhuri Barabai akibat luka di bagian paha karena diabetesnya.

“Semuanya (perawatan hingga obat) dijamin dengan Program JKN-KIS,” kata Hermansyah, Rabu (1/4).

Tak hanya itu, akibat penyakit kronisnya tadi, terdapat pula gangguan pada ginjalnya dikarenakan tingginya kadar kreatin. Alhasil Hermasnyah harus menjalani operasi.

“Alhamdulillah wa syukurillah kemarin sewaktu dirawat di rumah sakit pelayanannya sangat baik, cepat dan tanpa ada tambahan iuran biaya. Bermodal JKN KIS,”aku Herman.

Dirinya sadar bahwa diabetes merupakan penyakit yang mengharuskan untuk disiplin dalam segala hal. Termasuk dalam hal gaya hidup.

Oleh karena itu, Herman rutin mengikuti senam Prolanis yang diselenggarakan Fasilitas Kesehatan Dokter Praktek Perorangan pilihannya.

“Bahkan saya sempat menjadi koordinator beberapa waktu lalu,” pungkas Herman.

Namun dikarenakan pergantian jadwal senam dari prolanis diubah ke hari kerja, dia terpaksa mengikuti kelas senam di tempat lainnya.

Herman selalu berpesan kepada semua orang yang belum memiliki KIS untuk segera mendaftar. Karena apa? Herman berkeyakinan bahwa kesehatan itu tak ada orang yang tahu sampai mana batasnya.

Herman merasa senang dan bangga dengan adanya Program JKN-KIS serta menjadi bagian daripadanya. Sehingga penderita penyakit kronis seperti dirinya kini mendapatkan pengawasan yang ketat dan penjaminan dari segi biaya oleh Program JKN-KIS.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dijanjikan Pangkalan Elpiji, Pria di HSU Ditipu Rp100 Juta
apahabar.com

Kalsel

Walau Kecolongan Pungut Retribusi, Pariwisata di Kotabaru Melejit Naik
apahabar.com

Kalsel

Pemerintah Tak Punya Wewenang Urus Sumur Rusak, LSM: Krisis Kepercayaan
apahabar.com

Kalsel

Penculikan Anak di Satui, Sekda: Orang Tua Harus Awas dan Waspada
apahabar.com

Kalsel

Jemaah Rela Jalan Kaki
apahabar.com

Kalsel

Tak Cuma Corona, Kasus Narkoba di Banjarbaru Juga Jadi Atensi
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini, Hujan Lebat Masih Mengintai Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pemkab HSS Kembali Laksanakan Safari Gerakan Salat Subuh Berjamaah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com