Kabar Baik! Banjarmasin Rencanakan Gelar Pekan Gebyar Vaksinasi Massal Ramuan Herbal Daun Sungkai Digunakan Warga Bantu Pengobatan Pasien Covid-19 di Banjar BREAKING! Ambulans Mendiang Istri Abah Guru Sekumpul Tiba di Ar-Raudhah Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Cerah Berawan, BMKG Minta Waspada Karhutla! BREAKING! Kabar Duka, Istri Pertama Abah Guru Sekumpul Meninggal Dunia

JKN-KIS Bantu Hermansyah Lawan Penyakit Kronis

- Apahabar.com     Kamis, 2 April 2020 - 09:27 WITA

JKN-KIS Bantu Hermansyah Lawan Penyakit Kronis

Kartu JKN-KIS. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Hermansyah salah satu warga Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST) telah lama mengidap penyakit Diabetes Melitus. Penyakitnya itu telah dideritanya sejak 12 tahun silam.

Saat ini ada Program Jaminan Kesehatan Nasional dengan kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari BPJS Kesehatan. Program ini mengcover biaya pengobatan penyakit kronis.

Program itu telah dirasakan Hermansyah. Pria yang mempunyai kesibukan sebagai ASN di lingkungan Pemkab HST itu telah menjadi Peserta JKN-KIS sejak masa Askes.

Saat ditemui beberapa waktu lalu oleh Humas Kantor BPJS Kesehatan Cabang Barabai, Hermansyah menceritakan pengalamannya menggunakan KIS. Dia sering menggunakan KIS saat terkendala masalah kesehatan.

Belum lama tadi, cerita Hermansyah, di dirawat di RSUD H Damanhuri Barabai akibat luka di bagian paha karena diabetesnya.

“Semuanya (perawatan hingga obat) dijamin dengan Program JKN-KIS,” kata Hermansyah, Rabu (1/4).

Tak hanya itu, akibat penyakit kronisnya tadi, terdapat pula gangguan pada ginjalnya dikarenakan tingginya kadar kreatin. Alhasil Hermasnyah harus menjalani operasi.

“Alhamdulillah wa syukurillah kemarin sewaktu dirawat di rumah sakit pelayanannya sangat baik, cepat dan tanpa ada tambahan iuran biaya. Bermodal JKN KIS,”aku Herman.

Dirinya sadar bahwa diabetes merupakan penyakit yang mengharuskan untuk disiplin dalam segala hal. Termasuk dalam hal gaya hidup.

Oleh karena itu, Herman rutin mengikuti senam Prolanis yang diselenggarakan Fasilitas Kesehatan Dokter Praktek Perorangan pilihannya.

“Bahkan saya sempat menjadi koordinator beberapa waktu lalu,” pungkas Herman.

Namun dikarenakan pergantian jadwal senam dari prolanis diubah ke hari kerja, dia terpaksa mengikuti kelas senam di tempat lainnya.

Herman selalu berpesan kepada semua orang yang belum memiliki KIS untuk segera mendaftar. Karena apa? Herman berkeyakinan bahwa kesehatan itu tak ada orang yang tahu sampai mana batasnya.

Herman merasa senang dan bangga dengan adanya Program JKN-KIS serta menjadi bagian daripadanya. Sehingga penderita penyakit kronis seperti dirinya kini mendapatkan pengawasan yang ketat dan penjaminan dari segi biaya oleh Program JKN-KIS.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Haul Sekumpul Ke-14, Intip Kiat Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik
apahabar.com

Kalsel

Tsunami Selat Sunda, Keterlibatan Basarnas Banjarmasin Tunggu Perintah Pusat
Banjir

Kalsel

Sungai Cantung Kotabaru Meluap, Air Menggenangi Permukiman Warga
apahabar.com

Kalsel

CEK FAKTA: Covid-19 Jadi Ladang Bisnis RS di Banjarmasin?

Kalsel

Masih Trauma, Bocah 6 Tahun yang Selamat dari Banjir HST Terus Cari Orangtuanya
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Kekeringan, PDAM Bandarmasih Siagakan Mobil Tangki
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Natanegara Pimpin Kakanwil Kemenkumham Kalsel
mencuri

Kalsel

Mencuri, Pria Pengangguran di Banjarmasin Barat Ditangkap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com