BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Jokowi Minta Transportasi Bahan Pokok Tidak Terganggu PSBB

- Apahabar.com Selasa, 28 April 2020 - 16:16 WIB

Jokowi Minta Transportasi Bahan Pokok Tidak Terganggu PSBB

Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Setpres/pri via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta transportasi kebutuhan barang-barang pokok antarwilayah tidak terganggu, meski ada pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Transportasi antarprovinsi, antarpulau, antarwilayah tidak boleh terganggu. Akan saya cek terus karena dengan penerapan PSBB dari beberapa provinsi dan beberapa kabupaten kota,” kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (28/04).

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat membuka rapat terbatas dengan tema “Lanjutan Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok” melalui konferensi virtual yang dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, para menteri kabinet Indonesia Maju, dan kepala lembaga negara terkait lainnya.

“Pastikan distribusinya baik, sehingga daerah yang mengalami defisit kebutuhan pokoknya dapat disuplai dari daerah yang surplus,” tambah Jokowi.

Kepala Negara dalam rapat tersebut juga menyebutkan sejumlah barang kebutuhan pokok yang tercatat defisit di beberapa provinsi.

“Laporan yang saya terima stok beras defisit di tujuh provinsi, stok jagung defisit di 11 provinsi, stok cabe besar defisit di 23 provinsi, stok cabe rawit defisit di 19 provinsi, stok bawang merah defisit di satu provinsi, stok telur ayam defisit 22 provinsi. Stok minyak goreng diperkirakan cukup untuk 34 provinsi tapi stok gula pasir diperkirakan defisit 30 provinsi dan stok bawang putih diperkirakan defisit di 31 provinsi,” ungkap Jokowi.

Jokowi mengakui ada 1-2 hambatan yang terjadi khususnya untuk distribusi menggunakan pesawat terbang.

“Memang ada 1-2 yang terganggu terutama transportasi pesawat karena yang namanya pesawat kalau yang jalan kargonya saja penumpangnya tidak, hitung-hitungnya akan sangat sulit karena sebetulnya kargo mengikuti pesawat yang berpenumpang,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi pun meminta agar para menterinya benar-benar mencari solusi terhadap hal tersebut. “Ini tolong betul-betul kita exercise agar jangan distribusi bahan pokok, bahan yang penting tidak terganggu karena sekali lagi kita negara kepulauan,” tegas Jokowi.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona mencatat total dua provinsi dan 21 kabupaten/kota yang sudah menerapkan PSBB.

Dua provinsi itu yaitu DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat, sedangkan 21 kabupaten/kota yaitu Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Selanjutnya Kota Pekanbaru, Kota Makassar, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, Kota Tegal, Kota Banjarmasin, Kota Tarakan, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama asa Mudik Idul Fitri 1441 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Ruang lingkup dari peraturan tersebut adalah, larangan sementara penggunaan sarana transportasi umum, baik untuk transportasi darat, laut, udara, dan kereta api, serta kendaraan pribadi dan sepeda motor, dengan tujuan keluar dan atau masuk wilayah PSBB, wilayah zona merah penyebaran Covid-19, dan Jabodetabek atau wilayah aglomerasi lainnya yang telah ditetapkan PSBB.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Wakili Kalsel di Ajang Puteri Indonesia 2019, Mahasiswi ULM Mohon Doa
apahabar.com

Nasional

Penyebar Hoaks ‘Iblis’, Mahfud MD: Lawan, Jangan Takut!
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Akan Perpanjang Batas Usia Pensiun PNS
apahabar.com

Nasional

Haul ke-50 Bung Karno, Hipmi Dorong Pengusaha Peduli Sejarah
apahabar.com

Nasional

Politikus PDIP: Damai dengan Covid, Tak Berarti Negara Gagal
apahabar.com

Nasional

KKP Tangkap 3 Kapal Vietnam Pencuri Ikan di Natuna
apahabar.com

Nasional

Miris! Seorang Ustaz Dibacok Saat Acara Khataman Alquran di Musala
apahabar.com

Nasional

Gita Wirjawan: Reportase Berkualitas Media Siber Dibutuhkan di Era Pandemi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com