Jadwal Liga Inggris Sheffield United vs Man City Malam Ini, Live Streaming Mola TV, Guardiola Tanpa Aguero! Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap

Jubir Covid-19 Ingatkan Penyebaran Masih Terus Terjadi

- Apahabar.com Kamis, 30 April 2020 - 20:14 WIB

Jubir Covid-19 Ingatkan Penyebaran Masih Terus Terjadi

Ilustrasi Covid-19 di Indonesia. Foto-Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan karena saat ini penyebaran pandemi masih terus terjadi di tengah masyarakat.

“Oleh karena itu, mencuci tangan menjadi salah satu kunci keberhasilan kita dalam memutus rantai penularan Covid-19,” katanya dalam konferensi pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (30/04).

Ia mengatakan penyebaran masih terjadi dari orang-orang yang diduga terinfeksi tetapi belum membiasakan diri untuk menutup mulut atau hidung saat batuk atau bersin.

Mereka juga enggan untuk mencuci tangan dengan sabun sehingga cairan droplet (percikan) yang dikeluarkan dari hidung atau mulut ataupun melalui tangan yang telah terpapar menyebar ke mana-mana.

Di sisi lain, kata dia, orang-orang yang belum terpapar juga belum membiasakan diri untuk memakai masker saat keluar rumah dan menjaga jarak saat berkomunikasi dengan orang lain.

Sementara ketika tiba di rumah, sebagian orang juga masih belum terbiasa untuk segera mencuci tangan dengan sabun dan membersihkan pakaiannya, sehingga risiko penularan masih terus berlangsung di tengah-tengah masyarakat.

Oleh karena itu, Achmad Yurianto kembali mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol pencegahan penularan wabah sehingga pembatasan penyebaran dapat secepatnya dikendalikan.

“Kesempatan sekarang lah kita mengubah perilaku kita. Mengubah perilaku untuk hidup bersih dan sehat, baik secara perorangan, keluarga, komunitas dan kita yakin secara nasional kita bisa melakukan itu,” katanya.

Ia berharap kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat tersebut tidak hanya dilakukan saat wabah Covid-19 masih ada, tetapi juga diteruskan dan menjadi budaya masyarakat secara utuh.

“Semoga ini menjadi kebiasaan baik dan membudaya, bukan hanya karena Covid-19, tetapi ini sudah mengubah gaya hidup masyarakat secara utuh,” tandas Achmad Yurianto.(Ant)

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Disambut Guyuran Hujan, Semangat Jemaah Haul Guru Sekumpul Tak Surut
apahabar.com

Nasional

Tersisa Dua Perajin, Batik Melayu Terancam Tanpa Penerus
apahabar.com

Nasional

Nasib Mahasiswi Penabrak 3 Pengguna Jalan di Jakarta Timur
apahabar.com

Nasional

Jokowi-Prabowo Selisih 20% di Survei Konsep, TKN Makin Semangat
apahabar.com

Nasional

Quick Count Dimulai, Simak Hasil Dua Lembaga Survei yang Berbeda
apahabar.com

Nasional

Pencarian Pesawat Twin Otter DHC6 Dihentikan Karena Kabut Tebal
apahabar.com

Nasional

Poso Digoyang Gempa M 5,7 Pagi Tadi
apahabar.com

Nasional

Kemenristek Dikti Tambah 554 Peserta SKD CPNS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com